Cara Mengundang Pembicara Seminar Internet Marketing

Cara Mengundang Pembicara Seminar

Apakah Anda sering merasa kerepotan saat menjadi panitia sebuah seminar? Sering dicuekin narasumber atau pembicara seminar, pesannya tidak pernah terbalas hanya dibaca saja? Pasti cukup kesusahan sekali. Berikut ini ada tips-tips agar tidak perlu mengalami penolakan lagi.

Cara Mengundang Pembicara Seminar

Seringkali menjadi panitia sebuah seminar bukanlah hal yang mudah dilakukan. Pastinya Anda akan merasakan kesusahan di beberapa bidang, misalkan dalam mengundang pembicara seminar yang sibuk dan memiliki jadwal yang rapat. Nah beginilah resiko, namun ada tips untuk mengatasinya:

  1. Cari dan Data Daftar Pembicara

Setelah selesai memutuskan konsep materi seminar yang akan dipakai, barulah Anda bisa memilih pembicara mana sekiranya tepat untuk dihadirkan dalam acara tersebut. Jika belum ada list, carilah di mesin pencarian atau bisa menanyakan pada beberapa orang yang paham akan informasi tersebut.

Diusahakan tidak memutuskan dengan buru-buru agar pembicara yang hadir benar-benar mempunyai tanggung jawab, pemikiran sepaham dengan Anda agar perjalanan diskusi, dan komunikasi berjalan dengan lancar. Pasti tidak menyenangkan saat berada di ruangan dengan sosok yang kurang sepaham.

  1. Tetap Pakai Bahasa yang Sopan

Pertama jangan lupakan sopan santun, apalagi jika belum mengenal pembicara tersebut. Hal ini sering terjadi ketika panitia mendapatkan mandat untuk mengirim pesan pada pembicara yang berasal dari dosen luar kampus, justru mengirimkan pesan bernada santai dan kurang ada kesan hormat.

Poin pentingnya saat menjalin sebuah komunikasi untuk pertama kali, tentunya pihak Anda adalah yang membutuhkan bantuan. Maka jangan sampai perkataan yang diucapkan atau disampaikan justru memberikan kesan pertama yang buruk.

  1. Awali dengan Perkenalan Diri

Jangan merasa menjadi orang terkenal sekalipun Anda adalah orang dengan posisi penting dalam organisasi ataupun perusahaan tersebut. Saat pertama kali mengirimkan pesan tetap awali dengan kalimat perkenalan tentang identitas diri. Dengan begitu, calon pembicara akan merasa dihormati.

Memperkenalkan diri dengan baik adalah salah satu rasa hormat terhadap pembicara seminar tersebut. Kemudian, pastikan Anda sudah mengerti bagaimana cara menyusun kalimat perkenalan diri yang baik. Minimal sudah ada nama lengkap dan maksud yang ingin disampaikan dan jangan terasa ambigu.

  1. Berikan Penjelasan yang Jelas

Saat komunikasi sudah berjalan dua arah, Anda tetap harus menjaga kalimat komunikasi yang baik dan sopan agar lawan bicara tetap merasa nyaman. Jangan malas untuk mengetik panjang lebar untuk menyampaikan maksud agar tidak terjadi kesalah pahaman.

Banyak orang yang justru memilih menelpon langsung daripada mengetik, padahal belum tentu lawan bicara merasa nyaman ketika di telfon tanpa persetujuan sebelumnya. Berkirim pesan dengan orang asing apalagi dalam konteks formal harus memakai kaidah 5W + 1H di awal percakapan.

  1. Menunggu Respon dengan Sabar

Ini adalah langkah yang mungkin paling susah dilakukan, yaitu menunggu balasan dari pembicara seminar. Terlebih pembicara internet marketing yang notabene banyak agenda. Seperti yang telah diketahui mereka ini adalah orang-orang sibuk dengan segudang rutinitas, waktu senggangnya tentu tidak banyak. Untuk itu harus memahami hal tersebut dengan baik.

Jangan sampai Anda justru mengirim pesan lagi padahal pesan yang pertama belum dibalas. Alhasil, hanya akan kehilangan simpati dari orang tersebut. Pasti tidak mau akan merasa gagal karena tidak bisa menjalankan misi dengan baik. Maka, bersabarlah sebentar sampai ada balasan yang masuk.

  1. Persiapkan Materi dengan Baik

Setelah pesan dibalas, Anda pasti akan ditanya balik materi apa yang harus diberikan pada saat seminar. Inilah mengapa harus mempersiapkan penjelasan dengan baik agar tidak gelagapan dan justru bicara tidak ada poinnya. Bisa dipastikan pembicara seminar akan menolaknya dan segera blok nomormu.

Setidaknya, walaupun tidak mengenal pembicara tersebut secara personal, kesan yang ditinggalkan tetap baik. Hal ini bisa jadi bekal ketika akan mengundang di kesempatan lainnya. Jalan mulus akan dilalui, karena pengalaman sudah berhasil meyakinkan mereka dengan kata-kata sopan.

  1. Membuat Undangan

Ada cara yang lebih sopan lagi sebetulnya ketika hendak mengundang narasumber atau pembicara seminar. Ketika baru pertama kali melakukannya selain dengan media komunikasi (seperti Whatsapp), sebenarnya bisa juga menggunakan surat undangan resmi dengan bahasa baku.

Undangan resmi yang bersifat formal ini tentu saja harus dilengkapi dengan kop surat, tanda tangan dan cap surat basah. Kemudian jangan lakukan pengiriman pos atau dititipkan. Usahakan tetap memberikan langsung pada pembicara seminar tersebut. Hal ini akan membuat kesan dihormati dengan tulus.

Apa Pentingnya Mengundang Pembicara Seminar?

Bagi sebagian orang pasti merasa jika mengundang pembicara seminar bukanlah suatu hal yang terlalu penting. Namun kenyataannya dengan kehadiran mereka justru semakin menghidupkan suasana di dalam ruangan. Bayangkan saja jika Anda hanya bersama orang yang biasa ditemui dalam keseharian.

Pastinya suasana akan membosankan sekali dan membuat audiens merasa tidak betah berlama-lama di sana. Kemungkinan terburuk tentu saja materi yang sudah dipersiapkan tidak bisa terserap dengan baik oleh para pendengar. Jadi kehadiran pembicara seminar justru membantu seminar lebih hidup.

Namun di sisi lain, Anda juga harus benar-benar fokus untuk mencari pembicara yang provesional, sesuai bidangnya, dan juga jam terbang yang tinggi.

Itulah beberapa cara yang bisa dilakukan ketika hendak mengundang pembicara untuk turut serta meramaikan seminar. Pada dasarnya acara tersebut dibuat untuk membagikan ilmu untuk orang lain sehingga jangan sampai karena salah memilih pembicara justru menjadi kaku.

 

10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Istilah menimba ilmu bisa dimana saja memang benar adanya. Tidak hanya di sekolah, namun sekarang bisa juga didapat dari bimbel (kursusan). Hingga hal tersebut jadi banyak dimanfaatkan orang untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan cara bisnis kursus bahasa inggris.

Langkah Memulai Bisnis Kursus Bahasa Inggris

Kebanyakan orang masih berpikir, bahwa membuka bimbingan belajar Bahasa Inggris itu suatu hal yang cukup sulit dan pasti membutuhkan biaya lumayan besar. Sebenarnya, tidak begitu juga asalkan Anda mengetahui beberapa kiat-kiatnya seperti di bawah ini:

Memiliki Niat serta Rencana

Dalam membangun sebuah usaha, dibutuhkan sebuah niat kuat untuk memulainya. Karena hal tersebut akan berdampak besar pada segala perencanaan yang telah Anda susun. Sehingga sukses atau tidaknya bisnis, tergantung dari rencana awal ini.

Pikirkanlah dulu bagaimana Anda akan membangun bisnis tersebut, misalnya seperti target pasar. Jenjang mana yang menjadi pelajar di sana juga harus diperhitungkan sedari awal. Apakah SD, SMP, SMA / SMK atau umum dan mahasiswa.

Serta, pikirkan juga bagaimana metode mengajar Anda. Seperti kursus bahasa Inggris Pare yang sudah terbukti mencetak siswa-siswi dengan tingkat kemampuan berbahasa asing cukup baik di Indonesia.

Sediakan Modal Awal

Dalam membangun usaha apapun, modal awal pasti diperlukan. Perhitungkan berapa besar anggaran untuk menyewa tempat, belanja properti, pengajar maupun hal lainnya. Kalau memiliki lokasi sendiri meskipun kecil, bisa mengurangi pengeluaran biaya.

Selain itu, hitung pula berapa banyak biaya yang keluar untuk keperluan lain, seperti pembuatan modul, brosur iklan dan infrastruktur kelas. Apabila tidak bisa ditutup dengan modal sendiri, sekarang banyak peminjaman dana, namun pasti memiliki nominal bunga dengan jumlah tertentu.

Tentukan Lokasi Kursus

Menentukan penempatana lokasi kursus menjadi hal penting yang harus dipikirakan sejak awal. Selain sebagai ajang promosi, juga agar mudah dijangkau berbagai kalangan. Namun, tentukan tempatnya setelah Anda mengetahui target pemasaran.

Untuk gambaran, bisa dibangun dekat dengan area sekolahan maupun universitas apabila targetnya memang anak-anak sekolah hingga mahasiswa di sana. Ataupun di lingkungan masyarakat dan perumahan penduduk jika calon siswa Anda merupakan khalayak umum.

Konsep Lingkungan Belajar Menarik

Semakin menarik suatu tempat kursus, makin banyak pula calon siswa yang berminat belajar di sana. Oleh karena itu, lingkungan belajar harus dikonsep sedari awal dengan beragam property agar mereka lebih nyaman dan tertarik.

Misalnya saja, buatlah konsep seperti suasana di Inggris. Letakkan beberapa property khas London yang begitu melekat pada benak masyarakat. Selain itu, bisa juga dengan memberi pengalaman belajar di ruang terbuka agar peserta tidak merasa bosan.

Konsep unik dan menarik akan lebih banyak diminati oleh calon siswa. Karena mereka membutuhkan suasana berbeda dari sekolah maupun kampus. Selain itu, bisa juga dijadikan tempat untuk refreshing sambil belajar.

Buatlah Brand Menarik

Masyarakat di masa sekarang, lebih banyak mengandalkan kualitas meskipun harga tempat kursus dibandrol mahal. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengenalkan brand yang telah dibangun ini kepada mereka.

Buatlah nama usaha yang cocok dengan tempat kursus Anda dan jangan terlalu muluk-muluk. Di sisi lain sertakan juga informasi terkait fasilitas di dalamnya, kegiatannya belajar mengajar serta metode pengajaran para tutor.

Hal ini juga perlu dibarengi dengan pemilihan tenaga ajar di tempat Anda. Pilihlah yang sekiranya mampu mengajarkan keempat skill dalam bahasa Inggris secara baik, yaitu listening, reading, writing dan speaking. Tidak perlu harus sempurna, setidaknya bisa memenuhi ekspektasi.

Susun Modul Ajar

Sekarang ini, hampir di semua tempat kursus Bahasa Inggris menyediakan modul ajar. Tentu, penyusunan tersebut dilakukan agar calon siswa bisa belajar dengan lebih mudah setelah tutor menyampaikan ilmunya pada bimbingan belajar.

Susunlah semenarik mungkin dan jangan sampai menyerupai buku sekolah. Karena hal semacam itu akan membuat para calon siswa bosan sendiri. Dan jangan lupa, berikan beberapa ilmu yang sekiranya tidak mereka dapatkan dari guru.

Seperti pemberian kosakata yang berbeda antara British Accent, American Accent dan Australian Accent sebagai budaya terbesar di dunia dalam berbahasa Inggris, atau memasukkan beberapa ekspresi informal dalam kehidupan sehari-hari karena jarang dibahas di sekolah.

Kalukulasi Biaya Kursus

Biaya kursus merupakan hal kedua yang akan dilihat masyarakat setelah pemberian terkait fasilitas pada tempat Anda. Di awal pembentukan seperti ini, boleh juga memasang harga lebih rendah dari bimbingan belajar lain.

Selain sebagai ajang promosi, juga agar masyarakat mengenal dan tertarik dengan tempat kursus yang telah Anda bangun. Sesuaikan juga dengan pemberian fasilitas serta paket bila ada, jangan sampai rugi sendiri.

Dengan begini, akan banyak calon siswa tertarik dengan bimbingan belajar Anda. Dari sana pula, tempat kursus bahasa Inggris ini bisa lebih dikenal masyarakat, karena sudah diberikan testimoni tidak langsung dari beberapa peserta didik.

Pasarkan Tempat Kursus

Cara bisnis kursus bahasa inggris selanjutnya yaitu, dengan memasarkan bimbingan belajar yang telah Anda bangun. Susunlah berbagai cara untuk mengenalkan tempat ini kepada khalayak luas secara tepat sasaran.

Bisa dilakukan promosi dengan poster ataupun spanduk pinggir jalan. Bisa juga dengan menggunakan cara terkini yaitu memasang iklan di sosial media. Saat ini, promosi seperti itu dianggap mampu menjangkau anak-ank muda sebagai target tepat dari bisnis kursus bahasa Inggris.

Lengkapi juga dengan bonus-bonus atau fasilitas menarik bagi beberapa pendaftar pertama. Seperti pemberian diskon, pengalaman belajar tambahan, modul, tas ataupun lainnya. Hal tersebut bisa menarik minat calon siswa lebih banyak.

Lakukan Kerjasama dengan Sekolah

Setelah melakukan promosi serta mendapatkan peserta didik, pasti banyak dari mereka mungkin sudah merekomendasikannya ke teman-teman di sekolah maupun kampus. Namun, Anda sendiri juga harus mengambil langkah ini sebagai strategi berikutnya.

Jalin kerjasama dengan pihak sekolah juga dengan mengirim beberapa tutor untuk melakukan promosi di sana. Selain itu, bisa juga dibuka kursus sepulang sekolah dari tempat Anda, agar para siswa bisa langsung belajar Bahasa Inggris tanpa bolak-balik ke rumah.

Tawarkanlah komisi kepada pihak sekolah perihal ini. Namun, sesuaikan dari banyaknya siswa yang masuk ke bimbingan belajar. Dengan begini, para guru akan tertarik memasukkan anak didiknya dan Anda juga bisa mendapatkan pemasukan serta promosi dari sana.

Buka Cabang

Setelah sukses dengan beragam cara di atas, Anda bisa mencoba untuk membuka cabang baru. Tidak perlu terlalu jauh dulu ke luar kota ataupun provinsi. Hal terpenting yakni, tempat bimbingan belajarnya strategis.

Pekerjakan juga tutor-tutor baru yang masuk kriteria dari tempat tersebut ataupun sekitarnya. Di sini, Anda juga bisa memberdayakan masyarakat dan lakukan pula promosi seperti sebelumnya. Dengan begitu, usaha kursus bahasa Inggris ini akan semakin berkembang.

Jika ingin lebih maju, Anda juga bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang mau mendirikan usaha kursus bahasa Inggris sendiri di bawah naungan bimbingan belajar Anda. Jadi, hanya tinggal memberikan arahan serta tetap mendapat masukan dana dari sana.

Itu tadi beberapa kiat-kiat untuk cara bisnis kursus Bahasa Inggris. Jangan lupa agar selalu berusaha dengan ulet dan rajin, supaya bimbingan belajar yang telah Anda bangun bisa terus berkembang serta memberi manfaat.

Menjaga Hati Seorang Penulis

menjaga hati seorang penulis

Beberapa minggu terakhir, kami disibukkan menjadi konsultan pemain SEO yang ingin tahu bagaimana cara membangun tim kepenulisan. Hal ini memang wajar mengingat salah satu unsur utama jasa SEO adalah artikel berkualitas.

