Copywriting

 
Pengertian copywriting adalah sebuah teknik kepenulisan yang didalamnya terdapat tujuan-tujuan tertentu. Bisa tentang keinginan agar seseorang ketika selepas membaca langsung membeli, mendaftar, mengingat, menonton video atau tujuan-tujuan lain.
 
Di dunia bsnis itu sendiri ada dua jenis copywriting yang bisa dikenali agar memudahkan pencapaian target. Jenis pertama adalah copywriting dengan target personal customer, sedangkan jenis kedua adalah goverment customer.
 
Copywriting dengan target personal customer ialah copywriting yang bahasanya cenderung luwes, kata baku dan tidaknya bisa dikombinasikan sekaligus. Beberapa orang menyebut tulisan seperti ini dengan sebutan “agak sedikit lebay.”
 
Copywriting kedua dengan target goverment (pemerintah). Pemerintah yang dimaksud di sini tentu saja bukan hanya pemerintah pusat, namun juga meliputi bawahan-bawahannya. Termasuk didalamnya yang barangkali menjalin kerjasama dengan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), organisasi dan lain sebagainya.

Kedewasaan Berbahasa

Perbedaan yang perlu diketahui, copywriting jenis pertama cenderung menggunakan bahasa-bahasa yang menohok. Di sisi yang sama, gaya bahasanya sangat to the point apa isi yang menjadi bahan tulisan.
 
Copywriting jenis kedua malah sebaliknya. Copywriting model kedua menghendaki runtutnya sebuah gagasan, mulai dari latar belakang hingga rencana anggaran.
 
Satu hal yang sebaiknya digarisbawahi adalah model gaya bahasanya. Jenis copywriting ini cenderung menonjolkan sisi-sisi kelembutan berbahasa. Bahasanya sangat lembut namun memaksa. Lembut namun lebih mempunyai power. Beberapa senior bilang, bahasa seperti ini sering diistilahkan sebagai “Kedewasaan Berbahasa.”
 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by