10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Istilah menimba ilmu bisa dimana saja memang benar adanya. Tidak hanya di sekolah, namun sekarang bisa juga didapat dari bimbel (kursusan). Hingga hal tersebut jadi banyak dimanfaatkan orang untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan cara bisnis kursus bahasa inggris.

Langkah Memulai Bisnis Kursus Bahasa Inggris

Kebanyakan orang masih berpikir, bahwa membuka bimbingan belajar Bahasa Inggris itu suatu hal yang cukup sulit dan pasti membutuhkan biaya lumayan besar. Sebenarnya, tidak begitu juga asalkan Anda mengetahui beberapa kiat-kiatnya seperti di bawah ini:

Memiliki Niat serta Rencana

Dalam membangun sebuah usaha, dibutuhkan sebuah niat kuat untuk memulainya. Karena hal tersebut akan berdampak besar pada segala perencanaan yang telah Anda susun. Sehingga sukses atau tidaknya bisnis, tergantung dari rencana awal ini.

Pikirkanlah dulu bagaimana Anda akan membangun bisnis tersebut, misalnya seperti target pasar. Jenjang mana yang menjadi pelajar di sana juga harus diperhitungkan sedari awal. Apakah SD, SMP, SMA / SMK atau umum dan mahasiswa.

Serta, pikirkan juga bagaimana metode mengajar Anda. Seperti kursus bahasa Inggris Pare yang sudah terbukti mencetak siswa-siswi dengan tingkat kemampuan berbahasa asing cukup baik di Indonesia.

Sediakan Modal Awal

Dalam membangun usaha apapun, modal awal pasti diperlukan. Perhitungkan berapa besar anggaran untuk menyewa tempat, belanja properti, pengajar maupun hal lainnya. Kalau memiliki lokasi sendiri meskipun kecil, bisa mengurangi pengeluaran biaya.

Selain itu, hitung pula berapa banyak biaya yang keluar untuk keperluan lain, seperti pembuatan modul, brosur iklan dan infrastruktur kelas. Apabila tidak bisa ditutup dengan modal sendiri, sekarang banyak peminjaman dana, namun pasti memiliki nominal bunga dengan jumlah tertentu.

Tentukan Lokasi Kursus

Menentukan penempatana lokasi kursus menjadi hal penting yang harus dipikirakan sejak awal. Selain sebagai ajang promosi, juga agar mudah dijangkau berbagai kalangan. Namun, tentukan tempatnya setelah Anda mengetahui target pemasaran.

Untuk gambaran, bisa dibangun dekat dengan area sekolahan maupun universitas apabila targetnya memang anak-anak sekolah hingga mahasiswa di sana. Ataupun di lingkungan masyarakat dan perumahan penduduk jika calon siswa Anda merupakan khalayak umum.

Konsep Lingkungan Belajar Menarik

Semakin menarik suatu tempat kursus, makin banyak pula calon siswa yang berminat belajar di sana. Oleh karena itu, lingkungan belajar harus dikonsep sedari awal dengan beragam property agar mereka lebih nyaman dan tertarik.

Misalnya saja, buatlah konsep seperti suasana di Inggris. Letakkan beberapa property khas London yang begitu melekat pada benak masyarakat. Selain itu, bisa juga dengan memberi pengalaman belajar di ruang terbuka agar peserta tidak merasa bosan.

Konsep unik dan menarik akan lebih banyak diminati oleh calon siswa. Karena mereka membutuhkan suasana berbeda dari sekolah maupun kampus. Selain itu, bisa juga dijadikan tempat untuk refreshing sambil belajar.

Buatlah Brand Menarik

Masyarakat di masa sekarang, lebih banyak mengandalkan kualitas meskipun harga tempat kursus dibandrol mahal. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengenalkan brand yang telah dibangun ini kepada mereka.

Buatlah nama usaha yang cocok dengan tempat kursus Anda dan jangan terlalu muluk-muluk. Di sisi lain sertakan juga informasi terkait fasilitas di dalamnya, kegiatannya belajar mengajar serta metode pengajaran para tutor.

Hal ini juga perlu dibarengi dengan pemilihan tenaga ajar di tempat Anda. Pilihlah yang sekiranya mampu mengajarkan keempat skill dalam bahasa Inggris secara baik, yaitu listening, reading, writing dan speaking. Tidak perlu harus sempurna, setidaknya bisa memenuhi ekspektasi.

