Cara Menggunakan Google Adwords

Jasa AdwordsCara Menggunakan Google Adwords memang semakin mudah karena halaman menu dan fitur dapat cepat dipahami. Hal ini tentu saja bisa dipahami untuk semua kalangan, baik para pemula maupun bagi pengusaha online yang senior.

Google selalu melakukan inovasi semua layanannya termasuk Adwords sebagai situs program periklanan yang memiliki fasilitas terbaik bagi pemasang iklan. Tampilan halaman Adwords untuk akun gmail yang baru pertama kali dan akun gmail yang sudah pernah login akan berbeda.

Untuk akun gmail yang baru pertama kali akan menemukan halaman ucapan selamat datang dari Google Adwords serta harus mengisi kolom-kolomnya. Kolom pertama adalah pengisian alamat email yang digunakan dan yang kedua adalah kolom website atau situs yang ingin dipromosikan.

Setelah itu pencet tombol continue dan akan masuk pada halaman berikutnya tentang pengisian bisnis anda, pembuatan kampanye iklan serta pembayaran. Hal ini sangat tepat bagi anda yang ingin memasang iklan dan bisa menemukan halaman pembuatan iklan melalui Google Adwords.

Pada halaman berikutnya ada 4 bagian yang harus diisi, ada kolom yang memiliki tulisan yang berwarna biru dan tulisan berwarna hitam. Tulisan yang berwarna biru harus diisi dan tidak boleh dilewati, sedangkan tulisan pada kolom berwarna hitam bisa dilewati atau dikosongkan.

Cara menggunakan Google Adwords pada kolom nomor 1 adalah kolom dengan tulisan berwarna biru yaitu berapa budget yang akan dialokasikan untuk memasang iklan. Kita bisa mencoba untuk menginvestasikan uang Rp.50ribu atau lebih yang sesuai kebutuhan promosi.

Pada kolom dibawahnya atau nomor 2, ada 3 bagian yang perlu diisi. Yang pertama adalah lokasi atau wilayah yang menjadi target yang kita bidik untuk mempromosikan produk kita pada wilayah tersebut. Hal ini akan membuat promosi yang kita lakukan lebih optimal dan tertarget.

Dan kolom bagian kedua adalah networks, yaitu pilihan dimana iklan anda akan ditampilkan, bisa melalui halaman web, video, aplikasi smartphone dan lainnya. Kita bisa memilih dimana sarana yang paling relevan untuk menampilkan produk yang akan dipromosikan agar efektif.

Sedangkan kolom bagian ketiga adalah kata kunci atau keywords. Kolom ini sangat penting karena yang menjadi penentu utama akan kesuksesan iklan. Kita harus menentukan kata kunci yang relevan dengan produk yang akan kita promosikan agar bisa mendatangkan penjualan.

Kolom dibawahnya atau nomor 3 adalah bid atau lelang. Jika kata kunci yang kita pilih banyak digunakan para pemasang iklan, maka harga akan ditentukan dengan cara lelang. Kata kunci yang dilelang karena banyak sekali pencarinya dan memiliki berpotensi menghasilkan penjualan.

Untuk kolom yang terakhir atau nomor 4 yaitu teks iklan. Kita harus membuat teks atau tulisan untuk iklan yang akan dipasangkan. Google memiliki aturan dalam penulisan iklan sehingga kita perlu membuatnya dengan hati-hati agar tidak menyalahi peraturan Google dan cepat disetujui.

Selanjutnya klik save and continue agar bisa melangkah ke halaman selanjutnya. Itulah cara menggunakan Google Adwords bagi yang login pertama kali dengan akun Gmail. Halaman tersebut bisa dilewati jika kita belum mau memasang iklan atau hanya ingin riset kata kunci saja.

Halaman berikutnya adalah kolom metode pembayaran yang akan dilakukan untuk membayar tagihan pemasangan iklan kepada Google Adwords. Pada halaman tersebut ada kolom identitas asli yang harus diisi yaitu nama, alamat, propinsi, kodepos, no handphone serta tab pembayaran.

Pada kolom pembayaran ada beberapa pilihan cara pembayaran, bisa melalui kartu kredit, kartu debit, Western Union serta transfer bank lokal. Metode pembayaran yang paling mudah dan cepat disetujui adalah menggunakan kartu kredit, sedangkan yang lainnya memerlukan waktu.

Cara Menggunakan Google Adwords  Untuk Menghindari Halaman Pemasangan Iklan

Ada cara untuk bisa melewati halaman pemasangan iklan bagi yang baru pertama kali login dan hanya ingin melakukan riset kata kunci saja. Kita harus mengunjunginya dengan mengetikkan pada alamat situs Google Adwords yang lainnya yaitu adwords.google.com/KeywordPlanner.

Setelah halaman terbuka kita harus melakukan login dengan akun gmail yang dimiliki dengan memencet tombol sign in. Selanjutnya akan terbuka halaman ucapan selamat datang dari Google Adwords. Lalu klik tulisan”Skip the guided set up” untuk melewati halaman baru tersebut.

Halaman selanjutnya harus memasukkan alamat email lagi serta identitas lainnya seperti negara, waktu dan mata uang. Lalu klik tombol save and continue untuk menuju halaman selanjutnya untuk memasuki halaman utama cara menggunakan Google Adwords untuk riset kata kunci.

Selanjutnya akan dihadapkan pada halaman yang memiliki banyak menu untuk dipilih. Menu Home menuju halaman utama, Campaign untuk membuat kampanye iklan, menu Opportunities untuk pilihan iklan, Reports sebagai laporan dan tab Tools untuk pengaturan dan riset kata kunci.

Cara Menggunakan Google Adwords Untuk Riset Kata Kunci

Untuk melakukan riset kata kunci, maka cursor atau tanda panah diarahkan pada menu tools dan akan muncul barisan halaman pendukung. Lalu klik pada tab Keyword Planner untuk membuka halaman riset kata kunci dan segera bisa melakukan penelitian kata kunci yang akan diinginkan.

Setelah terbuka halaman keyword planner, selanjutnya memilih dan melakukan klik pada tab “get search volume data and trends”. Setelah itu akan terbuka halaman yang terdapat kolom kosong besar untuk diisi dengan kata kunci atau kalimat yang akan dijadikan bahan untuk diriset.

Kolom besar untuk kata kunci bisa diisi dengan beberapa kata kunci atau kalimat panjang yang banyak dicari para pengunjung melalui Google. Dibawah kolom kata kunci ada beberapa pilihan untuk negara yang akan menjadi target iklan serta dari pencarian melalui Google atau Youtube.

Selain itu ada negative keyword atau kata kunci yang tidak berkaitan dengan riset yang akan kita lakukan agar tidak menggunakan kata kunci tersebut. Disebelah kanan ada tab data range yaitu pencarian rata-rata kata kunci yang kita riset sehingga bisa tahu peningkatan dan penurunannya.

Setelah semuanya selesai maka kita bisa melakukan klik pada tombol “get search volume” untuk mengetahui hasil laporan yang diberikan Google. Maka akan terlihat berapa jumlah pencarian bulanannya dan tinggi rendah pencarian kata kunci tersebut serta berapa tingkat persaingannya.

Hal ini bisa dilakukan berulang-ulang dengan menggunakan kata kunci yang lain sehingga bisa semakin hafal untuk melakukan riset kata kunci. Jika kita bisa melakukan riset kata kunci sendiri, maka akan mudah untuk melakukan promosi agar lebih optimal dan bisa lebih tertarget.

Sebenarnya tidak sulit cara menggunakan Google Adwords jika kita telah tahu bagaimana penggunaan setiap menu halaman Adwords. Tentu saja riset kata kunci memang sangat kita perlukan sebelum memasang iklan agar nantinya iklan kita bisa menghasilkan banyak penjualan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by