News Archives - JASA PENULIS ARTIKEL JOGJA

Cara Membatik Buat Pemula yang Tidak Terlalu Sulit

Cara Membatik Buat Pemula

Batik tulis adalah salah satu proses produksi batik yang sampai saat ini menjadi trend. Tidak sedikit dari masyarakat yang ingin mencobanya juga, jika Anda juga tertarik. Ketahui dulu cara membatik buat pemula. Itu karena persiapannya tidak boleh tertinggal suatu apa pun, agar hasilnya bagus.

Ketahui Pembuatan Kain Batik dan Coraknya

Sebelum masuk ke dalam tahapan cara membuat batik tulis untuk pemula, ada baiknya Anda yang masih awam dengan pembuatan batik ini mengetahui terlebih dahulu terkait motif-motif yang tersedia di pabrik batik. Mengingat proses pembuatan kain batik paling penting adalah corak yang terkesan unik dan juga menarik.

Selain itu, pilih kain yang menjadi bahan dasar dalam pembuatan baju batik nantinya. Anda bisa memilih kain mori, katun atau bahkan sutra. Pilih saja sesuai dengan keinginan atau selera, karena nantinya batik tersebut akan menjadi sebuah baju. Jadi, pilih kain yang sifatnya nyaman dikenakan.

Sebagai pemula, Anda juga harus memilih alat dan juga bahan secara lengkap. Jika ragu dalam memilih, coba tanyakan kepada pihak yang memang paham dengan pembuatan batik. Tanyakan apa saja bahan yang harus ada. Dengan begitu, hasil batiknya tidak akan mengecewakan.

Beberapa Cara Khusus Pembuatan Batik untuk Pemula

Pada umumnya, pembuatan batik itu cukup panjang dan juga rumit. Apalagi jika melakukannya secara manual, akan tetapi hasil yang didapatkan tentu menjadi lebih bagus dari lainnya. Bahkan memiliki tingkat keunikannya sendiri. Tidak heran jika batik tulis mempunyai nilai seni yang tinggi.

Siapkan Berbagai Alat dan Bahan

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan mempersiapkan alat – alat dan juga bahan sebelum membuat batiknya. Pertama, siapkan kain mori yang digunakan sebagai dasar corak batiknya. Namun, kain tersebut bisa diganti dengan kain katun atau bahkan sutra atau apa pun itu.

Setelah mempersiapkan kainnya, Anda bisa menyiapkan alat lainnya seperti canting, gawangan, dan juga lilin, panci serta kompor dan juga larutan pewarnanya. Siapkan terlebih dahulu semuanya di samping supaya tidak perlu bolak – balik. Pilih pewarnaan batik yang sesuai dengan keinginan saja.

Pilih Corak

Sebelum masuk ke dalam tahapan selanjutnya, Anda harus memiliki desain corak batiknya terlebih dahulu. Supaya nantinya sebelum menggambar desain akan jauh lebih mudah, walaupun menggambarnya menggunakan pensil dulu.

Tentu saja Anda harus memiliki gambaran dari desainnya bukan? Jadi, paling tidak pilih desain atau corak batik yang mudah saja karena masih sebagai pemula, supaya kesannya tidak memberatkan pembuatan batik. Apalagi corak mudah akan lebih cepat selesai.

Siapkan Kain dan Desainnya

Setelah mempersiapkan kain mori untuk menulis batiknya, Anda bisa langsung membuat desainnya di atas kain. Namun, sebelum itu cuci dulu kain morinya dan berikan kanji ringan. Tujuannya adalah agar tidak menghalangi penyerapan zat dari pewarnaan kain. Setelahnya barulah buat desain.

Membuat desain batik ini seringkali disebut sebagai molani, untuk desainnya sendiri Anda bisa memilih sesuai dengan keinginan dan selera saja. Buatlah desain dengan menggunakan pensil terlebih dahulu, supaya bisa menghapusnya jika ada salah. Motif paling simpel adalah bunga / kupu – kupu.

Lukis pada Kain Batik

Cara selanjutnya adalah dengan menebalkan desain batik yang sebelumnya telah Anda buat menggunakan pensil. Tebalkan desainnya memakai lilin yang telah cair, dalam tahapan ini sangat memerlukan yang namanya alat canting. Kemudian, tutupi bagian putihnya dengan lilin.

Maksud dari putih tersebut adalah bagian di mana nantinya akan Anda berikan warna dengan pewarna. Canting yang seharusnya digunakan adalah canting halus, sedangkan untuk bagian yang terlihat besar. Akan lebih baik menggunakan canting kuas saja, supaya hasilnya bisa lebih maksimal.

Pewarnaan Kain dan Melukis Kembali

Setelah itu, Anda akan melalui tahapan proses pewarnaan pada kainnya. Pewarnaannya sendiri biasanya pada bagian yang tidak tertutup dengan lilin. Caranya, celupkan kainnya yang telah diberi lilin ke dalam pewarna sesuai dengan keinginan. Kemudian, keringkan dengan cara menjemurnya.

Setelah selesai, tahapan selanjutnya adalah dengan melukis kembali dengan menggunakan canting. Kain yang telah kering harus Anda lukis kembali, tujuannya adalah agar dapat mempertahankan warna pada kainnya yang telah melalui pewarnaan pertama. Jika sudah, celupkan ke warna kedua.

Proses Menghilangkan Lilin dan Kembali Membatik

Setelah melewati tahapan pewarnaan kedua, kini saatnya melalui tahapan penghilangan lilin yang biasanya masih menempel pada kain batik. Caranya cukup mudah, Anda cukup celupkan kainnya ke dalam air yang telah panas di atas tungku. Maka lilinnya perlahan akan menghilang dengan sendirinya.

Jika sudah menghilangkan lilinnya dan kain sudah kering, maka lakukan proses membatik lagi dengan menggunakan lilin seperti sebelumnya. Tujuannya adalah untuk dapat mempertahankan warna pertama dan juga kedua. Proses untuk melelehkan bisa Anda lakukan berulang kali.

Proses Pencucian Kain Batik

Kemudian, Anda akan melewati tahapan penghilangan lapisan lilin pada kain batik. Biasanya tahapan ini orang kenal sebagai tahap nglorot, tahapan merebus kain yang warnanya telah berubah dengan menggunakan air panas. Tujuannya adalah untuk dapat menghilangkan lapisan dari lilinnya.

Dengan begitu, motifnya terlihat jauh lebih jelas dari sebelumnya. Barulah setelah itu cuci kain batiknya. Jangan lupa setelah mencuci kain, Anda harus menjemurnya sampai kering di seluruh sisi. Jika kain batiknya sudah kering, maka kain dari batik tulis sudah siap dan menjadi bahan siap pakai.

Seperti itulah beberapa penjelasan secara detail dan juga lengkap, mengenai topik terkait bagaimana cara membatik buat pemula. Sesuai dengan pembahasan di atas, Anda bisa mengikuti cara tersebut dengan baik. Dengan begitu, hasil kain batik tulisnya sesuai ekspektasi.

Jasa Pengiriman Barang dari Sydney ke Indonesia

Jasa Pengiriman Barang dari Sydney

Sydney adalah salah satu kota di Australia yang memiliki trafik pengiriman barang ke Indonesia yang tinggi. Hal ini bisa terjadi karena sejumlah faktor, seperti banyaknya WNI yang tinggal di Sydnet, kepentingan bisnis, dan lain sebagainya. Tingginya jumlah pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia membuat jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia semakin banyak bermunculan.

Meski tersedia banyak jasa pengiriman barang tersebut, Anda tetap harus selektif dalam memilih jasa pengiriman barang yang terbaik. Jika Anda belum tahu bagaimana cara memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia, simak ulasan lengkapnya di artikel ini.

Tips Memilih Jasa Pengiriman Barang dari Sydney ke Indonesia

Ada setidaknya 7 tips untuk memilih jasa pengiriman barang ke Australia (Sydney) atau sebaliknya yang bisa Anda ikuti agar mendapatkan jasa pengiriman barang yang terbaik.

1. Memiliki jangkauan pengiriman luas

Tips pertama yaitu pilih jasa pengiriman barang ke luar negeri yang memiliki jangkauan pengiriman luas. Mengapa demikian? Jika jasa pengiriman barang memiliki layanan yang bermacam-macam dan lengkap, maka kualitas dari jasa pengiriman barang tersebut semakin bagus.

Pastikan juga bahwa jasa pengiriman barang tersebut memiliki rute yang lengkap. Bagaimana cara untuk melihat informasi ini? Anda bisa mengeceknya di website jasa kirim Australia ke Indonesia.

2. Pilih Penyedia Jasa Terpercaya

Selain memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia dengan rute yang lengkap, Anda juga perlu memilih jasa pengiriman barang yang terpercaya. Anda bisa mengukur faktor ini dengan melihat berapa lama penyedia ekspedisi Indonesia ke Australia tersebut berdiri. Selain itu, Anda juga bisa melihat hal ini dengan melihat jasa pengiriman barang mana yang paling banyak orang gunakan.

3. Biaya pengiriman barang jelas

Tips selanjutnya yaitu pilihlah jasa pengiriman barang ke luar negeri yang memberikan informasi biaya pengiriman barang yang jelas. Hal ini menjadi salah satu indikator bahwa jasa pengiriman barang tersebut terpercaya dan profesional. Biasanya, jasa pengiriman barang tersebut menyediakan informasi biaya pengiriman di website resmi.

Selain menjadi indikator baik, hal ini juga bermanfaat bagi Anda dalam menghitung biaya yang perlu Anda bayarkan. Biaya jasa pengiriman barang ke Indonesia tergantung dari masing-masing jasa ekspedisi yang Anda pilih. Selain itu, biaya pengiriman juga tergantung dari jenis layanan dan jarak pengiriman.

4.  Kecepatan Pengiriman

Anda tentu tidak mau menggunakan jasa pengiriman barang yang membutuhkan berminggu-minggu untuk sampai ke tempat tujuan, bukan? Oleh karena itu, mempertimbangkan kecepatan pengiriman juga sangat penting dalam memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia.

Pilihlah jasa pengiriman barang yang punya estimasi waktu pengiriman dengan standard baik. Selain itu, pilih juga yang memiliki potensi keterlambatan yang sangat minim. Dengan demikian, Anda akan puas terhadap layanan jasa kirim paket dari Sydney ke Indonesia. Hal ini juga menunjukkan seberapa bagus kualitas jasa pengiriman barang tersebut.

5. Layanan paket pengiriman beragam

Terkadang, ada customer yang ingin mengirimkan paketnya dalam waktu yang secepat mungkin, meski harus membayar mahal. Misalnya, ketika seseorang harus mengirim berkas secepat mungkin untuk keperluan kerja atau sekolah.

Namun, ada juga customer yang memilih untuk menggunakan layanan dengan harga yang lebih terjangkau meskipun membutuhkan waktu yang lebih lama. Nah, sebuah jasa pengiriman barang yang baik adalah mereka yang menyediakan semua kebutuhan customer, yakni dengan menyediakan layanan pengiriman reguler dan express.

6. Jaminan keamanan

Barang yang perlu dikirim oleh pelanggan tidak melulu barang seperti sepatu, tas, dan produk fashion lainnya. Melainkan banyak jenis barang lainnya, seperti perhiasan, gadget, dan lain sebagainya yang perlu pelanggan kirim ke Indonesia. Barang-barang seperti itu tentu membutuhkan pengemasan paket yang khusus agar proses pengiriman terjamin aman.

Maksudnya adalah Anda harus memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia yang memberikan jaminan asuransi jika produk rusak atau hilang selama proses pengiriman. Dengan adanya suransi, Anda tidak perlu khawatir lagi soal jaminan keamanan barang. Inilah salah satu ciri penyedia ekspedisi barang yang terbaik.

7. Layanan tracking paket

Tips terakhir untuk memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia yaitu pilih yang menyediakan fitur tracking paket. Dengan tersedianya layanan sistem tracking ini, maka Anda bisa mengetahui posisi paket Anda berada.

Caranya bagaimana? Anda hanya perlu memasukkan no resi ke kolom yang tersedia di menu tracking pada website penyedia ekspedisi. Jika Anda tidak menemukan fitur ini, maka penyedia jasa pengiriman barang tersebut tidak menyediakan layanan tracking.

Apa Sajakah Barang yang Boleh Dikirim?

Selain mengetahui tips memilih jasa kirim paket ke Australia via JNE dan ekspedisi lainnya, Anda juga perlu tahu barang apa saja yang bisa Anda kirim. Hal ini penting untuk Anda ketahui untuk menghindari terjadinya penahanan. Jika barang Anda tertahan, maka barang akan masuk ke zona merah dan bea cukai akan memusnahkan barang tersebut.

Jadi, ada sejumlah barang yang tidak bisa dikirim ke Australia dan sebaliknya yaitu vape, rokok, parfume beralkohol dan gas, narkoba, zak kimia beracun dan barang mudah meledak dan berbahaya (seperti bahan bakar, korek api, powerbank, dan lain sebagainya). Oleh karena itu, jangan pernah mengirimkan jenis barang seperti di atas jika tidak ingin barang musnah.

Baiklah, sekian penjelasan tentang tips memilih jasa pengiriman barang dari Sydney ke Indonesia yang terbaik. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda.

Sejarah Penulisan Al-Qur’an yang Jarang Diungkap

Sejarah Penulisan Al-Qur’an

Salah satu pertanyaan yang muncul di benak adalah kapan adanya penulsian Al-Qur’an pertama. Al-Qur’an adalah mukjizat abadi dari nabi terakhir, yaitu Nabi Muhammad SAW. Al-Qur’an turun secara bertahap selama 22 tahun 2 bulan 22 hari,  yang berarti dari awal kenabian kesuciannya sampai sesaat sebelum kematiannya. Sejarah penulisan Al-Qur’an juga sering menjadi pertanyaan.

Nah, jika Anda juga ingin tahu tentang sejarah penulisan Al-Qur’an, mari simak ulasan dari sumber Quranlite.id di bawah ini;

Kapan Penulisan Al-Qur’an?

Sejarah turunnya Al-Qur’an yaitu setiap kali Allah SWT. menurunkan sebuah ayat, sekelompok ayat, atau seluruh surah kepada Nabi Muhammad SAW. ada dua cara agar Al-Qur’an tetap terjaga. Pertama, sejumlah besar sahabatnya, termasuk mereka yang tidak tahu bagaimana menulis, memasukkan Al-Qur’an ke dalam ingatan mereka.

Sedangkan, bagi sahabat yang pandai menulis akan menulis Al-Qur’an sebagaimana Nabi membacakan ayat-ayatnya. Penulis Al-Qur’an yang paling terkemuka pada waktu itu adalah Ali bin Abi Talib. Seperti yang mungkin Anda ketahui, Allah SWT. menurunkan Al-Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW. secara bertahap.

Sejarah turunnya Al-Qur’an turun secara bertahap selama 23 tahun. Wahyu turun secara bertahap pertama kali saat Nabi Muhammad menjadi Nabi ketika beliau berusia 40 tahun, atau sekitar tahun 609 M atau 610 M. Nabi Muhammad SAW. terus membacakan ayat-ayat Al-Qur’an kepada para sahabatnya hingga saat-saat terakhir hidup beliau .

Bagaimana dan Kapan Penyusuan Al-Quran?

Setelah mengetahui kapan Al-Qur’an tertulis, pertanyaan selanjutnya adalah ‘bagaimana Al-Qur’an tersusun dan menjadi satu? Sejarah penulisan Al-Qur’an, menurut beberapa peneliti Al-Qur’an, terjadi setelah Nabi Muhammad SAW wafat. Kompilasi Al-Qur’an tersusun atas kerjasama antara Zayd ibn Tābit, Ali ibn Abī ālib, dan lainnya.

Kompilasi ini terbuat pada masa pemerintahan khalifah ketiga yaitu  ‘Utsman bin ‘Affan (644-656 M) dan umat muslim menerima kompilasi ini karena merupakan penulisan Al Quran yang benar. Al-Qur’an tersusun dalam versi terakhirnya sekitar tahun 650 M. Sejumlah besar penulis, penghafal, dan ahli Al-Qur’an mengevaluasinya dan menerima penyusunan ini.

Kompilasi ini tidak berdasarkan pada urutan wahyu dan hasilnya seperti salinan Al-Qur’an yang ada hari ini. Isi Al Quran terdiri dari 114 bab atau surah (سورَة), tiga puluh juz’ (جُزء), dan lebih dari 6000 ayat. Muṣḥaf (مُصحَف) atau kitab suci Al-Qur’an ini telah diterima oleh semua umat muslim di dunia.

Alasan Al-Aqur’an Ditulis dalam Bahasa Arab

Al-Qur’an terrtulis menggunakan Bahasa Arab karena setidaknya ada dua alasan. Pertama, Nabi Muhammad SAW. dan kaumnya pada saat itu adalah orang arab. Maka dari itu, Al-Qur’an pasti turun dalam bahasa yang sama. Kedua, Bahasa Arab adalah bahasa unik yang dapat menyampaikan pesan dengan sangat jelas dan lugas, tidak seperti bahasa lainnya. Oleh karena itu, Al-Qur’an turun dan tertulis dalam Bahasa Arab.

Kapan Pertama Kali Penerjemahan Al-Quran dan dalam Bahasa Apa?

Terjemahan pertama Al-Qur’an berasal dari sekitar abad ketujuh oleh salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW. yaitu Salman al-Farisi (سَلمان الفارسي). Salman al-Farisi menerjemahkan Surah Fatihah (سورةُ الفاتِحة) ke dalam bahasa Persia. Terjemahan Persia tertua yang ada saat ini yaitu terjemahan Tabari (طَبَري), yaitu Tafsr al-Ṭabarī (تَفسيرُ الطَبَري) yang tertulis pada tahun 350-365 H.

Nah, itulah ulasan tentang sejarah penulisan Al-Qur’an serta ulasannya lainnya terkait Al-Qur’an. Jangan lupa untuk selalu istiqomah membaca Al-Qur’an karena banyak sekali manfaat ketika Anda membacanya, termasuk mendapatkan pahala. Baiklah, sekian penjelasannya dan semoga ulasan ini bermanfaat untuk Anda.

Gamis Batik Kombinasi Kain Polos

Gamis Batik Kombinasi Kain Polos

Kain batik khas Indonesia yang dipadukan dengan kain polos memang sudah sukses untuk menarik perhatian banyak orang. Apa yang Anda pikirkan ketika melihat baju gamis batik yang dikombinasikan dengan kain polos? Sangat menarik dan elegan bukan? Saat ini, pakaian model tersebut memang sedang trend di Indonesia dan paling banyak diterapkan pada pakaian gamis.

Pakaian batik yang dikombinasikan dengan kain polos memberikan kesan yang bermacam – macam batik formal, semi formal maupun kasual. Baju gamis batik kombinasi kain polos sudah sangat banyak beredar di pasaran dengan model yang bermacam – macam.

7 Model Gamis Batik Kombinasi Kain Polos

1. Gamis Batik dengan Kain Satin

Kain satin adalah kain yang tampilannya sangat mewah dan mengkilap. Jika Anda ingin menggunakan gamis ke acara – acara formal maupun semi-formal, tentu outfit seperti ini akan sangat cocok untuk Anda.

Anda bisa memilih gamis yang memiliki motif batik di bagian sekitar leher, pergelangan tangan dan bagian bawah rok samping. Model seperti ini juga akan membuat tubuh Anda menjadi terlihat lebih ramping.

2. Gamis Batik dengan Kain Sifon

Model gamis seperti ini membuat Anda menjadi seseorang yang bisa tampil lebih modis. Anda juga akan menjadi lebih nyaman saat memakainya karena jenis kain sifon memilki kemampuan menyerap keringat dengan baik.

Model yang kerap kali ditemukan adalah dipadukan kain batik yang memanjang dari leher ke bawah dan list di bagian pergelangan tangan.

Model seperti ini akan membuat pemakainya menjadi lebih santai atau kasual. Namun, meskipun begitu, outfit ini juga bisa dipakai untuk menghadiri acara formal.

3. Gamis Batik dengan Kain Katun

Kain katun memiliki kemampuan yang baik dalam menyerap keringat dan sangat cocok digunakan di negara Indonesia yang beriklim tropis. Jenis kainnya yang halus dan nyaman di kulit membuat Anda bebas gerah setiap saat.

Model yang bisa menjadi referensi salah satunya adalah memberikan kombinasi kain batik mulai dari bagian dada hingga perut, lalu memberikan list batik pada pergelangan tangan dan leher, serta diberi kentongan tempel pada bagian depan.

4. Motif batik dengan Spandek Korea

Kain spandek korea memiliki banyak kelebihan, apalagi jika dipakai sebagai bahan untuk membuat gamis. Sifatnya yang tahan terhadap paparan sinar Ultraviolet membuat kulit kita menjadi tidak cepat rusak. Selain itu, ketahanan warna kain spandek sangatlah baik.

Jadi, kain ini tidak akan cepat atau mudah pudar dalam jangka waktu yang lama. Kombinasi kain batik dan polos yang dipakai biasanya disematkan sedikit pada bagian lengan dan atas dan samping. Lalu, untuk bawahnya menggunakan full batik dengan model rok sepan.

5. Gamis Batik dengan Kain Brokat

Kain brokat adalah kain sulam tampilannya begitu kaya akan dekorasi. Dengan dekorasinya yang kaya, memberikan kain ini terkesan mewah saat digunakan. Itulah mengapa kain ini juga cocok jika digunakan untuk pesta.

Salah satu contoh modelnya adalah kombinasi kain batik bermotif bunga – bunga dan brokat berwarna hitam dan ungu untuk dipasang di bagian perut.

Model seperti ini memang kesannya sangat sederhana, namun dengan warna kain yang mencolok dan karakter kain brokat yang mewah tampilan seseorang yang menggunakan model ini juga menjadi lebih mewah.

Sebelum Membeli Gamis Batik Kombinasi Kain Polos

Setiap orang tentu memiliki selera masing – masing dalam berpakaian, tak terkecuali dalam memilih gamis batik kombinasi kain polos.

Namun, tetap saja Anda tidak boleh asal – asalan dalam memilih pakaian, Anda harus mempertimbangkan beberapa hal lebih dulu demi kenyamanan Anda berpakaian.

Inilah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli gamis batik kombinasi kain polos.

1. Pertimbangkan jenis Batiknya.

Terdapat tiga jenis kain batik yang saat ini ada di pasaran yaitu batik tulis, batik cap dan batik cetak. Dari setiap jenis batik tersebut, tentu memiliki kualitas yang berbeda – beda. Sejauh ini, jenis batik tulis adalah batik yang memiliki kualitas terbaik disusul dengan batik cap dan batik cetak.

2. Bahan Kainnya

Sebelum membeli baju apapun itu, mempertimbangkan jenis kain adalah hal yang utama karena menyangkut dengan kenyamanan saat Anda memakainya. Gamis dengan kombinasi kain polos juga memiliki jenis kain yang berbeda – beda.

Berhubung negara yang kita tempati adalah negara tropis, maka akan lebih mudah jika kita menggunakan katun untuk kegiatan sehari – hari dan kain sutra untuk acara formal.

3. Pertimbangkan fungsinya dan motifnya

Sebelum membeli gamis batik dengan perpaduan kain polos, pertimbangkan juga fungsi dan tujuan Anda membeli baju tersebut.

Jika Anda ingin menggunakan gamis untuk tampil kasual dan semi-formal, Anda bisa menggunakan batik dengan warna – warna terang dengan motif hewan.

Namun, jika Anda ingin menggunakannya untuk acara formal, maka lebih baik pilihnya warna yang soft dan motif batik yang simple dan minimalis.

Itulah beberapa hal yang  perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk membeli gamis batik polos dan beberapa model yang bisa Anda jadikan referensi dalam memilih model pakaian. Semoga bermanfaat.

 

Pikirkan 4 Hal ini Sebelum Memilih Broker Forex

Memilih Broker Forex

Negara kita, yakni Indonesa telah berubah menjadi lahan pasar investasi yang besar. Termasuk pasar forex yang kita kenal sebagai valas. Hal ini didorong oleh maraknya investasi onlne yang ada di negeri ini. Banyaknya penduduk di Indonesia juga menjadi salah satu faktor Indonesia mampu menjadi lahan pasar investasi. Termasuk investasi trading forex.

4 Hal Sebelum Memilih Broker Forex

Sebagai seorang trader forex, keberadaan broker termasuk dalam kebutuhan penting. Namun, tentu kita tidak boleh melupakan banyak hal sebelum memilih broker. Pasalnya, banyak kasus seseorang trader tertipu ketika memilih broker. Nah, tentu saja hal tersebut sangat merugikan. Maka dari itu, untuk menghindari kejadian demikian, mari simak 4 hal ini sebelum memilih Trident Academy.

Legaltas

Memilih broker tentu tidak boleh tergiur dengan kembalinya modal dengan cepat. Diperlukan legalitas atau izin dari BAPPETI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi). Nah, hat-hati juga dengan tawaran yang tidak diawas OJK. Banyak perusahaan investasi palsu yang merajalela yang mengaku diawasi OJK. Kalian bisa melihat kebenaran legalitas di situs resmi OJK atau BAPPETI

Riwayat

Penting untuk mencari tahu riwayat broker. Apakah pernah tersandung kasus hukum atau bahkan dibekukan izin. Kebanyakan broker yang tidak bisa dipercaya atau ilegal menutupi hal tersebut. Bisa dengan berganti nama perusahaan, hingga background perusahaan yang tidak menentu kebenarannya.

Deposit kecil

Kebanyakan broker yang legal dan mengetahui seluk belum trading forex menyediakan layanan deposit kecil. Serta, tidak menjanjikan keuntungan serba instan. Pelajari instrumen keuangan broker tersebut dengan teliti.

Edukasi yang mumpuni

Kalau kalian menemukan broker yang tergesa meminta investasi segera, kalian patut curiga. Pasalnya, tugas broker tidak hanya melulu meminta seseorang menjadi nasabah. Apalagi hanya memikirkan fee yang banyak. Tanyakan referensi dan pengetahuan seputar forex. Pastikan memiliki wawasan yang cukup.

Nah, itu adalah hal yang harus dipikirkan sebelum memilih broker trading forex. Tetaplah berhati-hati dalam meletakan uang modal investasi forex. Jangan terpengaruh oleh rayuan yang tidak pasti kebenarannya. Pelajari Trident Academy terlebih dahulu ilmu soal trading forex dan gunakan uang dingin untuk memperkecil kerugian.

 

3 Hal Dasar Trading Forex untuk Pemula

Dasar Trading Forex

Kita tentu sudah tidak asing dengan istilah trading forex. Seperti yang kita ketahui, trading forex sudah mulai populer dan diminati oleh banyak kalangan. Memang, beberapa orang mampu meraup keuntungan dari forex. Namun beberapa lagi harus menelan nasib pahit dengan kerugian. Nah, menjadi trader pemula, tentunya kita wajib memahami beberapa hal dasar sebelum terjun ke global forex. Kira-kira apa saja ya? Yuk simak artikel pada bawah ini

Memahami apa itu forex

Kata “Forex” sebenarnya merupakan istilah dari Foreign Exchange, yang artinya adalah singkatan dari pertukaran mata uang asing. Istilah umum atau nama lainnya adalah valuta asing (valas).

Namanya saja pertukaran mata uang asing, yang berarti terkait dengan mata uang negara asing. Misalnya rupiah dan dolar AS. Nah, kedua mata uang tersebut diperdagangkan dalam dunia forex trading. Trading ini bisa menjadi peluang untuk berinvestasi dengan memanfaatkan selisih harga beli dan jual mata uang.
Memahami bagaimana trading forex bekerja

Memang kinerja trading forex sedikit berbeda dengan cara kerja trading forex. Artinya, membelinya saat harga rendah dan menjualnya saat harga tinggi. Tentunya hal ini nomor satu yang wajib dipahami, karena sebagai trader kita harus mengambil keuntungan dari selisih harga beli dan jual dengan sebaik-baiknya.

Cara menentukan harga forex

1. Model pasangan mata uang (pair)

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah referensinya. Kita bisa melihat referensi berdasarkan nilai tukar pasangan mata uang. Untuk hal ini, Anda bisa melihatnya di website Mahadana Asta Berjangka.

Istilah ini memang sering disebut pair dalam dunia trading. Perlu kita pahami betul bahwa wajib memiliki pasangan mata uang yang menjadi acuan trading. Hingga kini, masih tersedia 47 pasangan mata uang di dunia dari berbagai negara yang bisa diamati.

2. Open buy dan open sell

Open buy dan open sell juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Posisi open buy dan open sell terjadi ketika kita sebagai trader mengharapkan salah satu dari sepasang mata uang menguat dan yang lain jatuh nilainya. Posisi ini dimaksudkan untuk memprediksi keuntungan yang dapat diperoleh

3. PIPs untuk acuan

Jika kita senang melihat grafik garis naik turun, tentu itu bukan tanpa nama. Dalam dunia valas, pergerakan price line chart dikenal dengan istilah PIP. Nah, tentunya PIP ini menjadi acuan yang wajib dipahami sebelum terjun ke dunia Forex.

Katakanlah PIP adalah salah satu hal yang perlu dipertimbangkan dalam trading. fungsi utamanya adalah membantu kita menghitung keuntungan dan kerugian, PIP mengacu pada empat desimal dibelakang koma dari nilai tukarnya.