Susun Modul Ajar

Sekarang ini, hampir di semua tempat kursus Bahasa Inggris menyediakan modul ajar. Tentu, penyusunan tersebut dilakukan agar calon siswa bisa belajar dengan lebih mudah setelah tutor menyampaikan ilmunya pada bimbingan belajar.

Susunlah semenarik mungkin dan jangan sampai menyerupai buku sekolah. Karena hal semacam itu akan membuat para calon siswa bosan sendiri. Dan jangan lupa, berikan beberapa ilmu yang sekiranya tidak mereka dapatkan dari guru.

Seperti pemberian kosakata yang berbeda antara British Accent, American Accent dan Australian Accent sebagai budaya terbesar di dunia dalam berbahasa Inggris, atau memasukkan beberapa ekspresi informal dalam kehidupan sehari-hari karena jarang dibahas di sekolah.

Kalukulasi Biaya Kursus

Biaya kursus merupakan hal kedua yang akan dilihat masyarakat setelah pemberian terkait fasilitas pada tempat Anda. Di awal pembentukan seperti ini, boleh juga memasang harga lebih rendah dari bimbingan belajar lain.

Selain sebagai ajang promosi, juga agar masyarakat mengenal dan tertarik dengan tempat kursus yang telah Anda bangun. Sesuaikan juga dengan pemberian fasilitas serta paket bila ada, jangan sampai rugi sendiri.

Dengan begini, akan banyak calon siswa tertarik dengan bimbingan belajar Anda. Dari sana pula, tempat kursus bahasa Inggris ini bisa lebih dikenal masyarakat, karena sudah diberikan testimoni tidak langsung dari beberapa peserta didik.

Pasarkan Tempat Kursus

Cara bisnis kursus bahasa inggris selanjutnya yaitu, dengan memasarkan bimbingan belajar yang telah Anda bangun. Susunlah berbagai cara untuk mengenalkan tempat ini kepada khalayak luas secara tepat sasaran.

Bisa dilakukan promosi dengan poster ataupun spanduk pinggir jalan. Bisa juga dengan menggunakan cara terkini yaitu memasang iklan di sosial media. Saat ini, promosi seperti itu dianggap mampu menjangkau anak-ank muda sebagai target tepat dari bisnis kursus bahasa Inggris.

Lengkapi juga dengan bonus-bonus atau fasilitas menarik bagi beberapa pendaftar pertama. Seperti pemberian diskon, pengalaman belajar tambahan, modul, tas ataupun lainnya. Hal tersebut bisa menarik minat calon siswa lebih banyak.

Lakukan Kerjasama dengan Sekolah

Setelah melakukan promosi serta mendapatkan peserta didik, pasti banyak dari mereka mungkin sudah merekomendasikannya ke teman-teman di sekolah maupun kampus. Namun, Anda sendiri juga harus mengambil langkah ini sebagai strategi berikutnya.

Jalin kerjasama dengan pihak sekolah juga dengan mengirim beberapa tutor untuk melakukan promosi di sana. Selain itu, bisa juga dibuka kursus sepulang sekolah dari tempat Anda, agar para siswa bisa langsung belajar Bahasa Inggris tanpa bolak-balik ke rumah.

Tawarkanlah komisi kepada pihak sekolah perihal ini. Namun, sesuaikan dari banyaknya siswa yang masuk ke bimbingan belajar. Dengan begini, para guru akan tertarik memasukkan anak didiknya dan Anda juga bisa mendapatkan pemasukan serta promosi dari sana.

Buka Cabang

Setelah sukses dengan beragam cara di atas, Anda bisa mencoba untuk membuka cabang baru. Tidak perlu terlalu jauh dulu ke luar kota ataupun provinsi. Hal terpenting yakni, tempat bimbingan belajarnya strategis.

Pekerjakan juga tutor-tutor baru yang masuk kriteria dari tempat tersebut ataupun sekitarnya. Di sini, Anda juga bisa memberdayakan masyarakat dan lakukan pula promosi seperti sebelumnya. Dengan begitu, usaha kursus bahasa Inggris ini akan semakin berkembang.

Jika ingin lebih maju, Anda juga bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang mau mendirikan usaha kursus bahasa Inggris sendiri di bawah naungan bimbingan belajar Anda. Jadi, hanya tinggal memberikan arahan serta tetap mendapat masukan dana dari sana.

Itu tadi beberapa kiat-kiat untuk cara bisnis kursus Bahasa Inggris. Jangan lupa agar selalu berusaha dengan ulet dan rajin, supaya bimbingan belajar yang telah Anda bangun bisa terus berkembang serta memberi manfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by