File Word Hilang di Flashdisk dan Cara Mengembalikannya

File Word Hilang di Flashdisk

Ketika seseorang membuka flashdisk melalui PC ataupun laptop, biasanya data yang ada di dalamnya bisa hilang tanpa diketahui penyebabnya. Untuk itu, yuk cari tahu mengenai penyebab file Word hilang di flashdisk dan cara mengembalikannya.

Penyebab File Word Hilang di Flashdisk

Flashdisk merupakan salah satu media penyimpanan data yang cukup praktis karena ukurannya relatif kecil dan mudah dibawa ke manapun Anda pergi. Terkadang file di dalamnya dapat hilang akibat beberapa faktor, di antaranya yaitu:

1. Terserang Virus

Pernahkan Anda meminta sebuah file dengan mengcopy melalui laptop atau PC milik orang lain? Nah terkadang tanpa disadari hal tersebut akan berdampak pada data di dalam flashdisk dimana mereka dapat terserang virus.

Apabila PC tersebut diketahui telah terjangkit virus, maka secara otomatis akan masuk ke dalam flashdisk Anda dan dapat mengancam file yang ada. Hal tersebut biasanya membuat beberapa data File Word menjadi hilang bahkan rusak.

2. Flashdisk Dikeluarkan dari Port USB tanpa Mengklik “Eject”

Terkadang sebagian orang tidak mau ribet ketika mengeluarkan flashdisk dari port USB di PC memiliki untuk langsung melepasnya tanpa mengklik “Eject”. Ternyata hal tersebut dapat berakibat buruk pada file yang ada di dalamnya.

Jika terlalu sering melakukannya maka akan berdampak sistem tidak akan bisa membaca keberadaan flashdisk ketika dipasang pada port USB. Jadi, akan lebih baik apabila Anda mencopot benda tersebut sesuai dengan prosedur yang ada.

3. Flashdisk Terformat Secara Tidak Sengaja

Terkadang jika seseorang merasa bahwa seluruh file yang terdapat di dalam flashdisk sudah tidak penting lagi, maka mereka akan menformatnya secara langsung untuk menghapusnya. Hal tersebut dilakukan karena lebih cepat dan praktis.

Akan tetapi, jika mereka kurang teliti maka dapat menghilangkan file penting yang ada dalam flashdisk. Seperti halnya ketika Anda tidak sengaja menekan tombol format pada PC, alhasil data akan terhapus secara permanen.

Cara Mengembalikan File Word yang Hilang di Flashdisk

Hilangnya file Word yang ada di flashdisk memang sudah sering terjadi. Untuk itu, Anda perlu mengetahui bagaimana cara mengembalikan data tersebut jika dirasa sangat penting. Berikut beberapa cara melakukannya:

1. Menggunakan Aplikasi Glary Undelete v5.0

Cara mengembalikan file yang terhapus di flashdisk yaitu dengan menggunakan Glary Undelete v5.0. Aplikasi satu ini dinilai cukup baik untuk memunculkan kembali beberapa jenis data hilang diberbagai alat penyimpanan.

Glary Undelete v5.0 memiliki ukuran yang ringan dan interface simpel sehingga mudah digunakan. Akan tetapi, software ini hanya dapat digunakan untuk mengembalikan data pada PC atau laptop dengan sistem operasi Windows 8 dan Windows 10.

2. Menggunakan Aplikasi PhotoRec

PhotoRec merupakan software yang dapat digunakan untuk mengembalikan file pada sistem operasi Windows 8 ke atas, Mac OS X, DOS, dan juga Linux. Aplikasi ini dapat memunculkan kembali data dari berbagai macam perangkat berbeda.

PhotoRec diklaim dapat mendeteksi dan mengembalikan hingga lebih dari 400 jenis format file. Selain itu, aplikasi ini juga memiliki fitur “Unformat” yang bisa mendirektori file dalam flasdisk sehingga bisa menjadi seperti belum diformat.

3. Menggunakan Aplikasi Recover My Files

Menggunakan Recover My Files merupakan cara selanjutnya yang dapat Anda lakukan ketika akan mengembalikan file Word yang hilang. Ketika menggunakan software ini, pengguna diberikan dua opsi pencarian yaitu scan biasa dan deep scan.

Jika menggunakan scan biasa maka pencarian akan mencari dokumen Word, video, gambar, dan beberapa file lainnya dengan waktu yang cukup cepat. Sedangkan jika memilih opsi deep scan makan jenis data yang dicari lebih banyak lagi.

4. Menggunakan Aplikasi Remo Recover

Untuk mengembalikan beberapa file Word yang hilang, maka Anda dapat menggunakan software Remo Recover. Dimana pengguna bisa melakukan pencarian secara sederhana ataupun lebih mendetail sehingga hasil lebih memuaskan.

Keunggulan dari aplikasi ini yaitu mampu melakukan proses pencarian lebih cepat dibandingkan dengan software yang lain. Akan tetapi, terkadang Remo Recover ini kurang tepat dalam mendeteksi sebuah file sehingga cukup merepotkan pengguna.

5. Menggunakan Aplikasi Undetele 360

Software selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengembalikan file yaitu Undelete 360. Memiliki tampilan agak mirip dengan microsoft 2007 membuatnya lebih mudah ketika digunakan. Aplikasi ini dapat cocok untuk sistem operasi Windows 2000 ke atas.

Saat pertama kali dibuka, Undelete 360 akan secara langsung memindai drive pada PC ataupun laptop sehingga proses pencarian akan berlangsung selama beberapa saat. Akan tetapi, aplikasi ini terkadang kurang jeli mencari data.

Demikian sedikit penjabaran mengenai penyebab file word hilang di flashdisk dan cara mengembalikannya. Setelah memahaminya, diharapkan Anda bisa lebih berhati-hari agar tidak terjadi beberapa masalah seperti itu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu