Tips Terhindar dari Hutang, Amalkan Doa Melunasi Hutang dari Rasulullah

Doa Melunasi Hutang

Namanya hidup pasti tidak lepas dari yang namanya masalah. Baik masalah ekonomi, masalah sosial, atau masalah lainnya. Banyaknya masalah dalam kehidupan terkadang membuat manusia merasa bingung, sedih, gelisah, dan membuat malas melakukan apapun. Termasuk masalah ekonomi yang biasanya karena terlilit hutang dalam jumlah banyak. Dalam artikel ini ada penjelasan mengenai doa melunasi hutang dari Rasulullah dan bahaya jika tidak segera melunasi hutang.

Kisah Sahabat Rasulullah yang Punya Hutang

Salah satu sahabat Rasulullah yang bernama Abu Umamah diketahui memiliki utang sehingga membuatnya selalu merasa sedih, malas, dan takut. Suatu hari ketika sedang tidak salat dan ia duduk termenung di dalam masjid dengan penuh kebingungan. Kemudian Rasulullah menghampiri dan menanyakan apa yang terjadi dengan sahabatnya itu. Ternyata Abu Umamah sedang terlilit hutang dan sulit untuk membayar utangnya tersebut.

Setelah Rasulullah mengetahui permasalahan yang dialami oleh Abu Umamah, kemudian beliau memberi amalan doa untuk menghilangkan kesulitan dan doa melunasi hutang. Berikut adalah doa bebas dari hutang yang diajarkan Rasulullah kepada Abu umamah dan bisa kita amalkan saat ini.

اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْهَمِّ وَالْحَزَنِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ الْجُبْنِ وَالْبُخْلِ وَأَعُوذُ بِكَ مِنْ غَلَبَةِ الدَّيْنِ وَقَهْرِ الرِّجَالِ

“Allahumma inni a’udzu bika minal hammi wal hazani wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasali wa a’udzu bika minal jubni wal bukhli wa a’udzu bika min ghalabatid daini waqahrir rijal.

Arti: “Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kebingungan dan kesedihan. Aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan dan kemalasan. Aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut dan kikir. Aku berlindung kepada-Mu dari lilitan utang dan kesewenang-wenangan manusia”.

Setelah Abu Umamah mengamalkan doa pelunas hutang yang ajarkan oleh Rasulullah ia pun bisa melunasi hutang hutangnya. Allah juga menghilangkan kesedihan, kemalasan, bingung, dan, kelemahan dan ketakutan dari dirinya.

Rasulullah juga mengajarkan kepada umat umatnya untuk membaca hasbunallah …. yang artinya… Untuk dibaca agar terbebas dari kegelisahan, dan kesulitan.

Dari kisah seorang sahabat Rasulullah di atas kita bisa belajar bahwa ketika sedang menghadapi permasalahan hidup yang membuat perasaan menjadi gelisah sedih atau bingung hendaknya serahkan segala sesuatunya kepada Allah. Yang bisa kita lakukan hanya berdoa dan memohon pertolongan kepada Allah. Sebab Allah merupakan sebaik-baik penolong.

Hutang Wajib Dibayar

Jika anda memiliki hutang niatkanlah agar segera melunasi hutang tersebut. Dosa hukumnya apabila tidak segera melunasi hutang-hutang kita. Apalagi jika terdapat perjanjian mengenai kapan waktu akan mengembalikan hutang yang dipinjam. Sehingga diwajibkan untuk membayar hutang tepat waktu. sudah terasa sulit untuk melunasi utang maka perlu untuk mengamalkan doa melunasi hutang.

Apabila hutang tidak segera dibayar dan malah uang tersebut digunakan untuk membeli kebutuhan yang tidak perlu, maka Anda harus tahu akibat dan bahaya dari hutang yang tidak segera dibayar.

Akibat dan Bahaya Hutang Tidak Segera Dibayar

Jika kita telah terlanjur berhutang, maka wajib bagi kita untuk melunasinya, sebab itu adalah kewajiban kita. Dilansir dari situs https://hidayatuna.com/ berikut adalah akibat serta bahaya jika kita tidak melunasi hutang yang kita pinjam.

Tidak Akan Masuk Surga Meskipun Mati dalam Keadaan Syahid

Jika anda memiliki hutang setelah untuk melunasinya. Karena apabila meninggal dunia dan masih meninggalkan hutang, maka seseorang tidak akan masuk surga. Meskipun kematiannya adalah mati syahid atau mati karena membela agama dan berjuang dijalan Allah. Hindarilah berhutang pada siapapun kecuali jika sangat terpaksa sekali. Apabila terpaksa berhutang maka rutinkan untuk membaca amalan pelunas hutang.

Bertemu dengan Allah sebagai Seorang Pencuri

Bagi orang yang sengaja tidak mau membayar hutang maka ia akan dicap statusnya sebagai pencuri ketika bertemu dengan Allah di akhirat nanti. Anda tentu tidak mau kan? jadi ketika memiliki hutang sebaiknya berusaha untuk segera melunasi hutang itu.

Nasibnya Digantung Di Akhirat

Nasib seorang penghulu tang yang tidak mengasihi hutangnya ketika di akhirat nanti nasibnya tidak jelas atau di gantung. Dia tidak akan dihukumi sebagai orang yang beruntung atau tidak beruntung. Nasibnya tidak jelas sampai hutang-hutangnya dibayarkan atau tidak.

Jadi kesimpulannya, jangan sampai kita tidak membayar hutang apabila memiliki hutang. Sebisa mungkin hindari berhutang kecuali kalau terpaksa. Orang yang memiliki hutang perasaannya selalu gelisah siang dan malam. Selalu amalkan doa melunasi hutang yang diajarkan oleh Rasulullah agar terhindar dan cepat melunasi hutang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu