Tahapan dan Cara Berbisnis Bangun Aplikasi

Tahapan dan Cara Berbisnis Bangun Aplikasi

Tahapan dan Cara Berbisnis Bangun Aplikasi

Jika Anda memiliki kemampuan yang tidak banyak dikuasai orang lain dalam hal teknologi dan aplikasi, ini bisa menjadi peluang besar untuk memenuhi kebutuhan sebagian kalangan guna memudahkan kegiatan sehari-hari. Namun, harus mengetahui cara berbisnis bangun aplikasi ini dengan baik dan benar. Baik aplikasi berupa pendidikan maupun aplikasi-aplikasi lain seperti aplikasi download video. Lantas, bagaimana cara menjalankannya?

Ciptakan Dahulu Aplikasi Bisnis yang Diinginkan

Bagi pemula, langkah paling tepat jika ingin membuat aplikasi bisnis tanpa pengetahuan koding yaitu dengan menggunakan tool tertentu. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyesuaikan keinginan namun memiliki tampilan dengan ciri khas berbeda dengan kompetitor lain.

Sebelum melakukan hal tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti:

  1. Tentukan Tujuan dan Konsep Aplikasi Bisnis Anda

Dalam membangun aplikasi bisnis yang akan dijalankan, selain mengerti teknis, juga harus memiliki tujuan. Artinya, jika ingin mendirikan perusahaan dengan baik maka membutuhkan penciptaan daya tarik pelanggan. Salah satunya dengan menciptakan platform simpel dan fleksibel.

Saat menentukan tujuan membuat aplikasi bisnis sesuai keinginan, perlu dibarengi dengan menyertakan konsepnya. Mulai dari desain tampilan aplikasi, fitur-fitur di dalamnya, layanan untuk pelanggan atau lainnya. Buat secara lengkap, sebab ini yang akan menjadi acuan utama.

  1. Pilih Tool yang Sesuai dan Gunakan Parallel Space

Dalam pembuat aplikasi bisnis, tersedia banyak tool yang bisa digunakan tanpa memerlukan koding. Pilih tool terbaik dan mudah digunakan agar pengguna cepat mengerti dan nyaman dengan aplikasi.

Cara membuat aplikasi menggunakan parallel space, yaitu dengan memodifikasi atau merubah tampilan dari aplikasi yang sudah diinstall di sana. Pastikan juga sudah menginstallnya di Android, kemudian unduh juga tema menarik agar tampilan aplikasi Anda tidak membosankan.

Langkah selanjutnya, yaitu membuat cloning aplikasi, kemudian pilih tema yang akan digunakan dan klik aktifkan. Jika sudah, Anda perlu memastikan lagi apakah tampilan aplikasi sudah berubah. Setelahnya, aplikasi bisnis sudah dapat dijalankan.

  1. Upload Aplikasi di Platform Resmi

Setelah aplikasi bisnis jadi, Anda perlu mempublish atau upload ke Play Store. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi sudah dibuat secara sempurna. Kemudian pilih default language dan tuliskan judul menarik dengan kalimat yang singkat dan mudah diingat.

Klik tombol upload Apk kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. Lalu masuk ke listing agar bisa melihat informasi lengkap berkaitan dengan aplikasi. Anda juga dapat mengaturnya jika ingin dibuat gratis atau berbayar. Namun, pengaturan ini berlaku selamanya dan tidak dapat diubah kembali.

Kenalkan Aplikasi Anda pada Kalangan Umum

Dengan membuat aplikasi sendiri, belum tentu langsung dikenal banyak orang. Namun, ada cara-cara khusus yang harus dilakukan agar membuatnya lebih familiar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pakai Terlebih Dahulu dan Beritahu Beberapa Orang

Untuk mengajak orang lain memiliki aplikasi buatan Anda, pemilik harus terlebih dahulu menggunakan agar bisa menjelaskan kelebihan dan keuntungan saat pemakaian berlangsung.

Cara promosi pertama yaitu dari mulut ke mulut, Anda bisa mengajak mulai orang-orang terdekat terlebih dahulu untuk bergabung dan menggunakan aplikasi bisnis itu. Kemudian, minta mereka untuk mengirimkan testimoni penggunaan aplikasi dan ikut menyebarluaskan ke khalayak.

  1. Launching di Depan Umum

Cara ini memang membutuhkan modal tidak sedikit, tetapi efek atau hasilnya akan lebih terlihat yaitu pengguna aplikasi dapat meningkat drastis. Acara launching ini dapat disiasati dengan mengundang banyak orang berdasar target sasaran.

Dengan meresmikan aplikasi dan mempresentasikannya di depan tamu yang hadir, Anda bisa mengajak mereka untuk mengunduh aplikasi tersebut. Langkah berikutnya, ajar dan pandu secara langsung terkait cara mengoperasikannya.

  1. Gunakan Jasa Endorse

Cara kekinian yang banyak dilakukan bagi pebisnis biasanya membayar seorang influencer terkenal. Baik itu melalui youtuber atau selebgram ( julukan bagi pengguna instagram dan youtube terkenal ), dapat efektif meningkatkan pengguna aplikasi melalui followers mereka.

Mulai Lakukan Merekrut Tim

Untuk menjalankan binis lebih optimal, Anda pasti bisa melakukannya dengan bantuan tim yang kuat. Paling sedikit, ajak saja 2 hingga 3 orang untuk bergabung dan pastikan mereka memiliki visi-misi sama, yaitu mengembangkan aplikasi bisnis tersebut.

Selain itu, proyek aplikasi yang dibuat akan lebih cepat selesai bila dikerjakan bersama-sama. Dengan adanya tim, Anda dapat membagi tugas kepada mereka mulai dari pemrograman aplikasi, pemasaran, hingga mengatur keuangan yang masuk.

Dapatkan Keuntungan Melalui Aplikasi Bisnis

Bisnis dengan membangun aplikasi terbilang menjanjikan untuk saat ini, sebab kemajuan teknologi membuat daya minat masyarakat semakin meningkat. Lantas, cara apa saja yang bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini?

  1. Menjual Aplikasi ke Client

Layaknya marketing, Anda perlu mencari perusahaan yang membutuhkan aplikasi rancangan untuk mendukung proses usaha mereka. Walaupun Anda mendapatkan bayaran setimpal, namun hak milik aplikasi akan sepenuhnya atas nama perusahaan yang membeli.

Cara ini bisa dilakukan apabila Anda dan tim memang bertujuan untuk membuat banyak aplikasi kemudian menjual ke pihak-pihak tertentu. Namun, kreatifitas tinggi dibutuhkan karena setiap pihak pemesan memiliki kriteria masing-masing.

  1. Menjual Aplikasi ke User

Cara kedua ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menjadikan aplikasi sebagai milik pribadi, untuk mendapatkan keuntungan lebih bisa dilakukan dengan membandrolnya dengan harga tertentu. Misalnya, setiap penguduhan dikenakan tarif sebesar Rp.1.000,-.

Dengan begitu, keuntungan akan terus mengalir sesuai jumlah pengunduh aplikasi tersebut. Salah satu poin yang perlu diperhatikan yaitu, platform buatan Anda harus dibuat semenarik mungkin dan tepat sasaran. Karena jika biasa saja, banyak komentar negatif yang berterbangan di kolom komentar.

  1. Menerapkan Biaya Langganan

Berikutnya, Anda dapat membuat aplikasi dilengkapi sistem langganan. Sehingga, para pengguna harus melakukan pembayaran untuk memperpanjang masa aktifnya. Bisa tiap bulan, 3 bulan sekali atau durasi tertentu.

Agar pelanggan lebih tertarik, selipkan fasilitas kenyamanan tanpa iklan yang menggangu. Ini karena, kebanyakan pengguna rela mebayar mahal hanya untuk menikmati aplikasi tanpa gangguan iklan yang muncul.

  1. In-App Purchase

Bila jenis aplikasi yang Anda buat berjenis game atau permainan, bisa ditambahkan beberapa item berbayar seperti karakter super di dalam permainan yang memiliki kekuatan lebih. Atau cara ini juga bisa diterapkan untuk jenis aplikasi belajar online.

  1. Pasang Iklan

Jika aplikasi Anda sudah cukup diminati masyarakat serta tidak menerapkan biaya langganan, maka sediakan layanan pasang iklan. Sebab banyak pihak sponsor yang rela membayar mahal hanya untuk mengiklankan produk miliknya.

Untuk menerapkan cara ini, aplikasi buatan Anda harus memiliki marketing yang luar biasa agar bisa dikenal oleh seluruh penjuru dunia. Karena perusahaan yang ingin menaruh sponsor pasti memilih platform yang terkenal agar efektif dalam mempromosikan iklannya.

Sekarang peluang bisnis semakin luas, Anda dapat mempelajari cara berbisnis bangun aplikasi dengan mudah dan bisa mendatangkan passive income setiap waktu bila berhasil menarik banyak pengguna. Selengkapnya tentang aplikasi bisa dideres di web epressreleases.

4 Teknik Menjual Kaos Dakwah di Era Milenial

4 Teknik Menjual Kaos Dakwah di Era Milenial

4 Teknik Menjual Kaos Dakwah di Era Milenial

Bagaimanakah teknik menjual kaos dakwah yang paling jitu? Pertanyaan yang paling sering muncul dibenak para pebisnis adalah cara penjualan yang paling tepat. Beda produk tentunya beda segmen, beda target market. Kaos dakwah target marketnya tentu saja kaum muslim. Terutama anak-anak milenial. Yaitu mereka yang lahir di tahun 80-an sampai 2000-an.

Kaos adalah pakaian yang user friendly. Pakaian paling nyaman digunakan sehari-hari, terutama di Indonesia dengan iklim tropisnya. Pria, wanita, tua, muda, anak-anak, dari berbagai golongan ekonomi pasti menyukai kaos sebagai pakaian harian. Bukan hanya itu, kaos juga digunakan untuk seragam komunitas, instansi, sekolahan, bahkan cocok dijadikan sebagai souvenir.

Bisnis pakaian merupakan bisnis yang sangat menjanjikan. Pakaian dan fashion adalah kebutuhan pokok setiap orang. Bahkan penggunaanya lebih banyak mengikuti trend daripada fungsi dari pakaian itu sendiri. Bisnis pakaian selalu berkembang menyesuaikan dengan perubahan trend dan gaya hidup masyarakat. Setiap hari selalu muncul pebisnis baru yang secara langsung menjadi kompetitor.

Bisnis kaos dakwah menjadi kompetitor bisnis kaos pada umumnya. Kaum milenial yang lebih menyukai kaos distro, banyak beralih menggunakan kaos dakwah. Kecenderungan ingin tampil beda dan up to date dijadikan peluang bisnis kaos dakwah. Dimana desainnya berbeda dengan kaos pada umumnya. Berisi pesan positif seputar Islam, akhlak, aqidah, dan sebagainya.

4 Teknik Menjual Kaos Dakwah di Era Milenial

Manfaatkan Media Online Sebagai Teknik Menjual Kaos Dakwah

Perkembangan teknologi digital berimbas pada kecepatan akses informasi melalui internet di masyarakat. Melalui smartphone, orang bisa dengan mudahnya menemukan apa yang mereka cari. Bagi kaum milenial, smartphone dan sosial media adalah kebutuhan sehari-hari. Belajar, bekerja, bergaul, belanja bisa dengan mudah dan ringkas dilakukan dengan satu klik.

Kecanggihan media sosial saat ini mampu menggeser bisnis-bisnis retail konvensional. Kemudahan dalam bertransaksi menyebabkan orang lebih malas keluar rumah berbelanja dan mengantre. Mereka lebih memilih belanja secara online. Hal ini bisa dimanfaatkan sebagai salah satu teknik menjual kaos dakwah. Promosi bisa dengan mudahnya dilakukan melalui media sosial.

Membuat akun media sosial, lengkapi profil sesuai bisnis kaos dakwah, temukan teman sebanyak-banyaknya. Langkah selanjutnya posting produk-produk terbaru secara rutin dan berkala. Gunakan lebih dari 1 media sosial, misalnya facebook, intagram, twitter dan lainnya untuk mempromosikan kaos dakwah. Buka peluang dropship dan reseller, agar penjualan lebih cepat dan meluas.

Maksimalkan marketplace. Tempat bertemunya pembeli dan penjual online paling banyak terjadi di marketplace, seperti bukalapak, shoppee, tokopedia, olx dan sebagainya. Pembeli lebih merasa aman berbelanja di marketplace karena adanya jaminan barang pasti sampai dan kualitas yang terjamin. Terutama apabila Anda adalah pemain baru di bisnis online.

Teknik Menjual Kaos Dakwah secara Konvensional

Kaos dakwah tergolong produk baru, sangat dibutuhkan studi lapangan untuk mengetahui minat konsumen. Jangan ragu untuk membuka stand di event CFD (Car Free Day) di kota Anda. Biasanya tidak dikenakan sewa lahan untuk buka stand, hanya diharuskan membayar retribusi yang nominalnya relatif kecil. Buatlah stand yang berbeda supaya terlihat lebih menarik.

Teknik menjual kaos dakwah secara konvensional ini cukup terjangkau, tidak memerlukan biaya promosi yang besar. Bagi Anda yang baru merintis bisnis sangat menguntungkan. Ketika merintis bisnis tentu cost harus betul-betul diperhitungkan. Karena keuntungan dari penjualan pada masa awal merintis bisnis masih digunakan untuk menutup biaya produksi, belum mencapai BEP.

Selain CFD Anda bisa juga memanfaatkan event pameran. Tentu saja harus membayar sewa stand, tetapi masih cukup terjangkau dibanding Anda menyewa kios untuk membuka lapak. Promosi semacam ini sangat umum dan banyak dilakukan bagi pebisnis baru. Dinilai efektif dalam mengenalkan kepada masyarakat tentang produk yang mereka hasilkan.

Tak ada salahnya memberikan diskon pada awal masa promosi. Misalnya diskon 20% apabila membeli 5 potong kaos, atau beli 2 gratis 1. Siapa yang tidak suka diskon? Diskon merupakan salah satu cara jitu menarik pelanggan. Umumnya orang akan memilih membayar dengan harga termurah untuk kualitas produk yang sama.

Manfaatkan Komunitas

Bersilaturahim akan melancarkan rejeki, dan sebagai teknik menjual kaos dakwah yang jitu. Setiap orang pasti suka berkumpul membentuk suatu kelompok untuk berbagai tujuan. Atas dasar kesamaan rutinitas, kesamaan hobi, asal sekolah, asal kota, pekerjaan dan masih banyak lagi. Bergaul dan berkumpul tentu memberikan pengaruh positif di kehidupan setiap orang. Sebagai ajang silaturahim dan eksistensi.

Komunitas yang Anda miliki adalah pasar yang bagus. Cobalah menawarkan kaos dakwah di lingkungan terdekat Anda, misalnya sesama ibu-ibu PKK, orang tua murid di sekolah Anak, komunitas zumba, komunitas anggrek atau apapun yang Anda menjadi anggota didalamnya. Bisa dengan membawa sampel terlebih dahulu. Manfaatkan kedakatan pertemanan Anda sebagai penarik perhatian.

Setiap komunitas tentu akan mengadakan acara bersama seperti gathering, piknik, bakti sosial dan sebagainya. Anda bisa menawarkan pemesanan kaos seragam. Tawarkan dengan desain yang fleksibel sesuai tema kegiatan komunitas dan harga grosir. Karena tentu akan memesan dalam jumlah yang banyak, Anda tidak akan rugi. Dan sekaligus sebagai ajang promosi.

Teknik menjual kaos dakwah selanjutnya, bisa menawarkan jasa pembuatan souvenir. Kegiatan seperti lomba mewarnai di sekolah, jalan santai, ulang tahun anak, atau pernikahan umumnya menggunakan souvenir untuk kenang-kenangan. Pemesanannya tentu dalam jumlah besar. Peluang bagus untuk penjualan karena dengan sekali penawaran Anda akan mendapatkan keuntungan besar dan promosi yang luas.

Diri Sendiri sebagai Model dan Katalog Berjalan

Teknik menjual kaos dakwah sangat mudah cukup dengan bercerita. Baik melalui media sosial maupun secara langsung. Melalui sosial media, ceritakan mengenai kualitas kaos, desain yang unik, bahan yang nyaman, testimoni dari berbagai kalangan konsumen dan lain-lain. Dapat juga dilakukan dengan bercerita langsung kepada orang-orang sekitar yang sering ditemui.

Tidak perlu berapi-api menceritakan bagaimana bagusnya kaos yang sedang kita jual. Cukup dengan kita sebagai katalog berjalan. Sebagai penjual kita juga harus memakai kaos coba dipromosikan. Ajak juga keluarga, ayah, ibu, suami, istri, anak dan anggota keluarga lainnya untuk memakai kaos dakwah. Ini merupakan salah satu teknik soft selling.

Penampilan kita bisa jadi adalah inspirasi bagi orang lain. Anggaplah kita dan anggota keluarga sebagai model atau brand ambassador. Proses promosi terjadi dengan alami dan tanpa disadari. Kenakan kaos terutama untuk acara forum misalnya pengajian rutin hari minggu, pertemuan PKK, atau acara-acara lainnya yang memungkinkan interaksi dengan banyak orang.

Tunjukkan bahwa kita nyaman dan bangga mengenakan kaos dakwah. Kepercayaan diri ini akan memancarkan energi positif yang kemudian menarik perhatian orang yang melihat. Biasanya akan muncul keingintahuan, dari sini kita bisa mulai berjualan dan menjadi produsen kaos dakwah yang besar. Beberapa teknik menjual kaos dakwah yang sudah dipaparkan ini sangat murah dan mudah diaplikasikan.

Suryadin Laoddang; Dari Pedagang Kaki Lima, Pasar Malam Hingga Kampus Dosen Jualan

Suryadin Laoddang; Dari Pedagang Kaki Lima, Pasar Malam Hingga Kampus Dosen Jualan

suryadin laoddang

Mudah-mudahan, tulisan ini adalah kado terbaik yang pernah kami berikan. Sebab, kado ini bukan kado biasa, namun kado yang bisa diwariskan untuk cucu hingga cicitnya nanti— selagi tulisan ini masih ada.

Meskipun kami belum pernah sama sekali bertatap muka dengan beliau, namun kami sudah sangat tahu bagaimana luasnya ilmu beliau. Belum pernah berjumpa saja, berkahnya sudah menyebar kemana-mana, apalagi jika nantinya bertemu. Hoyag Jogja###

Sugeng ambal warsa ingkang kaping gangsal teruntuk Kampus Dosen Jualan, mudah-mudahan tanggal 1 Januari 2025 menjadi salah satu kampus terbaik di Indonesia. Untuk bernostalgia, kami hadirkan kisah singkat perjalanan Suryadin Laoddang. Tulisan ini diserat oleh salah satu tim kami, mudah-mudahan bisa diambil sisi positif semangat kerja kerasnya.

Profil Suryadin Laoddang

Suryadin Laoddang merupakan seorang konsultan digital marketing yang telah berhasil mendirikan lembaga pelatihan yang bernama Kampus Dosen Jualan. Melalui lembaga ini, anak bangsa dididik untuk bisa lebih mandiri menghasilkan lewat Online Marketing.

Kampus Dosen Jualan cukup sukses dan banyak peminatnya, sebab beliau dalam sistem pelatihannya memberikan tugas kepada peserta langsung praktek di tempat. Jadi siapapun yang mengikuti pelatihan di Kampus Dosen Jualan, bisa dipastikan langsung dapat terjun di bidang Digital Marketing.

Suryadin Laoddang mampu menciptakan tim yang solid dan terpercaya. Pemberian materi bisa diserap dengan cepat oleh para peserta; misalnya saja pengelolaan optimasi website. Tim yang dimiliki sangat kompak dan memiliki hubungan yang erat. Ada energi semangat yang tertular dari keikhlasan dan semangat para tim yang dibina.

Beliau selain berhasil dalam mendirikan Dosen Kampus Jualan juga bisa dibilang seorang pakar workshop. Berkat perjuangan keras, akhirnya gelar trainer dan pembicara digital terbaik di Indonesia sudah pantas beliau sandang. Ada banyak kisah menarik dari perjuangan beliau sampai pada akhirnya sesukses ini.

Mengulik Kisah Hidup Perjalanan Seorang Laoddang

Keberhasilan tidak lepas dari perjuangan tangguh semasa hidupnya. Meskipun cacian, pengkhianatan, perlakuan tidak adil serta hinaan datang secara bertubi-tubi kepada beliau, tantangan tersebut tidak menggentarkan semangatnya untuk terus maju. Beliau merupakan orang yang penuh percaya diri bahwa di masa depan akan sukses.

Pengalaman pahit yang dirasakan menjadi pecut bagi dirinya untuk merubah nasib menjadi lebih baik. Jika melihat riwayat pendidikan beliau,sangat patut dicontoh bagi generasi muda sekarang. Sewaktu masih muda, beliau sempat mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan sekolah di Belgia.

Namun, kesempatan emas tersebut sudah cukup untuk membanggakan kedua orang tuanya bahwa beliau adalah seorang anak yang cerdas dan berprestasi. Alasan ketidakberangkatan beliau adalah karena baktinya kepada orang tua yang lebih memilih tetap tinggal di Jogja sesuai dengan amanah dari Ibundanya.

Jejak Tapak Jiwa Kewirausahawan Sang Laoddang

Suryadin Laoddang memulai bisnis di dunia online mulai dari tahun 1998. Aplikasi yang digunakan waktu itu yaitu MRIC dengan menjual karyanya sebesar Rp 15 ribu – Rp 25 Ribu. Nominal segitu cukup besar kalau dibandingkan zaman sekarang. Jika boleh diumpamakan, waktu itu di tahun 1998 harga gorengan masih 100-200 rupiah.

Meskipun cita-cita beliau sebagai pengusaha, namun beliau sempat juga berkarir terlebih dulu di Jogja. Beliau sempat menjadi staff akademik di pusat pendidikan sistem Indonesia, staff akademik di pusat akuntansi Indonesia Yogyakarta, staff operasional di Comprance Yogyakarta, Staff utama pada POLTEKNES  dan masih banyak lagi riwayat kerja beliau.

Dari sederetan riwayat kerja yang pernah beliau lakukan, sejak dulu beliau sudah menekuni dunia bisnis dan perdagangan. Beliau termasuk tipe seorang pengusaha yang memiliki jiwa keras dalam meraih apa yang menjadi impiannya. Terbukti, dengan hadirnya cathering kue basah tradisional yang waktu itu menjadi salah satu bisnis beliau di Jogjakarta.

Jenis usaha yang lainnya beliau sempat merintis jasa tour, memiliki konveksi mukena, menjadi pedagang kaki lima, mendirikan warung makan dan pernah juga berdagang di pasar malam. Kalau di zaman sekarang mungkin sangat sulit ditemukan anak muda yang mau bekerja keras dan berdagang di pasar malam.

Jangan kalian kira semua usaha yang pernah dirintisnya berjalan dengan mudah. Ada saja cibiran dari teman, tetangga dan orang yang kurang suka dengan beliau. Entah karena iri dan dengki melihat semangat beliau untuk menjemput kesuksesan atau alasan lain, beliau sendiri kurang paham. Tapi hal itu menjadikan semangat beliau semakin terbakar untuk membuktikan bahwa kesuksesan ada di depan mata.

Bentuk Kepedulian Suryadin Laoddang Terhadap Anak Muda Indonesia

Berbekal pengalaman pahit dan sepak terjangnya dalam menjalani bisnis offline dan sulitnya mencari kerja membuat beliau berkeinginan untuk mencetak generasi muda Indonesia menjadi pebisnis. Berawal dari hal tersebut, beliau akhirnya mulai menularkan ilmu kepada orang-orang yang yang mau merubah nasibnya dan ingin mengikuti jejak kesuksesannya menjadi pebisnis.

Seminar, workshop dan pelatihan mulai beliau adakan agar apa yang beliau miliki bisa lebih bermanfaat untuk kepentingan banyak orang. Sungguh mulia memang tujuan beliau dan sangat cocok dijadikan panutan dan tauladan. Bukan hanya sebatas itu saja, beliau juga aktif dalam menulis buku untuk diterbitkan. Tujuan beliau tidak muluk, hanya agar ilmunya bisa lebih menjangkau banyak orang dan banyak kalangan.

Keaktifan beliau  menjadi pembicara internet marketing di mulai tahun 2013. Sebelumnya beliau masih mengurusi berbagai bisnis yang beliau jalani. Dari kepiawaian dalam memberikan training menjadikan beliau diundang ke banyak acara dan mengadakan pertemuan bisnis. Banyak yang terinspirasi dari kisah perjalanan beliau sampai ada yang menyempatkan waktu dari luar kota dan daerah untuk diskusi dan mengikuti seminar yang beliau adakan.

Memang sungguh pencapaian yang luar biasa dengan perjuangan yang keras beliau bisa menjadi kiblat bagi anak muda yang bermalas-malasan, gaptek, dan tidak bisa bisnis menjadi pribadi yang lebih produktif dan mampu menciptakan peluang sendiri melalui digital marketing.

Nah dari sinilah Kampus Dosen Jualan mulai dicetuskan. Sebelumnya, nama lembaga pelatihan ini bukan Kampus Dosen Jualan, melainkan Kampus Sekolah Digital Marketing. Tapi memang banyak yang mengenalnya dengan nama Kampus Dosen Jualan. Dari lembaga yang didirikan, tentu banyak memberikan manfaat yang besar kepada para anak bangsa guna mengembangkan bakat terpendam yang selama ini masih terkubur dan tidak tahu bagaimana cara menyalurkannya.

Rancangan Program Pendidikan Suryadin Laoddang

Untuk jangkauan yang menjadi target beliau bukanlah dari kalangan anak muda dan mahasiswa saja. Tapi target beliau adalah semua orang baik laki-laki atau perempuan, baik dari kalangan mahasiswa atau orang awam dan dengan latarbelakang apapun. Dengan begitu, membuat beliau berpikir keras untuk membuat sebuah rancangan sistem pendidikan yang bisa mudah dipahami dan bisa diterima semua kalangan.

Dengan materi yang berat mampu dibuat rancangan program yang standar mulai dari teknik, keilmuan sampai pada akhirnya ke praktek. Perjuangan dan usaha keras beliau membuahkan hasil dengan lahirnya para pebisnis baru yang masih muda dan dari latar belakang yang berbeda.

Hal ini dapat dibuktikan dengan agenda beliau yang sangat luar biasa sibuk untuk mengisi pelatihan dan menjadi pembicara di kalangan mahasiswa, untuk pendampingan bisnis UMKM dan berbagai pelatihan lainnya di seluruh Indonesia. Lembaga pendidikan yang beliau dirikan sampai sekarang sudah ada 3 tempat yang ada di Jogja.

Untuk Biodata lengkap beliau adalah sebagai berikut:

Nama Lengkap                                   : Suryadin Laoddang

Nama Panggilan                                 : Adin

Tempat, Tanggal Lahir                        : Callaccu (Sul-Sel), 08 Oktober 1979

Alamat                                                : Jalan Wonosari KM. 10,5 Babadan RT 01 RW 01 Nomor 4 Sitmulyo Piyungan Bantul Yogyakarta

Penulis Biografi

Penulis Biografi

Tak Semua orang sempat membayangkan rule master plan di dalam hidupnya. Barangkali karena sibuk pekerjaan, urusan ini itu dan lain sebagainya. Namun bagi mereka yang memiliki waktu 24 jam, justru waktu-waktu tersebut biasanya disibukkan dengan rencana masa depan. Hari ini adalah finish, esok hari adalah hari sesungguhnya.

Dengan mempelajari biografi orang lain, sebenarnya kita juga sedang mengamati biografi diri sendiri. Di umur yang relatif masih muda, kegiatan spektakuler seperti apa yang akan dilakukan. Akankah membangun ini, memberikan fasilitas itu, membantu sana, pionir sini dan lain sebagainya. Semuanya akan membentuk sebuah biografi diri kita masing-masing.

Biografi dan Masa Senja

Salah satu dosen kami mengatakan dengan sejujurnya bahwa ketika ia mulai beranjak umur sekian……. Beliau menyadari bahwa ketika berbicara sering terlupa waktu. Ia bilang, memang nalurinya sudah berubah. Jika dahulu nalurinya mendengarkan, maka saat ini nalurinya ingin selalu ingin didengarkan. Tak heran jika ia selalu bercerita sampai lupa waktu.

Kisah di atas sangatlah positif sebab dosennya memang mempunyai mahasiswa yang notabene sudah dianggap layaknya anak sendiri. Bagaimana dengan orang-orang yang memang tidak seberuntung dengan beliau? Misalnya saja ada orang tua yang memang tidak pernah bertemu dengan anaknya lantaran kesibukan, atau karena memang si anak tidak suka mendengarkan cerita.

Di sinilah pentingnya sebuah biografi perjalanan hidup. Dengan biografi, seseorang bisa menceritakan pengalaman semasa hidupnya, perjalanan hidup menarik, hikmah-hikmah yang bisa diambil bagi keluarga, anak, cucu dan cicitnya. Dengan buku biografi, seseorang tidak harus banyak berbicara, pun tidak harus khawatir jika sudah tidak bisa berbicara karena buku biografinya akan senantiasa ada.

Penggalian Biografi

Bagi seorang penulis, cukup banyak yang bisa dilakukan untuk menggali biografi. Beruntung jika Anda memiliki atau dekat dengan seorang penulis, sebab ia pasti tahu kisah-kisah menarik yang pernah Anda alami. Dengan banyak berbincang, bertemu dan dalam 1 acara, feel-nya akan terasa lebih dapet. Oleh sebab itu, ada baiknya penulis biografi adalah mereka yang sudah bertahun-tahun bersama mereka, minimal 1 tahun.

Cara yang lain bisa dilakukan dengan wawancara dengan kerabat dekat, teman, saudara hingga partner hidupnya jika perlu, baik dalam urusan bisnis maupun keluarga. Dengan mengambil sudut pandang dari orang lain, kisah-kisah menarik akan lebih terangkat.

Lebih menarik lagi jika ada 1 masalah besar yang diungkap, dengan demikian, tokoh dalam biografi tersebut memang benar-benar sebagai tokoh utama. Bagaimana cara menghadapi masalah, menemukan solusi, saat marah, saat ramah dan semua sifat yang dimilikinya.

Meskipun tulisan biografi adalah tulisan riwayat hidup seseorang yang penuh dengan subektifitas penulis maupun tokoh, namun jangan lalaikan bahwa tulisan yang baik adalah tulisan yang jujur, apa adanya.

Tips Menulis Biografi

  1. Padukan unsur penulisan sastra dengan ilmu pengetahuan atau latar belakang tokoh
  2. Pikat pembaca sejak paragraf awal, bahkan sejak cover. Gunakan bahasa populer, menyentuh, indah sekaligus ada nilai-nilai kesejarahan yang penting.
  3. Bumbui tulisan dengan narasi, deskripsi, dialog hingga kata-kata ungkapan seperti quote dari si tokoh
  4. Gambarkan sedetail-detailnya bagaimana karakter, gaya bicara dan keunikan tokoh
  5. Tambahkan values kehidupan baik dari prinsipnya, kegigihan hingga inspirasi-inspirasi
  6. Lindungi apa saja yang bersifat privasi. Pilih data-data yang tepat mana untuk publik dan mana untuk privasi.

7 Cara Survive Belajar IM bagi Newbie

Belajar IM

Belajar IM (Internet Marketing) itu tidak mudah. Terlebih jika kita minim finansial. Ada banyak trial eror yang harus kita lalui. Bahkan, tak jarang pula keluar biaya tak sedikit, baik biaya berupa uang, pengorbanan waktu atau pengorbanan tenaga karena harus sambil nguli. Tak sedikit mereka yang menyerah, namun juga tak sedikit mereka yang mampu bertahan.

7 Cara Survive Belajar IM

Newbie Belajar IM

Oleh sebab banyak yang mengalami nasib sama, penulis hadirkan cara-cara survive yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

1. Kuasai teknik jurnalistik terlebih dahulu, sebab nalar SEO hampir sama dengan nalar jurnalistik. Tulisan juga salah satu nyawa SEO, jadi kuasai betul sebelum ke yang lain. Coba perhatikan, siapa suhu, mastah, master dan Soultan yang tidak bisa menulis? Hampir semua bisa dan punya karya buku lho.

Menulis juga sangat penting untuk berkontribusi dalam memperkuat struktur website. Dengan lihai menulis, Anda bisa membentuk sebuah struktur website yang kuat melalui internal link-nya dahulu. Jika Anda bisa mempraktekkan ini secara serius, tentu dalam hal posisi di Google aka nada beberapa keyword yang ada di halaman 1.

2. Cari peluang pendapatan harian. Ini berfungsi untuk ketentraman hidup Anda. Paling tidak, jika Anda mau makan, Anda tidak bingung hari ini mau bayar menggunakan uang siapa. Misalnya, Anda bisa buka jasa penulis artikel dengan bekal skill yang diberikan oleh guru Anda. Atau, Anda bisa buka jasa rekber (rekening bersama), jasa tukar dan pembayaran uang melalui paypal, jual adsense, jual blog dan masih banyak lainnya.

3. Cari peluang pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan. Yang ini Anda bisa usaha sendiri dengan produk atau jasa lainnya. Saran kami, untuk pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan, Anda bisa membuat semacam peta bisnis Anda. Dengan demikian, Anda sudah mengerti mana bisnis yang bisa menghasilkan uang atau perputaran uangnya sesuai perputaran waktu di atas.

4. Dengan hasil dari poin ketiga dan keempat, sisihkan pendapatan untuk ikut workshop, privat atau pelatihan-pelatihan IM. Dekati guru-guru IM di mana dan siapapun dia. Minta tolong kepadanya agar turut merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

5. Belajar harus sabar, sedikit-dikit saja, tentu dengan guru-guru yang berbeda. Walaupun hari ini kita tidak merasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa suatu saat ilmu tersebut akan sangat berharga. Kita hanya butuh berpikir sebentar untuk meng-integrasi-interkoneksikan keilmuan yang sudah kita pelajari sampai saat ini.

6. Jangan berhenti menuntut ilmu. Hari ini profit memang baik-baik saja, namun kita tidak tahu 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun berikutnya. Semakin banyak dan beratkah kompetitor, algoritma berubah dll. Jika terlena, bisa-bisa langsung KO.

7. Jangan lupakan ilmu yang dipelajari

*Lagi ngoreksi tulisan Artikel SEO milik sahabat.

 

Artikel HPK

Artikel HPK

artikel HPK

Kemarin, ada salah seorang sahabat FB yang ingin memesan HPK (High Paying Keyword) content. HPK content itu sendiri sebenarnya ada dua model, model pertama digunakan untuk paid traffick, sedangkan model kedua digunakan untuk visitor unique.

Kami memilih membahas model pertama, sebab model ini juga berkaitan dengan pertanyaan dari salah satu kawan kami, “Mas, bagaimana agar CPC saya tinggi?”

Pertanyaan ini mengingatkan kami tentang apa itu pengertian HPK dan apa fungsinya bagi internet marketer.

What is HPK Article?

Pengertian artikel HPK adalah jenis artikel yang digunakan untuk meningkatkan CPC di Adsense. Biasanya, teknik ini digunakan para pemain paid traffick, baik FB Ads to Adsense maupun Propeller to Adsense. Intinya, cara ini digunakan para IM yang ingin menukar traffick dengan segepok earning.

Dari pengalaman kami, artikel HPK itu sendiri cocoknya hanya ditempatkan di hosting hosted blogspot. Asumsi ini diambil karena memang kami sudah mencoba kedua platform yang sering digunakan, yaitu WordPress dan Blogspot. Di sisi lain, sebenarnya kami juga tidak jago koding, andai ada yang bisa koding menyesuaikan WordPress, tentu saja artikel HPK ini juga bisa diefektifkan.

Fungsi Artikel HPK

Salah satu fungsi artikel HPK itu sendiri cukup gamblang, yakni menaikkan CPC di Adsense. Caranya cukup simpel, cukup buat artikel yang isinya terdapat keyword-keyword yang mempunyai HPK, lalu letakkan keyword-keyword tersebut menjadi susunan artikel HPK di dalam tubuh postingan. Bisa juga menempatkan artikel HPK di sidebar maupun di footer— sesuai kebutuhan.

Tips CPC Tinggi

Salah satu hal yang perlu ditekankan dalam bermain paid traffick ini menurut kami adalah tingkat kerelevanan. Bagaimana sebuah tema artikel, HPK dan iklan sangat relevan. Dengan pathokan seperti itu, tampilan ads akan lancar alias tidak mudah nge-blank. Di sisi yang sama, kerelevanan juga bisa menghindarkan akun ads yang dinon-aktifkan.

 

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by