Suryadin Laoddang; Dari Pedang Kaki Lima, Pasar Malam Hingga Kampus Dosen Jualan

Suryadin Laoddang; Dari Pedang Kaki Lima, Pasar Malam Hingga Kampus Dosen Jualan

suryadin laoddang

Mudah-mudahan, tulisan ini adalah kado terbaik yang pernah kami berikan. Sebab, kado ini bukan kado biasa, namun kado yang bisa diwariskan untuk cucu hingga cicitnya nanti— selagi tulisan ini masih ada.

Meskipun kami belum pernah sama sekali bertatap muka dengan beliau, namun kami sudah sangat tahu bagaimana luasnya ilmu beliau. Belum pernah berjumpa saja, berkahnya sudah menyebar kemana-mana, apalagi jika nantinya bertemu. Hoyag Jogja###

Sugeng ambal warsa ingkang kaping gangsal teruntuk Kampus Dosen Jualan, mudah-mudahan tanggal 1 Januari 2025 menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Untuk bernostalgia, kami hadirkan kisah singkat perjalanan Suryadin Laoddang. Tulisan ini diserat oleh salah satu tim kami, mudah-mudahan bisa diambil sisi positif semangat kerja kerasnya.

Profil Suryadin Laoddang

Suryadin Laoddang merupakan seorang konsultan digital marketing yang telah berhasil mendirikan lembaga pelatihan yang bernama Kampus Dosen Jualan. Melalui lembaga ini, anak bangsa dididik untuk bisa lebih mandiri menghasilkan lewat Online Marketing.

Kampus Dosen Jualan cukup sukses dan banyak peminatnya, sebab beliau dalam sistem pelatihannya memberikan tugas kepada peserta langsung praktek di tempat. Jadi siapapun yang mengikuti pelatihan di Kampus Dosen Jualan, bisa dipastikan langsung dapat terjun di bidang Digital Marketing.

Suryadin Laoddang mampu menciptakan tim yang solid dan terpercaya. Pemberian materi bisa diserap dengan cepat oleh para peserta; misalnya saja pengelolaan optimasi website. Tim yang dimiliki sangat kompak dan memiliki hubungan yang erat. Ada energi semangat yang tertular dari keikhlasan dan semangat para tim yang dibina.

Beliau selain berhasil dalam mendirikan Dosen Kampus Jualan juga bisa dibilang seorang pakar workshop. Berkat perjuangan keras, akhirnya gelar trainer dan pembicara digital terbaik di Indonesia sudah pantas beliau sandang. Ada banyak kisah menarik dari perjuangan beliau sampai pada akhirnya sesukses ini.

Mengulik Kisah Hidup Perjalanan Seorang Laoddang

Keberhasilan tidak lepas dari perjuangan tangguh semasa hidupnya. Meskipun cacian, pengkhianatan, perlakuan tidak adil serta hinaan datang secara bertubi-tubi kepada beliau, tantangan tersebut tidak menggentarkan semangatnya untuk terus maju. Beliau merupakan orang yang penuh percaya diri bahwa di masa depan akan sukses.

Pengalaman pahit yang dirasakan menjadi pecut bagi dirinya untuk merubah nasib menjadi lebih baik. Jika melihat riwayat pendidikan beliau,sangat patut dicontoh bagi generasi muda sekarang. Sewaktu masih muda, beliau sempat mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Belgia.

Namun, kesempatan emas tersebut sudah cukup untuk membanggakan kedua orang tuanya bahwa beliau adalah seorang anak yang cerdas dan berprestasi. Alasan ketidakberangkatan beliau adalah karena baktinya kepada orang tua yang lebih memilih tetap tinggal di Jogja sesuai dengan amanah dari Ibundanya.

Jejak Tapak Jiwa Kewirausahawan Sang Laoddang

Suryadin Laoddang memulai bisnis di dunia online mulai dari tahun 1998. Aplikasi yang digunakan waktu itu yaitu MRIC dengan menjual karyanya sebesar Rp 15 ribu – Rp 25 Ribu. Nominal segitu cukup besar kalau dibandingkan zaman sekarang. Jika boleh diumpamakan, waktu itu di tahun 1998 harga gorengan masih 100-200 rupiah.

Meskipun cita-cita beliau sebagai pengusaha, namun beliau sempat juga berkarir terlebih dulu di Jogja. Beliau sempat menjadi staff akademik di pusat pendidikan sistem Indonesia, staff akademik di pusat akuntansi Indonesia Yogyakarta, staff operasional di Comprance Yogyakarta, Staff utama pada POLTEKNES  dan masih banyak lagi riwayat kerja beliau.

Dari sederetan riwayat kerja yang pernah beliau lakukan, sejak dulu beliau sudah menekuni dunia bisnis dan perdagangan. Beliau termasuk tipe seorang pengusaha yang memiliki jiwa keras dalam meraih apa yang menjadi impiannya. Terbukti, dengan hadirnya cathering kue basah tradisional yang waktu itu menjadi salah satu bisnis beliau di Jogjakarta.

Jenis usaha yang lainnya beliau sempat merintis jasa tour, memiliki konveksi mukena, menjadi pedagang kaki lima, mendirikan warung makan dan pernah juga berdagang di pasar malam. Kalau di zaman sekarang mungkin sangat sulit ditemukan anak muda yang mau bekerja keras dan berdagang di pasar malam.

Jangan kalian kira semua usaha yang pernah dirintisnya berjalan dengan mudah. Ada saja cibiran dari teman, tetangga dan orang yang kurang suka dengan beliau. Entah karena iri dan dengki melihat semangat beliau untuk menjemput kesuksesan atau alasan lain, beliau sendiri kurang paham. Tapi hal itu menjadikan semangat beliau semakin terbakar untuk membuktikan bahwa kesuksesan ada di depan mata.

Bentuk Kepedulian Suryadin Laoddang Terhadap Anak Muda Indonesia

Berbekal pengalaman pahit dan sepak terjangnya dalam menjalani bisnis offline dan sulitnya mencari kerja membuat beliau berkeinginan untuk mencetak generasi muda Indonesia menjadi pebisnis. Berawal dari hal tersebut, beliau akhirnya mulai menularkan ilmu kepada orang-orang yang yang mau merubah nasibnya dan ingin mengikuti jejak kesuksesannya menjadi pebisnis.

Seminar, workshop dan pelatihan mulai beliau adakan agar apa yang beliau miliki bisa lebih bermanfaat untuk kepentingan banyak orang. Sungguh mulia memang tujuan beliau dan sangat cocok dijadikan panutan dan tauladan. Bukan hanya sebatas itu saja, beliau juga aktif dalam menulis buku untuk diterbitkan. Tujuan beliau tidak muluk, hanya agar ilmunya bisa lebih menjangkau banyak orang dan banyak kalangan.

Keaktifan beliau  menjadi pembicara internet marketing di mulai tahun 2013. Sebelumnya beliau masih mengurusi berbagai bisnis yang beliau jalani. Dari kepiawaian dalam memberikan training menjadikan beliau diundang ke banyak acara dan mengadakan pertemuan bisnis. Banyak yang terinspirasi dari kisah perjalanan beliau sampai ada yang menyempatkan waktu dari luar kota dan daerah untuk diskusi dan mengikuti seminar yang beliau adakan.

Memang sungguh pencapaian yang luar biasa dengan perjuangan yang keras beliau bisa menjadi kiblat bagi anak muda yang bermalas-malasan, gaptek, dan tidak bisa bisnis menjadi pribadi yang lebih produktif dan mampu menciptakan peluang sendiri melalui digital marketing.

Nah dari sinilah Kampus Dosen Jualan mulai dicetuskan. Sebelumnya, nama lembaga pelatihan ini bukan Kampus Dosen Jualan, melainkan Kampus Sekolah Digital Marketing. Tapi memang banyak yang mengenalnya dengan nama Kampus Dosen Jualan. Dari lembaga yang didirikan, tentu banyak memberikan manfaat yang besar kepada para anak bangsa guna mengembangkan bakat terpendam yang selama ini masih terkubur dan tidak tahu bagaimana cara menyalurkannya.

Rancangan Program Pendidikan Suryadin Laoddang

Untuk jangkauan yang menjadi target beliau bukanlah dari kalangan anak muda dan mahasiswa saja. Tapi target beliau adalah semua orang baik laki-laki atau perempuan, baik dari kalangan mahasiswa atau orang awam dan dengan latarbelakang apapun. Dengan begitu, membuat beliau berpikir keras untuk membuat sebuah rancangan sistem pendidikan yang bisa mudah dipahami dan bisa diterima semua kalangan.

Dengan materi yang berat mampu dibuat rancangan program yang standar mulai dari teknik, keilmuan sampai pada akhirnya ke praktek. Perjuangan dan usaha keras beliau membuahkan hasil dengan lahirnya para pebisnis baru yang masih muda dan dari latar belakang yang berbeda.

Hal ini dapat dibuktikan dengan agenda beliau yang sangat luar biasa sibuk untuk mengisi pelatihan dan menjadi pembicara di kalangan mahasiswa, untuk pendampingan bisnis UMKM dan berbagai pelatihan lainnya di seluruh Indonesia. Lembaga pendidikan yang beliau dirikan sampai sekarang sudah ada 3 tempat yang ada di Jogja.

Untuk Biodata lengkap beliau adalah sebagai berikut:

Nama Lengkap                                   : Suryadin Laoddang

Nama Panggilan                                 : Adin

Tempat, Tanggal Lahir                        : Callaccu (Sul-Sel), 08 Oktober 1979

Alamat                                                : Jalan Wonosari KM. 10,5 Babadan RT 01 RW 01 Nomor 4 Sitmulyo Piyungan Bantul Yogyakarta

Penulis Biografi

Penulis Biografi

Tak Semua orang sempat membayangkan rule master plan di dalam hidupnya. Barangkali karena sibuk pekerjaan, urusan ini itu dan lain sebagainya. Namun bagi mereka yang memiliki waktu 24 jam, justru waktu-waktu tersebut biasanya disibukkan dengan rencana masa depan. Hari ini adalah finish, esok hari adalah hari sesungguhnya.

Dengan mempelajari biografi orang lain, sebenarnya kita juga sedang mengamati biografi diri sendiri. Di umur yang relatif masih muda, kegiatan spektakuler seperti apa yang akan dilakukan. Akankah membangun ini, memberikan fasilitas itu, membantu sana, pionir sini dan lain sebagainya. Semuanya akan membentuk sebuah biografi diri kita masing-masing.

Biografi dan Masa Senja

Salah satu dosen kami mengatakan dengan sejujurnya bahwa ketika ia mulai beranjak umur sekian……. Beliau menyadari bahwa ketika berbicara sering terlupa waktu. Ia bilang, memang nalurinya sudah berubah. Jika dahulu nalurinya mendengarkan, maka saat ini nalurinya ingin selalu ingin didengarkan. Tak heran jika ia selalu bercerita sampai lupa waktu.

Kisah di atas sangatlah positif sebab dosennya memang mempunyai mahasiswa yang notabene sudah dianggap layaknya anak sendiri. Bagaimana dengan orang-orang yang memang tidak seberuntung dengan beliau? Misalnya saja ada orang tua yang memang tidak pernah bertemu dengan anaknya lantaran kesibukan, atau karena memang si anak tidak suka mendengarkan cerita.

Di sinilah pentingnya sebuah biografi perjalanan hidup. Dengan biografi, seseorang bisa menceritakan pengalaman semasa hidupnya, perjalanan hidup menarik, hikmah-hikmah yang bisa diambil bagi keluarga, anak, cucu dan cicitnya. Dengan buku biografi, seseorang tidak harus banyak berbicara, pun tidak harus khawatir jika sudah tidak bisa berbicara karena buku biografinya akan senantiasa ada.

Penggalian Biografi

Bagi seorang penulis, cukup banyak yang bisa dilakukan untuk menggali biografi. Beruntung jika Anda memiliki atau dekat dengan seorang penulis, sebab ia pasti tahu kisah-kisah menarik yang pernah Anda alami. Dengan banyak berbincang, bertemu dan dalam 1 acara, feel-nya akan terasa lebih dapet. Oleh sebab itu, ada baiknya penulis biografi adalah mereka yang sudah bertahun-tahun bersama mereka, minimal 1 tahun.

Cara yang lain bisa dilakukan dengan wawancara dengan kerabat dekat, teman, saudara hingga partner hidupnya jika perlu, baik dalam urusan bisnis maupun keluarga. Dengan mengambil sudut pandang dari orang lain, kisah-kisah menarik akan lebih terangkat.

Lebih menarik lagi jika ada 1 masalah besar yang diungkap, dengan demikian, tokoh dalam biografi tersebut memang benar-benar sebagai tokoh utama. Bagaimana cara menghadapi masalah, menemukan solusi, saat marah, saat ramah dan semua sifat yang dimilikinya.

Meskipun tulisan biografi adalah tulisan riwayat hidup seseorang yang penuh dengan subektifitas penulis maupun tokoh, namun jangan lalaikan bahwa tulisan yang baik adalah tulisan yang jujur, apa adanya.

Tips Menulis Biografi

  1. Padukan unsur penulisan sastra dengan ilmu pengetahuan atau latar belakang tokoh
  2. Pikat pembaca sejak paragraf awal, bahkan sejak cover. Gunakan bahasa populer, menyentuh, indah sekaligus ada nilai-nilai kesejarahan yang penting.
  3. Bumbui tulisan dengan narasi, deskripsi, dialog hingga kata-kata ungkapan seperti quote dari si tokoh
  4. Gambarkan sedetail-detailnya bagaimana karakter, gaya bicara dan keunikan tokoh
  5. Tambahkan values kehidupan baik dari prinsipnya, kegigihan hingga inspirasi-inspirasi
  6. Lindungi apa saja yang bersifat privasi. Pilih data-data yang tepat mana untuk publik dan mana untuk privasi.

7 Cara Survive Belajar IM bagi Newbie

Belajar IM

Belajar IM (Internet Marketing) itu tidak mudah. Terlebih jika kita minim finansial. Ada banyak trial eror yang harus kita lalui. Bahkan, tak jarang pula keluar biaya tak sedikit, baik biaya berupa uang, pengorbanan waktu atau pengorbanan tenaga karena harus sambil nguli. Tak sedikit mereka yang menyerah, namun juga tak sedikit mereka yang mampu bertahan.

7 Cara Survive Belajar IM

Newbie Belajar IM

Oleh sebab banyak yang mengalami nasib sama, penulis hadirkan cara-cara survive yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

1. Kuasai teknik jurnalistik terlebih dahulu, sebab nalar SEO hampir sama dengan nalar jurnalistik. Tulisan juga salah satu nyawa SEO, jadi kuasai betul sebelum ke yang lain. Coba perhatikan, siapa suhu, mastah, master dan Soultan yang tidak bisa menulis? Hampir semua bisa dan punya karya buku lho.

Menulis juga sangat penting untuk berkontribusi dalam memperkuat struktur website. Dengan lihai menulis, Anda bisa membentuk sebuah struktur website yang kuat melalui internal link-nya dahulu. Jika Anda bisa mempraktekkan ini secara serius, tentu dalam hal posisi di Google aka nada beberapa keyword yang ada di halaman 1.

2. Cari peluang pendapatan harian. Ini berfungsi untuk ketentraman hidup Anda. Paling tidak, jika Anda mau makan, Anda tidak bingung hari ini mau bayar menggunakan uang siapa. Misalnya, Anda bisa buka jasa penulis artikel dengan bekal skill yang diberikan oleh guru Anda. Atau, Anda bisa buka jasa rekber (rekening bersama), jasa tukar dan pembayaran uang melalui paypal, jual adsense, jual blog dan masih banyak lainnya.

3. Cari peluang pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan. Yang ini Anda bisa usaha sendiri dengan produk atau jasa lainnya. Saran kami, untuk pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan, Anda bisa membuat semacam peta bisnis Anda. Dengan demikian, Anda sudah mengerti mana bisnis yang bisa menghasilkan uang atau perputaran uangnya sesuai perputaran waktu di atas.

4. Dengan hasil dari poin ketiga dan keempat, sisihkan pendapatan untuk ikut workshop, privat atau pelatihan-pelatihan IM. Dekati guru-guru IM di mana dan siapapun dia. Minta tolong kepadanya agar turut merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

5. Belajar harus sabar, sedikit-dikit saja, tentu dengan guru-guru yang berbeda. Walaupun hari ini kita tidak merasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa suatu saat ilmu tersebut akan sangat berharga. Kita hanya butuh berpikir sebentar untuk meng-integrasi-interkoneksikan keilmuan yang sudah kita pelajari sampai saat ini.

6. Jangan berhenti menuntut ilmu. Hari ini profit memang baik-baik saja, namun kita tidak tahu 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun berikutnya. Semakin banyak dan beratkah kompetitor, algoritma berubah dll. Jika terlena, bisa-bisa langsung KO.

7. Jangan lupakan ilmu yang dipelajari

*Lagi ngoreksi tulisan Artikel SEO milik sahabat.

 

Artikel HPK

Artikel HPK

artikel HPK

Kemarin, ada salah seorang sahabat FB yang ingin memesan HPK (High Paying Keyword) content. HPK content itu sendiri sebenarnya ada dua model, model pertama digunakan untuk paid traffick, sedangkan model kedua digunakan untuk visitor unique.

Kami memilih membahas model pertama, sebab model ini juga berkaitan dengan pertanyaan dari salah satu kawan kami, “Mas, bagaimana agar CPC saya tinggi?”

Pertanyaan ini mengingatkan kami tentang apa itu pengertian HPK dan apa fungsinya bagi internet marketer.

What is HPK Article?

Pengertian artikel HPK adalah jenis artikel yang digunakan untuk meningkatkan CPC di Adsense. Biasanya, teknik ini digunakan para pemain paid traffick, baik FB Ads to Adsense maupun Propeller to Adsense. Intinya, cara ini digunakan para IM yang ingin menukar traffick dengan segepok earning.

Dari pengalaman kami, artikel HPK itu sendiri cocoknya hanya ditempatkan di hosting hosted blogspot. Asumsi ini diambil karena memang kami sudah mencoba kedua platform yang sering digunakan, yaitu WordPress dan Blogspot. Di sisi lain, sebenarnya kami juga tidak jago koding, andai ada yang bisa koding menyesuaikan WordPress, tentu saja artikel HPK ini juga bisa diefektifkan.

Fungsi Artikel HPK

Salah satu fungsi artikel HPK itu sendiri cukup gamblang, yakni menaikkan CPC di Adsense. Caranya cukup simpel, cukup buat artikel yang isinya terdapat keyword-keyword yang mempunyai HPK, lalu letakkan keyword-keyword tersebut menjadi susunan artikel HPK di dalam tubuh postingan. Bisa juga menempatkan artikel HPK di sidebar maupun di footer— sesuai kebutuhan.

Tips CPC Tinggi

Salah satu hal yang perlu ditekankan dalam bermain paid traffick ini menurut kami adalah tingkat kerelevanan. Bagaimana sebuah tema artikel, HPK dan iklan sangat relevan. Dengan pathokan seperti itu, tampilan ads akan lancar alias tidak mudah nge-blank. Di sisi yang sama, kerelevanan juga bisa menghindarkan akun ads yang dinon-aktifkan.

 

Pengicau.Net; Alternatif Mengatasi segala Permasalahan tentang Burung

Pengicau.Net; Alternatif Mengatasi segala Permasalahan tentang Burung

Saat ini, banyak masyarakat di Indonesia yang menjadi pecinta burung. Bukan hanya kenimatan untuk memandang keindahan bulu atau indahnya suara burung, namun pemelihara burung juga tertarik akan bisnis yang cukup menjanjikan ini.

Atas semua ketertarikan itu, orang akan mencari informasi mengenai burung. pengicau.net adalah salah satu portal penyedia sumber informasi yang inspiratif mengenai berbagai permasalahan tentang burung.

Pengicau.Net Sebagai Sumber Informasi Pecinta Burung

Memelihara burung bukanlah hal sulit. Ada banyak media yang menyediakan informasi mengenai cara-cara pemeliharaan burung, jenis dan karakter burung dan berbagai tips kesehatan burung lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai sumber informasi, laman web ini cukup komperhensif menjelaskan berbagai strategi dan karakteristik burung yang sangat beragam. Bagi pecinta burung, informasi tentang burung sangat penting.

Misalnya saja yang disajikan dan web ini adalah permasalahan untuk membedakan burung Pleci jantan dan betina yang akurat. Tentu ini sangat diperlukan untuk proses pengembangbiakkan burung. Ada lagi terkait jenis-jenis makanan burung yang harus secara teliti dibedakan.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang bukan pemelihara burung, namun hanya penikmat suara burung, juga dapat mengambil manfaat. Yakni adanya laman khusus untuk download suara burung. Suara burung yang dipercaya memberikan efek rileks akan memberikan semangat tersendiri dalam aktivitas harian Anda.

Masalah Kesehatan Burung yang Sering Terjadi Menurut Pengicau.Net

Karena fokus utama website ini adalah seputar permasalahan burung, sangat banyak tips-tips kesehatan burung di dalamnya. Dari berbagai varian burung yang ada di Indonesia, ada beberapa keluhan penyakit yang sering terjadi. Penyakit burung tersebut di antaranya adalah:

1. Mabung

Istilah mabung ini digunakan untuk menjelaskan kondisi bulu tua burung yang rontok. Bisa saja masalah kesehatan ini juga diakibatkan karena rusaknya partikel rambut burung. Jika proses mabung secara alami, biasanya akan terjadi selama 1 hingga dua kali dalam setahun.

Tanda-tanda burung yang sedang mabung adalah lemas. Burung juga terlihat tidak bergairah dengan warna bulu yang kusam. Untuk burung-burung dengan kicauan aktif, lebih terlihat mereka tidak mau mengeluarkan kicauannya. Semua bulu perlahan rontok dan mata burung yang sayu.

2. Hidung Burung Berlendir

Baik burung kicau maupun burung peliharaan biasa, adakalanya mengeluarkan lendir di bagian hidung mereka. Tentu lendir mereka hanya sedikit di bagian paruh atas. Pelu diwaspadai jika burung terus mengeluarkan lendir selama berminggu-minggu dan tidak sembuh. Juga ketika lendir berubah lebih pekat.

3. Cacar

Salah satu penyakit kulit yang menyerang burung adalah cacar. Biasanya disebut pox atau cacar burung. Burung yang rentan mendapatkan penyakit ini adalah jenis Kenari dan Merpati. Gejala yang muncul adalah ada daging tumbuh atau kutil. Biasanya di kaki dan mulut burung.

Perlu diwaspadai jika kutil yang berupa benjolan daging ini tumbuh disaluran pernafasan. Jika gejala ini terjadi, biasanya disebut sebagai dipteri, yakni gangguan pernafasan burung karena tersumbatnya saluran pernafasan.

Gejala yang terakhir ini sangat berbahaya. Burung dapat saja terancam resiko kematian jika tidak segera dilakukan perawatan khusus.

4. Gangguan saluran pencernaan

Gangguan saluran pencernaan pada burung biasanya ditandai dengan infeksi pada mulut bahkan hingga dubur. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Candida Albicans. Virus ini berupa jamur yang bisa tumbuh di berbagai area saluran pencernaan.

5. Kelumpuhan Burung

Tidak jarang, beberapa burung tiba-tiba saja lumpuh tidak bisa bergerak. Hal seperti ini disebabkan oleh kurangnya asupan material dalam tubuh burung.

6. Stress Burung

Penyakit ini seringkali terjadi pada burung karena aktivitas yang terlalu padat. Biasanya karena perjalanan transportasi yang panjang. Kadangkala juga terjadi karena lingkungan yang tidak mendukung. Perlu berwaspada untuk burung tarung yang rentan mendapatkan gangguan kesehatan ini.

Tampilan Website Menarik Pengicau.Net

Pengicau.net sebagai salah satu penyedia informasi seputar burung sangat mudah dijangkau. Kemudahan mencari sumber informasi ini tentunya didukung oleh tampilan website yang menarik, yakni:

1. Rubrik

Web yang mudah diakses adalah web yang memberikan kemudahan pengunjungnya. Sebagaimana laman web ini telah menyediakan berbagai rubrik yang memudahkan. Pasalnya, terkadang seseorang yang ingin mencari tema tertentu harus membaca secara jeli untuk menemukan topik yang dibutuhkan.

Adapun rubrik yang dimiliki oleh pengicau.net adalah Home, Suara Burung, Tips Burung, Ternak Burung, dan Harga Burung. Rubrik-rubrik ini dapat membantu Anda mencari bagian informasi yang diperlukan. Pengunjung web dengan mudah akan menge-klik bagian topik yang digemari atau dibutuhkan.

2. Menu Pencarian

Sebagaimana tampilan web lainnya, laman ini dilengkapi dengan mesin pencarian khusus. Bagi pengunjung yang tidak ingin mencari secara manual atau melalui topik-topik yang disajikan pada rubrik, dapat menggunakan fasilitas ini.

Caranya sangat mudah, pengunjung hanya tinggal mengetikkan keyword. Semisal kata “tips merawat burung” atau “cara menyembuhkan mata burung” pada bagian kolom search. Maka dengan menekan ‘enter’ atau klik, muncullah berbagai artikel dengan topik yang diperlukan.

3. Sumber Artikel yang Berkaitan

Tampilan di web ini juga menyediakan beberapa artikel yang berkaitan. Biasanya akan muncul judul artikel dengan tema sama. Hanya dengan menge-klik judul tersebut, maka semua informasi yang dibutuhkan akan tersedia.

Kemudahan Apa Saja yang Bisa Didapat?

 1. Download Suara Burung

Tentu bagi penggemar, mendengarkan suara burung adalah hal yang menenangkan. Saat ini, bagi penggemar burung dimudahkan dengan adanya layanan download suara burung. Di web ini menyediakan suara burung dengan jenis beragam, ada 12 suara burung yang dapat Anda download.

Dengan adanya layanan ini, pecinta burung dapat menikmati suara burung melalui ponsel atau alat Mp3 lainnya. Sangat bermanfaat ketika berpergian ke luar kota atau dinikmati ketika mengendarai mobil. Menariknya lagi, layanan ini gratis tidak dipungut biaya.

2. Mengecek Harga Terkini Burung

Bagi yang hendak membeli burung tentu mengetahui harga burung adalah hal yang harus dipersiapkan. Hal ini dilakukan juga untuk mempersiapkan budget yang Anda miliki. Karena sudah umum diketahui, bahwa harga burung hias seringkali mencapai ratusan hingga jutaan rupiah.

Dengan mengetahui harga burung, maka seorang pebisnis burung juga mendapatkan info penting. Yakni informasi mengenai harga burung yang beredar di pasaran. Tentu hal ini diperlukan untuk mematok berapa harga burung yang akan dijual atau yang akan dibeli.

Lebih penting lagi, informasi tersebut juga dapat menyajikan jenis burung apa yang banyak diminati.

3. Mengetahui cara ternak burung

Rubrik ini khusus yang disediakan mengenai Ternak Burung. Dengan membaca informasi yang ada di dalamnya, akan memudahkan Anda memulai bisnis ternak burung. Prinsip-prinsip ternak burung yang dapat berbeda-beda menyesuaikan jenis burung semakin mudah dengan informasi pengicau.net.

Pengicau.net adalah alternatif terbaik untuk mengatasi segala permasalahan tentang Burung. Tentu web ini dapat Anda andalkan untuk aktivitas pecinta burung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

23 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia

23 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia

23 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia

Burung Lovebird atau yang biasa dikenal dengan burung cinta adalah salah satu jenis burung nuri atau paruh bengkok yang masuk dalam genus Agapornis. Nama Lovebird sendiri, diberikan ke burung ini karena tingkahnya yang suka berdekatan dan saling menyayangi satu dan lainnya. Nah, untuk asal burung ini sendiri adalah dari luar negeri, tepatnya dari Afrika. Hingga saat ini, terdapat 9 jenis lovebird yang telah berhasil diidentifikasi. Namun itu belum termasuk spesies hasil silangan. Jika diidentifikasi secara menyeluruh, mungkin ada sekitar 30 jenis Lovebird yang merupakan hasil rekayasa genetika ataupun yang asli.

23 Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia

Jenis Burung Lovebird Tercantik di Dunia

Selain terkenal karena keindahan warnanya, burung Lovebird juga terkenal karena suara burung kicauannya yang sangat unik sehingga banyak orang tertarik memeliharanya. Bahkan tak jarang orang yang mengembangbiakkannya. Di Indonesia sendiri, burung cantik ini juga telah memiliki banyak penggemar. Nah, bagi Anda yang masih pemula atau mengaku pecinta Lovebird sejati, pastikan Anda tahu jenis-jenis Lovebird yang ada di dunia. Diantaranya adalah sebeagi berikut:

1. Lovebird Muka Salem (Agapornis Roseicollis)

Lovebird Muka Salem merupakan jenis Lovebird yang berasal dari Namibia, Afrika. Ciri fisik burung diantaranya adalah tubuhnya yang berukuran kecil dengan panjang sekitar 17-18 cm dan sayap sekitar 106 mm. Sedangkan untuk ekor, hanya sepanjang 44-52 mm. Untuk warna, burung Lovebird jenis ini kebanyakan adalah hijau cerah dengan bagian punggung ke bawah berwarna biru. Sedangkan pada bagian wajah berwarna pink dan paruh warna gading.

2. lovebird Fischer (Agapornis Fischeri)

burung jenis ini namanya cukup unik, sebab namanya diambil dari nama seorang penjajah asal Jerman yaitu Gustav Fischer. Burung ini ditemukan sekitar abad ke-19 Masehi. Untuk warna, Lovebird Fischer memiliki warna dominan hijau pada bagian dada, sayap dan punggung. Kemudian untuk bagian sayap adalah warna hijau zaitun dengan paruh warna merah cerah. Pada bagian leher dihiasi warna kuning keemasan serta warna warna biru/ungu pada bagian ekor.

3. Lovebird Pipi Hitam (Agapornis Nigrigenis)

Sesuai namanya, jenis burung Lovebird yang satu ini memiliki warna hitam pada wajahnya dan memiliki kacamata berwarna putih dan leher berwarna coklat. Kemudian, pada punggungnya adalah berwarna hijau. Sedangkan dada atas berwarna orange dan paruhnya berwarna merah muda. Untuk ukurannya, burung ini memiliki panjang sekitar 14cm. Spesies burung ini sangat banyak ditemukan di Zambia barat daya.

4. Jenis Lovebird Topeng (Agapornis Personata)

Burung Lovebird keempat adalah burung dengan topeng diwajahnya. Mengapa jenis Lovebird ini disebut Lovebird Topeng? Sebab terdapat pupil coklat yang membuatnya seperti menggunakan kacamata. Topeng ini berada di antara wajahnya yang berwarna hitam dengan kacamata putih. Nah, untuk varian warna, burung ini cukup beragam dikarenakan mutasi genetik. Hanya saja kebanyakan memiliki kastanye kehitaman dengan paruh warna merah terang, serta dada dan leher dengan warna kuning atau orange. Untuk ukuran, burung ini juga relatif kecil yaitu sekitar 14,5-15 cm.

5. Lovebird Abisinia (Agapornis Taranta)

Jika dibandingkan jenis Lovebird lain, bisa dibilang Lovebird Abisinia adalah jenis terbesar. Burung ini memiliki panjang 16-16,5 cm dan bentuk tubuh yang cukup gemuk. Selain itu, Abisinia  jantan juga memiliki ciri khas lain yaitu adanya cincin dan dahi pada bagian mata yang berwarna merah. Burung ini berasal dari Ethiopia dan Eritrea, dan suka menempati dataran tinggi atau pegunungan. Masalah warna, burung ini cukup unik, yaitu didominasi warna hijau pada tubuhnya serta hitam variasi biru untuk ekornya.

6. Lovebird Madagaskar (Agapornis Canus)

Jika burung lovebird sebelumnya memiliki tubuh yang besar, maka berbanding terbalik dengan jenis ini. Lovebird Madagaskar merupakan burung terkecil jika dibanding semua jenis Lovebird. Ini dikarenakan burung ini memiliki panjang hanya 13 cm dan berat sekitar 30-36 gram. Jadi tak heran kalau burung ini nampak begitu imut. Warna Lovebird asal Madagaskar ini adalah abu-abu pucat, namun ketika tubuh dewasa warna bulunya akan berubah menjadi hijau gelap. Untuk yang jantan, biasanya pada bagian kepala serta dada berwarna abu-abu pucat.

7. Jenis Lovebird Nyasa (Agapornis Lilianae)

Jenis Lovebird Nyasa atau yang sering disebut dengan lilian Lovebird ini adalah burung yang banyak ditemukan di Negara seperti Malawi, Zimbabwe, Zambia, Mozambik dan Tanzania. Burung ini juga termasuk jenis endemik. Untuk panjang burung ini, adalah 13 cm dan dianggap termasuk dalam ras fischer. Ciri fisiknya lainnya adalah bulunya yang berwarna hijau hingga bagian pantat dan punggung. Sedangkan bagian leher, dada, dan kepala didominasi warna orange. Untuk mata, burung ini memiliki warna putih dengan paruh berwarna merah.

8. Lovebird Muka Merah (Agapornis Pullarius)

Dari namanya saja sudah bisa diketahui bahwa burung lovebird ini memiliki ciri khas muka berwarna merah. Namun, tidak semua jenis Lovebird jenis ini memiliki warna merah, sebab si betina justru memiliki warna agak orange. Warna merah pada wajah burung ini juga melingkupi dahi, paruh, dan pertengahan mahkota hingga kelopak mata. Selebihnya Lovebird Muka Merah ini berwarna hijau terang dengan kaki berwarna abu-abu. Nah, bedanya antara jantan dan betina dapat dilihat dari warna paruh, yaitu merah terang pada burung jantan dan merah pucat pada betina. Burung lovebird asal Afrika ini diketahui dapat tumbuh dengan panjang hingga 15 cm.

9. Lovebird Berkerah Hitam (Agaporns Swindernianus)

Jenis Lovebird yang satu ini termasuk dalam ras Swidern dengan ukuran tubuh sekitar 13,5 cm. Sedangkan untuk varian warna bulunya sendiri terdiri dari warna dasar hijau dengan leher yang berwarna coklat. Di bagian leher belakang, Anda bisa melihat garis yang seakan membentuk kerah warna hitam. Nah, untuk bagian dadanya sendiri burung ini berwarna merah kecoklatan, dan paruh serta kaki berwarna abu-abu gelap. Ciri lain yang menonjol ada pada iris matanya yang berwarna kuning sehingga terlihat begitu terang.

10. Lovebird Lutino

Burung Lovebird Lutino adalah burung dengan harga jual cukup tinggi, dan termasuk burung yang sangat digemari oleh pecinta lovebird. Burung ini berasal dari hasil mutasi genetik dari ras muka salem. Meski begitu, ciri fisiknya sangat berbeda dengan ras aslinya, sebab burung ini memiliki panjang hingga 16-18 cm dan memiliki warna bulu secara keseluruhan kuning cerah. Sedangkan pada bagian muka, burung ini dominan dengan warna merah atau orange kemerahan. Di bagian matanya, terdapat warna hitam dan ada pula yang memiliki warna merah.

11. Lovebird Pastel

Jika dilihat sekilas, Lovebird Pastel mungkin tidak jauh berbeda dengan Lovebird Lutino, terutama Lovebird pastel kuning. Jenis burung ini memiliki warna merah pada bagian kepalanya dan kuning pada bagian tubuh. Namun ada juga yang memiliki warna hijau pada bagian tubuh. Untuk paruhnya, burung ini berwarna merah cerah dengan mata berkaca mata putih. Lovebird jenis ini biasanya juga memiliki warna lain seperti seperti biru kehijauan-putih, kuning-hijau , dominan putih-biru, biru-putih dan lain-lain. Lalu untuk ukurannya, jenis Lovebird ini termasuk sedang yaitu kisaran 16 cm.

12. Lovebird Blorok

Burung lovebird yang satu ini cukup menarik bagi sebagian orang. Salah satu daya tariknya adalah gradasi warna yang tersusun tidak rata sehingga nampak begitu unik. Gradasi warna pada  burung ini pun tidak hanya terdiri dari satu warna saja. Maka dari itu, dipasaran nilai jual burung ini cukup mahal. Selain karena keunikannya, Lovebird Blorok juga termasuk langka karena rekayasa genetika yang dilakukan juga tidak mudah. Dari satu jenis saja Anda bisa mendapati beberapa jenis turunan yang begitu populer, seperti blue series, blorok biru, lutino dan violet.

13. Lovebird Australian Cinnamon

Burung bernama Lovebird Australian Cinnamon ini sebenarnya hampir mirip dengan Lovebird pastel. Namun, untuk jenis Lovebird satu ini memiliki paduan warna yang lebih soft. Seperti paduan warna kuning puyeh pada bagian badan dan dada serta leher yang berwarna putih. Beberapa Lovebird jenis ini juga memiliki punggung dengan warna hijau tosca. Selain itu, yang menonjol dari burung jenis ini adalah mata yang berwarna hitam dengan bentuk bulat sempurna namun relatif kecil. Paruh burung lovebird jenis ini biasanya berwarna orange cerah, sehingga terlihat begitu bersih dan elegan.

14. Lovebird Biru Mangsi

Jika Anda pernah melihat Lovebird violet, bisa dikatakan tampilan bulu biru mangsi tidak jauh berbeda, yaitu nampak biru keunguan. Dibagian sayapnya, burung ini memiliki warna biru Samudra hingga bagian dada, kemudian bagian leher dan paruh berwarna putih. Sedangkan dibagian kepala, burung ini memiliki tudung dengan varian warna seperti hitam pekat, biru mangsi, dan terkadang ada yang berupa gradasi warna hitam atau biasa disebut biru mangsi fischeri.

15. Lovebird Albino

Lovebird Albino ini adalah burung Lovebird yang memiliki kelainan pigmen kulit. Kelainan inilah yang membuat tubuhnya nampak berwarna putih keseluruhan, mulai dari warna bulu kepala, sayap, punggung hingga ekor. Lalu untuk bagian matanya sendiri, ada yang berwarna merah dan ada juga yang berwarna hitam. Meski sebaian orang masih susah membedakan antara Lovebird albino dan Lovebird pastel putih, namun biasanya pastel putih masih memiliki warna lain meski dalam jumlah yang sedikit.

16. Lovebird Biru Cobalt

Memiliki warna biru tosca yang begitu cerah, Lovebird cobalt nampak seperti warna langit yang cerah. Jenis Lovebird ini terdiri dari warna yang beragam, namun yang paling banyak adalah cobalt personata dan cobalt fischer. Ciri fisiknya adalah memiliki leher, paruh dan dada berwarna putih dengan tudung pada kepada berwarna hitam pekat atau gradas. Pada ujung sayapnya juga terlihat warna hitam dan pada bagian matanya memiliki kacamata berwarna putih.

17. Lovebird Violet

Di atas sudah dibahas beberapa poin tentang Lovebird violet yang memiliki warna biru keunguan dan menyerupai biru cobalt atau biru mangsi. Namun harga jenis Lovebird ini jauh lebih mahal jika dibanding dua jenis burung sebelumnya. Pada bagian tubuh dan sayap, burung ini memiliki warna violet atau biru gelap keunguan, sedangkan pada bagian leher dan dada memiliki warna putih. Nah, untuk kepalanya, burung ini memiliki tudung hitam dan berparuh putih, serta kacamata yang juga berwarna putih. Yang menarik disini ialah ujung sayap, kaki dan punggung yang memiliki warna hitam pekat sehingga membuatnya terlihat lebih elegan.

18. Jenis Lovebird Batman

Sekilas nama burung ini seperti superhero di TV bukan? Ya, jenis Batman ini cukup digemari, sebab memiliki tampilan yang begitu khas dengan tudung dan sayap hitam khas Batman. Untuk bagian tubuhnya sendiri, burung ini berwarna abu-abu muda. Pada bagian matanya, burung Lovebird memiliki mata yang begitu bulat dengan warna hitam dan kacamata putih. Paruhnya pun begitu lengkung dengan warna putih kekuningan. Kemudian pada bagian leher memiliki warna putih yang mengalung layaknya kalung jenis Lovebird umum.

19. Lovebird Merah

Jenis ini termasuk salah satu jenis paling langka dibandingkan  jenis lainnya. Sebab keberadaannya juga masih dipertanyakan hingga saat ini. Meski demikian, pernah diketahui bahwa Lovebird Merah ini memiliki ciri khas warna tubuh merah menyala agak orange. Kemudian di bagian ekor dan punggungnya memiliki gradasi warna kuning soft. Sedangkan untuk bagian sayapnya, terdapat warna putih yang menjadikan tampilannya terlihat begitu cantik.

20. Lovebird Olive

Ini merupakan jenis burung lovebird hasil rekayasa genetika, sehingga menghasilkan  burung dengan bulu yang begitu unik khas ras olive. Biasanya, jenis Lovebird olive ini dihiasi dengan warna hijau agak gelap dan kuning cerah. Sedangkan untuk sayap dan punggung berwarna hijau gelap. Biasanya pada sayapnya juga berwarna kuning cerah dan warna hitam pada bagian ekor. Jenis Lovebird ini juga memiliki kalung berwarna kuning dengan paduan tudung kepala hitam pekat. Untuk bagian matanya, burung ini berwarna hitam dengan kacamata putih.

21. Lovebird Parblue

Selanjutnya adalah jenis Lovebird Parblue yang merupakan salah satu jenis Lovebird dengan varian warna paling beragam. Yang menarik dari burung ini adalah warna wajahnya yang kuning menyala. Sehingga dengan tampilan ini, membuat lovebird parblue seakan nampak selalu ceria. Namun, Anda juga bisa menjumpai Lovebird Parblue dengan warna wajah hitam pekat. Varian warna ini dihasilkan akibat rekayasa yang dilakukan. Contohna adalah adanya warna sayap yang terdiri dari warna biru keputihan ataupun kekuningan dengan bagian ujung berwarna hitam. Burung jenis ini, sangat banyak ditemukan di Amerika, dan dengan harga yang cukup tinggi tentunya.

22. Lovebird Halfsider

Burung lovebird ini masih satu jenis dengan Lovebird Blorok. Burung yang memiliki keunikan pada warna bulunya ini cukup banyak menarik perhatian pecinta burung. Nah, jika dibandingkan dengan jenis Lovebird lain, halfsider merupakan salah satu yang menarik. Mengapa? Sebab burung ini merupakan hasil rekayasa genetika antara burung paruh merah dan burung paruh putih. Selain itu, gradasi warna pada bagian tubuh Lovebird halfside juga terbagi menjadi dua bagian rata. Gradasi warna pada burung ini juga unik, karena dominasi warna ada pada sisi kiri dan kanan saja. Untuk variasi warnanya sendiri cukup beragam, seperti pastel kuning, hijau, kuning juga ada pastel biru.

23. Lovebird Dakocan

Nah, nama lovebird ini pasti sudah tidak asing bukan? Siapa sangka jika nama ini juga digunakan untuk nama seekor Lovebird. Ciri fisik Lovebird dakocan ini diantaranya adalah dominasi warna hijau pada bagian tubuhnya, serta warna kuning hingga orange di lehernya. Beberapa varian dakocan juga memiliki warna biru yang berkombinasi dengan leher berwarna putih. Untuk bagian kepalanya, terdapat tudung berwarna hitam lengkap dengan kacamata warna putih. Paruh Lovebird jenis ini adalah merah dan ekor berwarna hitam.

Nah, itulah beberapa jenis burung lovebird yang ada di dunia. Mungkin info diatas dapat dijadikan referensi bagi Anda sebelum membeli burung. Namun ingat, jangan rawatlah burung tersebut dengan baik.

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by