Apa Itu Google Adwords

Jasa AdwordsApa Itu Google Adwords biasanya pertanyaan yang ditanyakan para pemula dalam bisnis online. Selain itu juga pertanyaan-pertanyaan yang ditujukan dari orang yang ingin melakukan promosi dan menjual produk melalui internet.

Adwords adalah program periklanan yang dimiliki Google dan bisa digunakan para pengguna internet untuk melakukan promosi. Semua jenis usaha bisa dipromosikan melalui Adwords agar bisa meningkatkan omset penjualan atau memperbanyak order.

Kata Adwords memang berasal dari bahasa Inggris sebagai bahasa Internasional yang lebih familiar bagi para pengguna internet. Kata adwords tidak ditemukan dalam kamus bahasa Inggris, namun dipopulerkan pihak Google sendiri untuk program periklanannya.

Adwords yaitu singkatan dari kata ad kepanjangan dari advertising yang artinya iklan dan words artinya kata-kata. Jadi adwords artinya kata-kata yang berupa iklan. Inilah definisi dari pertanyaan apa itu Google adwords yang lebih detail agar mudah dipahami.

Sebelum munculnya internet, memang sudah ada teks atau penulisan iklan sebagai sarana promosi yang ada di koran dan majalah. Selanjutnya teknologi semakin berkembang dan bisa tercipta iklan dalam bentuk gambar dan video yang lebih visual untuk ditampilkan.

Google Adwords bisa menampilkan iklan pada halaman utama mesin pencari, melalui berbagai blog serta iklan video pada situs Youtube. Iklan yang ditayangkan pada mesin pencari akan disesuaikan dengan kata kunci yang dibidik para pemasang iklan.

Iklan yang tampil pada blog dan website akan disesuaikan dengan tema blog tersebut agar lebih efektif dalam penyampaian promosinya kepada pengunjung. Sedangkan iklan yang tampil pada Youtube disesuaikan dengan tema video yang sedang diputar.

Sekarang Google adwords juga bisa menampilkan iklan dalam bentuk video dan gambar sehingga iklan akan lebih menarik. Iklan dalam bentuk video bisa ditampilkan pada situs Youtube ketika video sebelum diputar atau pada pertengahan video yang sedang ditonton.

Dalam situs Youtube semua bentuk iklan bisa ditayangkan, iklan gambar bisa dilihat pada sebelah kiri atas. Iklan dalam bentuk teks bisa ditampilkan pada video yang sedang diputar, yaitu berupa kotak kolom kecil dengan tulisan di layar video bagian bawah.

Semua penayang iklan adwords telah melalui pendaftaran dan seleksi yang ketat dari pihak Adsense agar bisa diterima menjadi publisher Google. Adsense dan Adwords memang sama-sama program periklanan dari Google, namun berbeda cara kerjanya.

Banyak para pengguna internet yang belum mengetahui tentang Adsense dan apa itu Google Adwords serta bagaimana cara kerja keduanya. Adsense dan Adwords adalah output dan input dari program periklanan Google sehingga iklan bisa berjalan seimbang.

Perbedaan Google Adwords dan Adsense

1. Adwords

Adwords adalah program periklanan dari Google yang mengelola para pemasang iklan serta yang menerima pembayaran dari iklan yang akan ditayangkan. Semua orang yang ingin membuat iklan pada Google harus mendaftar dahulu pada situs Google Adwords.

Halaman adwords memberikan lebih banyak menu dan fitur yang bisa digunakan para pemasang iklan agar bisa membuat iklan secara maksimal. Semua menu dan fitur tersebut dibuat dengan tujuan untuk memudahkan pemasang iklan dalam melakukan penelitian.

Salah satu menu Adwords bisa melakukan analisis kata kunci yang akan diaplikasikan dalam iklan yang akan ditayangkan. Adwords memiliki data kata kunci yang banyak dicari semua pengunjung didunia yang diketikkan melalui kolom mesin pencari Google.

Data lain yang dimiliki Adwords adalah berapa banyak jumlah pencari kata kunci lokal bulanan dari sebuah negara sehingga target iklan bisa lebih spesifik. Selain itu juga bisa melihat data jumlah pencari global bulanan dari sebuah kata kunci melalui mesin pencari.

Data lainnya yang bisa dilihat adalah kata kunci yang sedang populer bagi para pengguna internet dari sebuah negara atau wilayah tertentu. Tersedia juga fasilitas semua data mengenai kata kunci yang sedang populer di dunia pada masa sekarang dan tahun lalu.

Intinya adalah, bahwa Adwords adalah tempat bagi orang yang ingin memasang iklan melalui Google. Semua urusan pemasangan iklan Google diserahkan kepada Adwords. Itulah penjelasan secara detail mengenai pemahaman apa itu Google Adwords.

2. Adsense

Adsense adalah program periklanan Google yang mengurusi semua hal tentang iklan yang akan ditampilkan pada semua publisher iklan Google. Adsense akan memonitor bagaimana pemasangan iklan agar penyampaiannya lebih efektif kepada pengunjung.

Para penayang iklan Google harus melalui pendaftaran dan harus lolos seleksi yang dilakukan Adsense . Hal ini berarti bahwa Adsense yang memiliki tugas untuk mengelola semua publisher Google, baik dari perekrutannya maupun dalam pembagian gajiannya.

Semua orang bisa menjadi publisher Adsense jika memiliki blog, situs atau channel Youtube sebagai sarana menampilkan iklan. Semua publisher adsense bisa menerima gajian yang akan dikirimkan setiap bulan tanggal 20 jika penghasilannya mencapai $100.

Adsense memiliki peraturan yang sangat ketat dalam menyetujui para blogger dan Youtuber yang ingin mengajukan diri menjadi publisher. Blog yang mendaftar sebagai penayang iklan akan diseleksi para ahli yang bekerja pada Adsense selama beberapa hari.

Pihak Adsense akan menyetujui blog jika memiliki konten yang tidak melanggar peraturan dan layak menjadi penayang iklan. Peraturan Adsense memang ketat karena berhubungan dengan kepuasan dan menjadi penentu kesuksesan bagi pemasangan iklan.

Sedangkan persyaratan bagi para Youtuber memang lebih mudah, intinya adalah channel Youtube yang didaftarkan memiliki konten video hasil buatan sendiri. Selain itu isi video harus mematuhi semua peraturan Google dan tidak berisi tentang video yang negatif.

Persamaan Adwords dan Adsense

Adsense dan Adwords adalah sama-sama program periklanan yang dimiliki Google. Adwords sebagai input bagi para costumer yang ingin memasang iklan melalui Google. Sedangkan Adsense sebagai output yang akan menampilkan iklan melalui publishernya.

Adwords dan Adsense bisa terintegrasi dengan Google Analytics agar bisa memonitor perkembangan iklan yang telah ditayangkan. Melalui Analytics, para pemasang iklan bisa mengetahui tingkah laku para pengunjung yang melakukan klik pada iklan tersebut.

Hal ini bisa menjadi salah satu tolak ukur tentang baik buruknya iklan yang ditayangkan, apakah iklan tersebut mendapatkan respon yang baik dari pengunjung atau tidak. Jika iklan yang ditayangkan bisa mendapatkan profit, tentu saja perlu untuk dilanjutkan lagi.

Sedangkan para publisher Adsense juga bisa meneliti reaksi para pengunjung terhadap iklan yang ditampilkan. Selain itu bisa mengetahui berapa banyak para pengunjung yang melakukan klik iklan dan berapa banyak yang hanya melihat saja atau tidak ada reaksi.

Google Analytics adalah fasilitas bagi pemilik akun Adwords dan Adsense agar bisa tahu laporan perkembangan iklan. Selain itu bisa dijadikan sebagai tinjauan tentang kelebihan dan kekurangan iklan yang dipasang bagi penayang iklan sebagai publisher adsense.

Sedangkan bagi pemasang iklan Adwords bisa mengetahui kelebihan dan kekurangan pembuatan iklan. Kemudian bisa meningkatkan pembuatan konten iklan agar lebih baik dan bisa menjual serta bisa lebih ahli dalam memanfaatkan apa itu Google Adwords.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by