Meskipun kami dari jasa penulis artikel SEO, kami sangat menganjurkan para pemain jasa SEO untuk membentuk tim kepenulisan sendiri jika ingin hasilnya cepat. Harapannya, dengan membuat tim kepenulisan sendiri, pekerjaan content writer akan semakin fokus dan pekerjaan akan cepat selesai sesuai deadline.

Namun, beberapa pemain SEO mengaku sangat kewalahan membangun tim kepenulisan, terlebih jika deadline sangat dekat. Mau tidak mau yang harus dilakukan adalah memesan jasa penulis artikel SEO yang sudah mapan.

Diantara mereka ada yang mengaku bahwa beberapa anggota dari tim tidak menuntaskan pekerjaannya sebagai content writer, entah karena kesibukan, atau hal-hal lain yang membuat mood tidak baik. Padahal, secara finansial sudah digaji tinggi dibandingkan content writer-content writer lainnya.

Apa Penyebabnya?

Saya pastikan bahwa menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Menulis tidak bisa disamakan dengan pekerjaan membacklink atau pekerjaan lainnya. Menulis membutuhkan tenaga lebih bagaimana ia bisa tenang, nyaman dan “santuy” saat membangun gagasan, konsep dan outline yang ingin ditulis.

Di sisi yang lain, ada pula pemain SEO yang memberikan gaji besar kepada tim content writernya. Saya tegaskan pula bahwa uang juga bukan satu-satunya faktor betahnya seorang penulis. Banyak diantara penulis kami yang mengatakan dulunya digaji besar namun tidak betah lantaran ada hal-hal yang membuat ia tidak nyaman.

Memanusiakan Manusia

Pada dasarnya, nyawa seorang penulis adalah ide. Ide yang segar tentu saja akan meringankan setiap pekerjaan kepenulisannya. Kami tolak tegas jika seorang penulis harus menulis di kantor, bagi kami, biarkan ia menulis di mana pun tempat yang ia sukai. Mau di pantai, sungai, atap genteng atau tempat-tempat favorit menurutnya. Hal terpenting yang perlu ditanamkan adalah ketepatan waktu.

“Kecepatan adalah bagian dari profesionalitas”.

Tentang kecepatan, kami jadi teringat tentang bagaimana mundurnya brand Nokia yang dulu sempat nge-hits di zamannya. Konon, Nokia yang berasal dari negara Finlandia tersebut ketika mengirim produknya membutuhkan waktu 2 bulan. Produk dikirim setelah semuanya jadi.

Berbeda dengan produk China yang notabene adalah modifikasi dari handphone sebelum-sebelumnya. China sadar akan pentingnya kecepatan dalam berbinis. Maka, dalam proses distribusi pengiriman produknya pun sangat cepat. China hanya membutuhkan 1 bulan agar produknya bisa sampai ke pasaran.

China memiliki pemikiran yang brilian, ia membuat kapal besar yang di dalamnya terdapat pabrik sekaligus. Hasilnya, semua karyawan mengerjakan produknya di dalam kapal sembari on the way menuju wilayah target market.

Dengan langkah seperti itu, produk dari China akan datang lebih dulu. Seakan-akan, Chinalah yang memiliki dan meluncurkan kebaruan demi kebaruan. Sudah dipastikan, China memiliki peluang lebih besar sebab produk-produk China akan lebih dulu laris di pasaran.

Yang Halal dan Bersih

Kami menyadari bahwa secuil rizki yang dikonsumsi akan berpengaruh bagi tubuh. Beberapa penulis yang menuturkan mengapa ia tidak betah bekerja di beberapa tempat kerja, salah satunya, ia diminta untuk menulis tema-tema yang melawan norma agama seperti judi, gambling dan lain sebagainya.

Menjaga hati seorang penulis sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis di masa depan. Baik menjaga hati melalui lisan, deadline, sikap, termasuk menjaga perasaan dari hal-hal yang cenderung mengandung unsur ketergesaan.

Ada baiknya, daripada selalu menagih, “kapan jadi, sudah dimulai belum” atau kata-kata lain yang mempengaruhi mood menulis, lebih baik, gunakan untuk memberikan masukan, ide segar sehingga akan menyempurkan setiap hasil tulisan.

 

Siap membentuk tim kepenulisan SEO?

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu