Step by Step Bisnis Jasa Kontraktor bagi Pemula

tips merintis jasa kontraktor

Menjadi pebisnis jasa kontraktor rumah adalah profesi yang bergengsi. Banyak orang yang mengambil kuliah khusus agar ketika lulus bisa menjadi kontraktor yang handal. Profesi ini merupakan salah satu profesi bergaji tinggi. Banyak dicari oleh perusahaan negeri, swasta bahkan asing. Dibutuhkan juga oleh masyarakat sipi, terutama untuk jasa pembangunan rumah dan bangunan sederhana lainnya.

Usaha kontraktor di Indonesia semakin menjamur, dari perusahaan kecil hingga perusahaan kelas kakap. Banyak sekali bermunculan. Prestasi yang ditunjukkan pun tidak dapat dipandang sebelah mata. Sebagai contoh Agung Sedayu Group dengan pembangunandan perluasan propertinya. Atau Summarecon yang berhasil membangun kawasan Kelapa Gading Jakarta Utara menjadi hunian elit dan prestisius. Dan masih banyak lagi.

Pentingnya Jasa Kontraktor Rumah

Dalam skala yang lebih kecil misalnya kontraktor rumah. Sekali saja berhasil membuat sebuah rumah hunian yang layak. Jasanya pasti akan dicari kembali. Keberhasilan membangun rumah klien akan menjadi sarana promosi secara tidak langsung. Dari mulut ke mulut orang akan segerat mengetahui jasa yang Anda bisa berikan.

Siapa di era milenial ini yang tidak atau belum memiliki rumah? Banyak. Anak-anak muda milenial umumnya sangat sulit untuk memiliki rumah baru. Karena semakin hari harga rumah semakin meningkat secara signifikan. Membangun rumah atau merenovasi rumah peninggalan orang tua menjadi alternatif untuk dapat memiliki rumah sendiri. Disinilah jasa seorang kontraktor sangat berperan.

Membangun rumah hunian tidak bisa dilakukan sendiri. Apalagi bagi yang tdak punya keahlian sama sekali. Satu-satunya cara adalah dengan menggunakan jasa kontraktor Jogja. Seorang kontraktor sangat berperan mulai dari perencanaan sampai dengan layanan pasca bangun rumah. Tak heran fee yang dibayarkan kepada seorang kontraktor bernilai cukup tinggi. Tertarik juga menjadi kontraktor rumah?

Kontraktor rumah harus bisa menyuplai bahan bangunan dengan harga yang wajar. Apalagi bagi kontraktor yang sudah berpengalaman. Tentu bisa memperhitungkan kebutuhan bahan yang efisien. Semua orang bisa saja mendapatkan bahan-bahan bangunan di toko terdekat. Tetapi belum tentu bisa mendapatkan harga yang terjangkau dan bisa disesuaikan dengan budget pembangunan rumah.

Manajemen tukang, ini salah satu keahlian yang harus dimiliki seorang kontraktor. Kemampuan komunikasi dan persuasi sangat diperlukan. Harus bisa mengelola tukang-tukang yang berada di bawah kepemimpinannya untuk dapat melaksanakan tugas pembangunan sesuai arahan. Lakukan kunjungan rutin ke lokasi pembangunan rumah untuk mengevaluasi jalannya pembangunan.

Pengelolaan biaya juga menjadi tanggung jawab yang paling penting dari seorang kontraktor. Manajemen tukang dan batas waktu pengerjaan rumah harus betul-betul akurat. Supaya tidak terjadi pembengkakan biaya. Sebisa mungkin harus menekan biaya yang muncul karena human error. Termasuk juga dalam belanja bahan bangunan, perhitungan harus dilakukan secara cermat.

Waktu pembangunan. Jika Anda menjadi kontraktor rumah. Harus bisa menepati batas waktu yang ditentukan. Ketepatan waktu akan memberikan kepuasan bagi klien. Dan menjadi bukti bahwa Anda adalah kontraktor yang bisa dipercaya dan diandalkan. Nantinya akan menjadi nilai jual Anda di pasaran kontraktor rumah.

Menjadi Kontraktor Pemula

Lakukan pekerjaan sederhana terlebih dahulu misalnya membangun rumah pribadi, membangun toko sederhana untuk bisnis pribadi, merenovasi rumah orang tua atau saudara. Menjadi kontraktor pemula Anda belum memerlukan teknologi tinggi dan inovasi, karena belum ada persaingan yang berarti. Buat saja dulu sample bangunan yang nantinya bisa menjadi portofolio yang bisa Anda jual.

Jika Anda ingin memaksimalkan ilmu yang sudah Anda peroleh di masa kuliah, dan ingin mengaplikasikannya. Anda bisa mencoba untuk bekerja pada perusahaan kontraktor yang sudah Anda. Di sana Anda akan bisa belajar lebih banyak mengenai dunia konstruksi dari yang sederhana sampai yang kompleks dan memerlukan teknologi baru. Di sini Anda bisa belajar kepada kontraktor senior yang lebih berpengalaman.

Selain itu Anda juga bisa memperoleh modal dari hasil kerja Anda untuk membangun bisnis kontraktor. Bukan hanya modal dari segi financial yang Anda dapatkan tetapi juga networking. Networking, adalah modal yang lebih penting daripada sekedar financial. Dari sini bisnis Anda akan semakin cepat berkembang. Semakin dikenal dalam skala yang lebih besar Anda juga bisa menentukan pasar dengan jangkauan lebih luas.

Cara Mengembangkan Bisnis Kontraktor

Sebagai pemula, yang paling Anda perlukan adalah promosi. Lakukan dari yang mudah dulu misalnya menawarkan jasa renovasi rumah ke saudara, tetangga sekitar rumah, menawarkan jasa pembuatan pos kamling di lingkungan tempat tinggal, atau mushola. Tawarkan jasa Anda ke orang-orang terdekat terlebih dahulu. Jangan langsung memimpikan proyek yang besar seperti real estate. Karena semua itu butuh proses untuk bisa mengembangkan proyek berskala besar.

Promosikan jasa Anda melalui media sosial. Ini merupakan cara promosi yang efektif. Di tengah perkembangan teknologi dan akses internet saat ini. Pengguna sosial media sangat banyak di Indonesia. Manfaatkan sebagai target pasar. Buatlah beberapa ulasan mengenai jasa kontraktor rumah, tips, contoh-contoh model rumah hunian bagi kaum milenial dan sebagainya. Dengan begitu makin banyak yang akan mengenal dan mengikuti aktifitas Anda di sosial media.

Buatlah tampilan akun sosial media yang professional. Buat postingan secara rutin dan berkala, sertakan contact person. Orang-orang yang berinteraksi dengan Anda akan percaya terhadap eksistensi Anda. Ketika mereka nanti membutuhkan jasa kontraktor pasti akan menghubungi Anda. Ini merupakan cara branding yang mudah dan bisa dibilang tanpa biaya.

Membangun hubungan yang baik dengan klien. Walaupun Anda baru memiliki satu orang klien. Jalinlah komunikasi yang baik dengannya. Ini akan menjadi jembatan rejeki bagi Anda. Besar kemungkinan klien akan merekomendasikan jasa Anda kepada orang lain. Selain itu bangun dan jaga kepercayaan klien kepada Anda. Tidak menutup kemungkinan beliau akan menggunakan jasa Anda kembali di kemudian hari.

Perluas Bisnis yang Sudah Anda Rintis

Memperluas bisnis jasa kontraktor, Anda harus terlebih dulu mempunyai ijin usaha. Ajukan ijin usaha Anda kepada dinas terkait. Ini nantinya akan berguna secara legal. Karya yang sudah Anda buat akan diakui. Kepercayaan masyarakat terhadap kompetensi dan profesionalitas Anda akan semakin meningkat. Akan membantu bisnis Anda menjadi lebih berkibar.

Bersikap proaktif terhadap semua peluang kerja yang ada. Jangan sungkan mengajukan diri untuk mengerjakan proyek yang tersedia. Misalnya tetangga ingin membangun sebuah kost-kostan. Anda bisa mengajukan diri untuk mengerjakannya. Buat perhitungan kasarnya, desainnya, dan perkiraan waktu pengerjaannya. Dengan begitu Anda akan dipertimbangkan.

Dalam memperluas bisnis tidak ada salahnya untuk mengajukan kredit pinjaman kepada Bank. Banyak bank yang menawarkan kredit modal usaha. Ini bisa Anda gunakan untuk modal memperluas jangkauan bisnis Anda. Untuk keperluan promosi, keperluan modal awal belanja bahan bangunan, membuat sample karya dan sebagainya. Belajar dan sharing dari yang lebih berpengalaman juga bisa menjadi modal bisnis jasa kontraktor rumah yang Anda jalani.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by