Cara Menggunakan Adwords untuk Riset Kata Kunci

Jasa AdwordsCara Menggunakan Adwords untuk riset kata kunci memang sangat mudah karena ada menu tools dan keyword planner. Data kata kunci pada Adwords berdasarkan pencarian para pengunjung melalui mesin pencari Google.

Kita semua tahu bahwa 90% pengguna internet di Indonesia menggunakan mesin pencari Google untuk mencari sesuatu. Selain itu lebih dari 60% pengguna internet diseluruh dunia juga memanfaatkan halaman penelusuran Google untuk mencari apa saja yang mereka inginkan.

Tentu saja kita bisa mendapatkan semua data pengguna internet di Indonesia bahkan di dunia sehingga sangat mudah mengetahui kebutuhan para pengunjung. Hal ini akan membantu para pemilik produk yang ingin melakukan promosi dan membuat iklan lebih efektif dan tertarget.

Iklan yang ditayangkan pada mesin pencari Google akan lebih mudah untuk menghasilkan penjualan jika dibuat berdasarkan riset kata kunci. Iklan yang ditayangkan pada mesin pencari Google hanya akan diperlihatkan kepada para pengunjung yang relevan dengan kata kunci iklan.

Hal inilah yang membuat promosi melalui Google lebih mudah untuk ditangkap para pengunjung yang datang melalui mesin pencari. Mereka mengetikkan kata kunci pada halaman pencarian dan para pemasang iklan menyambutnya dengan promosi yang mereka tawarkan dihalaman utama.

Para pengunjung yang melihat iklan tersebut akan tertarik karena promosi yang ditawarkan sesuai dengan kata yang mereka cari. Hal inilah yang membuat iklan yang ditampilkan pada mesin pencari Google sangat mudah diterima para pengunjung dan lebih mudah untuk menjual.

Google memberikan kemudahan kepada para pemasang iklan untuk melakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum membuat iklan. Tentu saja para pemasang iklan harus mengetahui cara menggunakan Adwords untuk melakukan penelitian kata kunci agar iklan akan lebih tertarget.

Cara melakukan riset kata kunci melalui situs Adwords memang sangat mudah, cukup dengan login menggunakan akun gmail menuju halaman Adwords Google. Selain itu penelitian tersebut bersifat gratis dan bebas dilakukan siapa saja bagi mereka yang ingin memasang iklan atau tidak.

Tata Cara Menggunakan Adwords dan Menu Halamannya

1. Kunjungi Situs Adwords.Google.com

Bagi pengguna internet yang pertama kali menggunakan halaman Adwords, akan dihadapkan pada halaman pembuatan kampanye iklan. Hal ini sudah peraturan Google dan kita bisa mengisi kolom tersebut sebagai tanda masuk dan bebas diisi apa saja sebagai latihan pembuatan iklan.

Pada kolom budget bisa diisi dengan angka IDR 50 atau Rp.50ribu sebagai ilustrasi dari dana  iklan yang akan dibuat. Selanjutnya pada kolom lokasi bisa diisi dengan Indonesia sebagai tempat yang ditargetkan dimana nantinya iklan anda akan ditampilkan pada negara yang dipilih.

Pada kolom dibawahnya bisa diisi dengan kata-kata atau kalimat secara bebas agar bisa melangkah pada halaman berikutnya. Selanjutnya akan dihadapkan pada halaman selamat datang dan bisa melakukan klik pada tulisan biru “Skip the guided setup” untuk ke halaman berikutnya.

Halaman berikutnya adalah kolom selamat datang kedua yang berisi pilihan menu dialog alamat email, negara, zona waktu dan mata uang. Kolom email harus diisi dengan alamat email yang digunakan dan kolom dibawahnya berupa multiple choice atau pilihan data-data pemasang iklan.

2. Halaman utama

Pada halaman utama akan terlihat semua menu cara menggunakan Adwords seperti Home, Kampanye, Opportunities, Laporan dan Tools. Menu kampanye berisi halaman untuk pembuatan iklan dan pengelolaan semua jenis iklan yang akan dibuat serta dimana saja iklan ditampilkan.

Menu Opportunities berupa halaman mengenai score atau nilai iklan, jika score belum sempurna maka iklan belum bisa ditayangkan. Selanjutnya adalah menu Reports yang berisi mengenai laporan tentang iklan yang sudah ditayangkan dan bagaimana perkembangan iklan tersebut.

Sedangkan menu yang keempat atau terakhir yaitu Tools atau pengaturan yang memiliki banyak fitur untuk memaksimalkan pembuatan iklan. Fitur tersebut diantaranya Change history, Conversation, Attribution, Google Analytic, Google Merchant Center dan masih ada lainnya.

Fitu-fitur lainnya memang lebih banyak digunakan seperti Keyword Planner, Display Planner dan Ad Preview dan Diagnostic. Kita hanya fokus pada fitur keyword planner sebagai alat riset kata kunci untuk mencari apa saja yang menjadi trend atau kata yang banyak dicari pengunjung.

Tata Cara Menggunakan Adwords Untuk Riset Kata Kunci

Pada halaman keyword planner ada beberapa pilihan yang bisa digunakan untuk penelitian kata kunci dan kita memilih pada “Get search volume data and trends”. Selanjutnya akan terbuka halaman yang berupa kolom kosong untuk mengisikan beberapa kata kunci yang akan diriset.

Setelah mengisikan beberapa kata kunci pada kolom kosong tersebut, selanjutnya untuk mengatur kolom yang ada dibawahnya. Ada dua pilihan targeting sebagai tempat yang akan dibidik dan sumber datangnya pengunjung, apakah dari mesin pencari Google atau lainnya.

Disebelah kanan bawah ada pilihan Date range atau angka rata-rata pencarian bulanan dari para pengunjung yang mengetikkan kata kunci tersebut. Kita bisa memilih angka rata-rata pencarian bulanan dalam 12 bulan terakhir sebagai cara menggunakan adwords untuk kata kunci trends.

Tahap berikutnya adalah memencet tombol biru “Get search volume” untuk melihat hasil dari data pencarian kata kunci tersebut. Maka akan terlihat laporan angka rata-rata pencarian bulanannya dan tingkat persaingan kata kunci tersebut serta harga lelang pembuatan iklannya.

Hasil pencarian kata kunci tersebut berasal dari berbagai perangkat seperti komputer, laptop, smartphone dalam waktu 12 bulan terakhir. Jika menginginkan hasil laporan yang lebih spesifik lagi untuk setiap perangkat, maka perlu memilih fitur pencarian “Breakdown by device”

Agar setiap data kata kunci yang telah diteliti bisa tersimpan dalam komputer, sebaiknya mendownload hasil laporan tersebut. Tombol download berada disebelah kanan atas dan laporan tersebut akan tersimpan dalam bentuk file excel yang bisa disimpan dalam komputer atau laptop.

Untuk melakukan penelitian kata kunci lainnya, kita bisa mengetikkan kolom kosong paling atas dan memencet “Get search volume” untuk melihat hasilnya. Kita bebas melakukan penelitian dengan kata kunci yang lain sebanyak-banyaknya sebagai pedoman data dalam membuat iklan.

Semua orang yang menekuni bisnis online memang membutuhkan penelitian kata kunci menggunakan Adwords untuk mencari ide-ide kata kunci. Para ahli SEO dan internet marketer memang memerlukan riset kata kunci untuk menunjang keberhasilan usaha yang dijalankan.

Para blogger juga kerap melakukan penelitian untuk menemukan kata kunci yang banyak dicari ketika membuat artikel untuk mencari ide-ide tulisan. Hal ini agar tulisan yang dibuat bisa disukai para pengunjung karena tema tulisan dibuat berdasarkan kata kunci yang banyak dicari.

Google memberikan kemudahan kepada semua pengguna internet terutama mereka yang menekuni usaha online. Jadi kita telah mengetahui betapa pentingnya cara menggunakan Adwords untuk riset kata kunci agar bisnis online yang ditekuni bisa berkembang pesat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu