Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Asam Amino Esensial dan Non Esensial

Asam amino merupakan jenis gizi yang penting dan bagi tubuh manusia. Jenis nutrisi ini sangat penting karena memiliki peran utama sebagai proses penting pembentukan neurotransmitter, protein dan sintesis hormone. Secara umum Asam amino terdiri atas dua macam. Yakni asam amino esensial dan non esensial.

Lalu apa perbedaan keduanya? Temukan jawaban di bawah ini!

Pengertian AAE (Asam Amino Esensial)

AAE ialah suatu jenis nutrisi yang tidak diproduksi sendiri oleh tubuh manusia. Jadi untuk memperolehnya, seseorang wajib mengkonsumsi makanan yang mengandung protein asam amino ini. Berdasarkan pembentukan fungsi biologisnya asam amino esensial terbagi menjadi 9 jenis. Antara lain, lisin, leusin, valin, isoleusin, treonin, triptofan, fanilalanin, histidin, dan metionin.

Dari masing-masing nutrisi ini memiliki peran berbeda bagi tubuh. Seperti mendukung perbaikan otot, membantu mengoptimalkan fungsi otak dan kecerdasan, memperkuat daya tahan tubuh dan berbagai manfaat lain. Sumber protein asam amino ini dapat berasal dari protein nabati seperti kedelai, dan kacang-kacangan serta sumber hewani seperti daging, telur dan lain sebagainya.

Pengertian Asam Amino Non Esensial

asam amino memiliki toral 20 jenis. Sebelas diantaranya masuk dalam kelompok asam amino non esensial. Meski disebut nutrisi non esensial, namun kandungannya tidak kalah penting bagi tubuh. Nama non esensial diberikan mengingat jenisnya yang dapat diproduksi sendiri dari dalam tubuh manusia.

Sehingga seseorang tidak harus bersusah payah mencari dari sumber makanan atau minuman. Manfaat serta fungsinya juga beragam. Antara lain, untuk meningkatkan gairah seksual, melancarkan peredaran darah, membantu penyerapan mineral seperti halnya kalium, magnesium, dan kalsium.

Kemudian untuk meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penuaan dini, menurunkan tingkat depresi dan banyak lainnya. Meski dapat tubuh dapat memproduksinya sendiri. Nutrisi non esensial ini juga bisa berasal dari sumber makanan seperti kacang-kacangan.

Perbedaan jelas dari asam amino esensial dan non esensial pada dasarnya terletak pada metode mendapatkannya. Kedua jenis nutrisi ini sama pentingnya bagi kesehatan manusia. Karena semua protein serta nutrisi berperan aktif dalam proses di dalam tubuh. Seperti mendukung fungsi seksual serta pembentukan energy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *