Jasa Pengiriman Emas ke Luar Negeri - JASA PENULIS ARTIKEL JOGJA

Jasa Pengiriman Emas ke Luar Negeri

Jasa Pengiriman Emas ke Luar Negeri

Seiring dengan perkembangan era, mengirim paket ke luar negeri sudah semakin praktis dan cepat. Malah, bisa dibilang sama persis seperti halnya pengantaran barang antar kota atau antar pulau, hanya saja terdapat beberapa syarat khusus yang harus Anda penuhi ketika akan mengekspor barang ke luar negeri. Mulai dari dokumen sampai pemilihan jasa pengiriman emas ke luar negeri.

Prosedur Pengiriman Emas

Pada dasarnya, kirim barang ke luar negeri itu gampang-gampang susah. Bergantung pada jenis barang, berat paket, serta kesediaan perusahaan jasa pengiriman barang ke luar negeri untuk mengantarkan paketan sampai tujuan. Terlebih jika paket yang akan dikirimkan berupa barang berharga seperti emas, yang notabene riskan hilang/tercuri saat proses pengiriman berlangsung.

Guna meminimalisir resiko tersebut, Anda perlu memahami bagaimana prosedur mengirimkan emas atau barang lainnya menggunakan jasa pengiriman emas ke luar negeri.

1.   Pemesanan Secara Online

Mula-mula, Anda perlu melakukan pemesanan online melalui halaman kirim emas ke luar negeri. Hingga saat ini, ada banyak sekali jasa pengiriman barang ke luar negeri yang tersedia di internet. Semua jasa tersebut memiliki paket layanan dan range harga yang berbeda-beda.

Setelah berhasil mengakses laman utama jasa ekspedisi yang dikehendaki, cobalah untuk mencari nama negara tujuan pengantaran paket. Bila sudah, klik ikon negara tersebut.

2.   Memilih Paket Layanan Ekspedisi

Sebagaimana disinggung sebelumnya, paket layanan kirim barang dari suatu perusahaan ekspedisi sangatlah beragam. Hal tersebut dihitung berdasarkan jenis, berat paket, serta negara tujuan. Pilihlah paket pengiriman yang sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda.

3.   Melengkapi Formulir Pemesanan Jasa

Selanjutnya, isilah formulir data diri secara lengkap. Pastikan untuk mengisi seluruh kolom yang tersedia dengan informasi yang benar.

Setelah kolom data diri pengirim berhasil terisi, kini saatnya Anda menuliskan data diri si penerima paket, lengkap beserta negara tujuan dan kontak penerima.

4.   Menyelesaikan Pembayaran

Biasanya, rincian biaya kirim paket ke luar negeri akan dikirimkan melalui email yang sebelumnya sudah Anda input dalam form pemesanan. Pastikan Anda menyelesaikan pembayaran sesuai dengan nominal pesanan ke rekening resmi perusahaan pengiriman terkait.

5.   Memeriksa Status Pengiriman Barang

Pada tahap ini, Anda dapat memantau proses pengiriman dengan melakukan tracking lokasi berikut status barang yang sedang dikirimkan melalui fitur cek resi. Jika memungkinkan, pantaulah status pengiriman secara berkala guna memastikan kelancaran proses pengiriman.

Tips Kirim Emas ke Luar Negeri

Memastikan barang sampai ke tujuan saja tidaklah cukup. Anda perlu mempertimbangkan kondisi barang saat dibuka penerima. Juga bagaimana tingkat kepuasan mereka atas hal tersebut. Nah, agar paket bisa sampai ke penerima tanpa cacat atau lecet barang sedikitpun, beberapa tips mengirim emas ke luar negeri berikut mungkin bisa Anda jadikan sebagai referensi.

1. Memeriksa Tarif Pengiriman Sesuai Layanan

Tiap-tiap jasa ekspedisi menawarkan harga dan biaya pengiriman emas antam yang beragam. Beberapa diantaranya menggunakan kurs dollar, atau yen sedangkan yang lainnya menggunakan layanan paypal dan transfer bank langsung dengan nilai rupiah.

Penggunaan sistem kargo memungkinkan Anda menggunakan yang termurah dan paling mudah, yakni nilai rupiah dan transfer bank lokal.

2. Mengemas Paket dengan Baik

Pihak pengirim tidak akan pernah tahu bagaimana kurir memperlakukan paket kirimannya. Oleh sebab itu, pastikan Anda mengemas emas dengan kemasan khusus agar terjaga dari resiko goncangan.

3. Memberikan Label Pada Kemasan Paket

Selanjutnya, beri label pada kemasan paket dengan rincian alamat lengkap, kontak aktif penerima, juga nama penerimanya. Anda dapat mencari tahu bagaimana prosedur menuliskan alamat pengiriman barang dengan baik dan benar melalui internet.

Pastikan tidak ada satupun komponen penulisan yang tidak tertulis atau salah tulis, seperti alamat pengiriman dan nomor telepon.

4. Tambahkan Asuransi Pengiriman

Setelah itu, tambahkan asuransi pengiriman barang. Mengingat emas merupakan barang berharga dengan nilai jual tinggi, memastikan ketersediaan asuransi dapat meminimalisir kerugian yang mungkin akan Anda terima nantinya.

Bukan hanya mengurangi potensi merugi, layanan proteksi pengiriman juga akan membuat Anda merasa nyaman hingga paket sampai rumah tujuan tanpa takut hilang maupun rusak.

Jikapun terjadi suatu tragedi yang mengakibatkan paket hilang atau rusak saat proses pengiriman, pihak asuransi akan mengganti rugi sejumlah uang atau barang sesuai dengan apa yang Anda sepakati sebelumnya.

5. Mendokumentasikan Paket Sebelum Dikirim

Anda dapat menduplikat dokumen pengiriman dan mendokumentasikan paket dalam bentuk foto serta video, untuk memastikan kondisi paket yang akan dikirimkan sampai tanpa rusak.

Kemudian, kirimkan dokumentasi tersebut pada penerima paket. Sehingga jika terjadi kerusakaan ataupun kondisi yang tidak normal, Anda dapat melaporkannya kepada pihak asuransi atau perusahaan jasa pengiriman barang ke luar negeri terkait.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Emas ke Luar Negeri

Memilih jasa pengiriman emas ke luar negeri dengan benar penting untuk Anda lakukan. Mengingat hal ini berkaitan langsung dengan keamanan dan kepastian atas pengiriman paket itu. Adapun beberapa tips memilih vendor ekspedisi terbaik ialah sebagai berikut:

1. Sesuaikan Layanan Kirim dan Kebutuhan

Ada total 3 jenis layanan pengantaran yang dapat Anda gunakan. Yakni pengantaran lewat laut, darat, dan udara. Sesuaikan paket pengantaran dengan kebutuhan Anda, baik itu soal kecepatan pengiriman maupun metode pengantarannya.

2. Sesuaikan Bujet

Sejalan dengan istilah yang banyak beredar di masyarakat, ‘ada harga, ada barang’. Semakin tinggi harga paket pengiriman, akan semakin baik pula kualitas layanan yang bisa diperoleh. Apapun pilihannya, pastikan untuk menimbang ulang kemampuan finansial yang Anda miliki.

Dengan memilih jasa pengiriman emas ke luar negeri menggunakan beberapa tips di atas, Anda tidak lagi perlu risau atau merasa khawatir barang yang dikirim hilang di perjalanan atau mengalami kerusakan akibat benturan dan goncangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *