Cara Membuat Pembelajaran Online yang Tepat dan Mudah

cara membuat pembelajaran online

Di masa pandemi seperti ini, banyak kegiatan sengaja dihentikan agar tidak memperluas penyebaran virus Covid-19. Meskipun begitu, sekolah membuat kebijakan bagi para muridnya untuk belajar di rumah. Sekarang, saatnya guru tahu bagaimana cara membuat pembelajaran online.

Cara Membuat Pembelajaran Online yang Efektif dan Menyenangkan

Bagi guru, mungkin sedikit sulit untuk membuat kegiatan belajar yang seru ketika murid diharuskan di rumah. Mereka juga tidak bisa memantau bagaimana anak-anak selama pandemi berlangsung. Berikut cara membuat pembelajaran tersebut efektif dan menyenangkan meskipun secara online.

1. Rencanakan Kegiatan yang Akan Dilakukan

Mengadakan pembelajaran online sebenarnya sama saja seperti Anda melakukannya secara offline di kelas atau lapangan. Bedanya, sekarang semua itu dilakukan lewat media lain dan guru harus membuat perencanaan tentang apa yang akan disampaikan pada murid-murid.

Perencanaan memang sesuatu yang penting dilakukan sebelum kegiatan belajar dimulai. Agar lebih menarik, Anda bisa melibatkan murid-murid untuk menyusun rencana belajar di sisa semester. Dengan begitu anak-anak jadi lebih bertanggung jawab atas jadwal mereka sendiri.

2. Pastikan Anak-Anak Mampu Beradaptasi

Membuat perencanaan bersama murid-murid memang menyenangkan. Harus diperhatikan untuk guru bahwa bahwa seluruh kegiatan yang telah disusun mampu mereka lakukan. Pastikan juga kalau semuanya masih bisa dilakukan dibawah kontrol masing-masing.

Hal ini dimaksudkan agar anak-anak bisa beradaptasi dengan jadwal yang mereka buat. Apakah dirasa terlalu membebani atau malah membuat murid-murid menganggap enteng pembelajarannya. Keadaan di rumah dengan kelas jelasnya memiliki banyak perbedaan.

3. Siapkan Bahan-Bahan yang Akan Diajarkan

Sama seperti di kelas, Anda juga harus menyiapkan bahan ajar apa saja yang harus disampaikan pada murid-murid. Bedanya, sekarang guru dituntut untuk lebih kreatif dalam menyampaikan materi ke anak didiknya. Hal ini ditujukan agar kegiatan belajar mengajar tidak membosankan.

Ada beragam materi menarik yang bisa Anda sampaikan ke murid-murid. Banyak eBook, PDF atau media lain seperti gambar, video dan audio tersedia di internet untuk menunjang cara membuat pembelajaran online tersebut agar semakin menarik.

4. Tentukan Media Pembelajaran yang Dipakai

Berbeda dengan pembelajaran di kelas yang bisa Anda disampaikan secara langsung melalui papan tulis atau LCD projector, sekarang karena keadaan seperti ini guru harus memikirkan media penyampaian lain agar anak-anak dapat menangkap materi lebih baik.

Kebanyakan guru memakai model video call sebagai penunjang penyampaian materi mereka. Ada banyak aplikasi yang bisa dipakai seperti Google Duo, Skype, FaceTime, Zoom, atau website pendidikan seperti Cimacnoticias dan masih banyak lagi. Semuanya sering digunakan karena mampu memuat banyak pengguna sekaligus.

5. Buat Tugas yang Fleksibel

Kondisi murid tentunya berbeda pada setiap wilayah. Anda tentu saja tidak bisa menyama ratakan semuanya, terutama ketika pemberian kuis. Kejadian mengerikan beberapa kali diberitakan terjadi selama pandemi hanya karena murid mencari sinyal ketika diberi tugas.

Anda harus memperhitungkan apakah di rumah murid tersebut ada sinyal atau tidak. Perhatikan pula waktu pemberian dan pengumpulannya, usahakan jangan mendadak. Berikan tugas yang sekiranya bisa mereka kerjakan tanpa membuat repot serta dapat dikumpulkan segera.

6. Berikan Alternatif Penyampaian Materi atau Tugas

Terkadang, guru juga disibukkan dengan hal lain ketika mereka diharuskan mengajar murid-murid. Anda bisa merekam materi lebih dulu lalu memberikannya pada siswa melalui WhatsApp atau aplikasi chatting lain yang support pengiriman video berdurasi panjang.

Dengan memanfaatkan rekaman seperti ini, Anda tidak perlu takut bahwa materi gagal tersampaikan. Pastikan video tersebut dibuat semenarik mungkin agar anak-anak antusias melihatnya. Jangan lupa, berikan sedikit kuis yang bisa mereka jawab di bagian akhir.

7. Pikirkan Ujian yang Tidak Memberatkan Murid-Murid

Memberikan ujian merupakan salah satu cara guru menilai pencapaian murid-murid terhadap materi yang telah diajarkan sebelumnya. Bisa dalam bentuk Ulangan Harian atau Semester. Di masa pandemi seperti ini, ada baiknya Anda memberi soal tanpa memberatkan siswa.

Beberapa guru memilih untuk membuat soalnya objektif lalu langsung mengirimkan jawaban lewat layanan chatting atau dibuat pilihan ganda dengan memanfaatkan aplikasi Google Form dan lainnya. Kalau begini, murid-murid tidak perlu bingung keluar rumah.

8. Pikirkan Tentang Penilaian Siswa

Bila sedang belajar di rumah seperti sekarang, bisa jadi guru lebih sulit untuk menilai siswa berdasarkan apa yang mereka kerjakan dan lakukan. Penilaian seperti ini harus dipikirkan matang-matang agar tidak mempengaruhi nilai-nilai sebelum pandemi.

Anda juga bisa berdiskusi dengan rekan-rekan guru lainnya terhadap penilaian yang dilakukan selama pandemi berlangsung. Biasanya sekolah mengeluarkan kebijakan sendiri-sendiri terkait hal ini agar tidak memberatkan siswa di rumah.

9. Berikan Refleksi Seperti Biasa

Selesai dengan ujian dan penilaian, biasanya guru akan memberikan refleksi terhadap apa yang siswa-siswi rasakan atau keluhkan ketika mempelajari suatu materi. Kali ini Anda bisa melakukannya secara online dan membuatnya jadi lebih mengasyikkan.

Anda bisa mengajak siswa-siswi melakukan permainan kecil lewat tayangan video call sambil mengulang sedikit pelajaran yang pernah mereka terima. Kegiatan seperti ini tidak perlu dimasukkan nilai karena kebanyakan hanya dijadikan cara agar murid tidak tegang.

10. Pantau Terus Perkembangan Murid Selama Pandemi

Tidak belajar di sekolah bukan berarti guru lepas tanggung jawab begitu saja pada anak didiknya. Anda sudah diberi amanah untuk mengajar dan mendidik murid. Kali ini sudah jadi tugas pengajar kalau mereka tetap dalam pantauan.

Mudah saja kalau memantau anak didik. Jadikan masa seperti sekarang untuk sekedar berkirim pesan lewat aplikasi chat di grup kelas sambil menanyakan adakah kesulitan yang mereka rasakan saat menerima materi seperti biasa. Dengan begitu, murid-murid tetap terkontrol.

Sebenarnya ada beragam cara membuat pembelajaran online yang bisa Anda coba dan kombinasikan sendiri sesuai kreatifitas. Semuanya tergantung bagaimana guru membuat suasana belajar di rumah seperti mereka sedang sekolah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu