7 Cara Survive Belajar IM bagi Newbie

Belajar IM

Belajar IM (Internet Marketing) itu tidak mudah. Terlebih jika kita minim finansial. Ada banyak trial eror yang harus kita lalui. Bahkan, tak jarang pula keluar biaya tak sedikit, baik biaya berupa uang, pengorbanan waktu atau pengorbanan tenaga karena harus sambil nguli. Tak sedikit mereka yang menyerah, namun juga tak sedikit mereka yang mampu bertahan.

7 Cara Survive Belajar IM

Newbie Belajar IM

Oleh sebab banyak yang mengalami nasib sama, penulis hadirkan cara-cara survive yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

1. Kuasai teknik jurnalistik terlebih dahulu, sebab nalar SEO hampir sama dengan nalar jurnalistik. Tulisan juga salah satu nyawa SEO, jadi kuasai betul sebelum ke yang lain. Coba perhatikan, siapa suhu, mastah, master dan Soultan yang tidak bisa menulis? Hampir semua bisa dan punya karya buku lho.

Menulis juga sangat penting untuk berkontribusi dalam memperkuat struktur website. Dengan lihai menulis, Anda bisa membentuk sebuah struktur website yang kuat melalui internal link-nya dahulu. Jika Anda bisa mempraktekkan ini secara serius, tentu dalam hal posisi di Google aka nada beberapa keyword yang ada di halaman 1.

2. Cari peluang pendapatan harian. Ini berfungsi untuk ketentraman hidup Anda. Paling tidak, jika Anda mau makan, Anda tidak bingung hari ini mau bayar menggunakan uang siapa. Misalnya, Anda bisa buka jasa penulis artikel dengan bekal skill yang diberikan oleh guru Anda. Atau, Anda bisa buka jasa rekber (rekening bersama), jasa tukar dan pembayaran uang melalui paypal, jual adsense, jual blog dan masih banyak lainnya.

3. Cari peluang pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan. Yang ini Anda bisa usaha sendiri dengan produk atau jasa lainnya. Saran kami, untuk pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan, Anda bisa membuat semacam peta bisnis Anda. Dengan demikian, Anda sudah mengerti mana bisnis yang bisa menghasilkan uang atau perputaran uangnya sesuai perputaran waktu di atas.

4. Dengan hasil dari poin ketiga dan keempat, sisihkan pendapatan untuk ikut workshop, privat atau pelatihan-pelatihan IM. Dekati guru-guru IM di mana dan siapapun dia. Minta tolong kepadanya agar turut merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

5. Belajar harus sabar, sedikit-dikit saja, tentu dengan guru-guru yang berbeda. Walaupun hari ini kita tidak merasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa suatu saat ilmu tersebut akan sangat berharga. Kita hanya butuh berpikir sebentar untuk meng-integrasi-interkoneksikan keilmuan yang sudah kita pelajari sampai saat ini.

6. Jangan berhenti menuntut ilmu. Hari ini profit memang baik-baik saja, namun kita tidak tahu 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun berikutnya. Semakin banyak dan beratkah kompetitor, algoritma berubah dll. Jika terlena, bisa-bisa langsung KO.

7. Jangan lupakan ilmu yang dipelajari

*Lagi ngoreksi tulisan Artikel SEO milik sahabat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by