Kursus Youtuber Adsense, Marketing dan SEO

Kursus youtube

Youtube menjadi platform yang kini sangat digemari oleh banyak orang. Tidak hanya untuk mencari hiburan, mereka juga memanfaatkannya sebagai ladang mencari keuntungan. Maka dari itu, sudah banyak dijumpai kursus Youtuber dengan tujuan untuk mengoptimalkan saat membuat video.

Materi Pengenalan di Kursus Youtube

Materi pertama yang selalu ada dalam kursus Youtuber adalah bagaimana mengenalkan peserta mengenai platform video ini. Oleh karena itu, hal ini biasa menjadi dasar utama dan perlu dikuasai dari awal saat mengikuti pelatihan tersebut. Berikut beberapa penjelasannya:

  1. Syarat Agar Channel Menghasilkan Uang

Hal pertama yang Anda perlu kuasai sebelum membuat sebuah video adalah mengetahui berbagai syarat agar channel bisa sukses menghasilkan uang. Tentu saja materi ini perlu dikuasai terutama bagi Youtuber pemula. Alhasil, dapat memaksimalkan kanal Youtubenya untuk meraih keuntungan.

Salah satu yang bisa dimanfaatkan adalah pemasangan iklan oleh pihak lain. Dengan begitu, pemilik kanal Youtube pun dapat memperoleh keuntungan karena telah memasangnya. Meskipun begitu, cara ini bukan menjadi satu-satunya strategi dalam menghasilkan uang.

  1. Memanfaatkan Fitur di Youtube

Bagi pemula, tentunya mereka kurang memahami dengan benar apa saja fitur di dalam Youtube yang dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Perlu diketahui bahwa cara kerja dari hasil pencarian platform ini jauh berbeda dari algoritma Google.

Mulai dari konten yang harus relevan dan mengetahui kompetitor Youtuber lainnya perlu dikenali. Oleh karena itu, cara kerja dari fitur di dalam Youtube perlu dipahami secara mendalam sehingga upaya mendapatkan keuntungan pun lebih maksimal.

  1. Topik Populer di Youtube

Dalam membuat konten sebuah video Youtube, Anda harus mengetahui topik apa yang sedang populer. Tujuannya agar berhasil menarik jumlah penonton dalam jumlah banyak semenjak pengunggahan pertama kali.

Biasanya hal ini dapat dilakukan melalui keyword yang sering dicari oleh pengguna Youtube. Selain itu, melihat trending juga bisa menjadi referensi bagaimana Youtuber lain mendapatkan jumlah viewers berjuta-juta dalam waktu cukup singkat. Peserta kursus perlu menguasai hal ini sebelum membuatnya.

  1. Jenis Konten yang Banyak Digemari

Selain memperhatikan topik atau tema yang sedang populer di Youtube, Anda juga perlu mengetahui konten video dengan penggemar banyak di platform tersebut. Mulai dari cara membawakan video hingga hal sedetail menyapa penonton.

Konten memang berhubungan erat dengan topik yang telah Anda pilih. Oleh karena itu, membuat video pun harus selalu relevan seperti temanya. Hal ini dapat dipelajari melalui Youtuber ternama lainnya bagaimana mereka membuka hingga mengakhirinya.

  1. Perlengkapan yang Digunakan Youtuber

Materi dasar terakhir yang perlu dikuasai oleh peserta kursus adalah perlengkapan para Youtuber. Sebelum membuat video, tentunya Anda erlu mempersiapkan semuanya secara lengkap agar lebih maksimal dalam menarik jumlah viewers di Youtube.

Mulai dari persiapan atribut saat pembuatan video sampai proses editing, perlu Anda siapkan secara betul (seperti Youtuber ternama lainnya). Dengan begitu, proses perekaman bisa berjalan lancar tanpa ada hambatan apapun karena adanya kekurangan salah satu alat.

Materi Perekaman Video saat Kursus

Youtube sendiri memang platform yang bergerak di bidang video. Bahkan pengguna internet di Indonesia lebih menyukai untuk lebih menonton dibandingkan dengan membaca. Melalui kebiasaan ini, maka selama proses perekaman pun harus dilakukan secara maksimal. Berikut materinya:

  1. Perekaman Video dengan Perangkat Seadanya

Sebagai Youtuber pemula, tentu tidak semuanya memiliki perangkat yang sudah lengkap dan canggih. Oleh karena itu, Anda dituntut agar bisa membuat video menarik dan berkualitas namun menggunakan peralatan dan perlengkapan seadanya.

Pada umumnya, Youtuber pemula masih memanfaatkan kamera smartphone seadanya. Biasanya mereka belum bisa menggunakan kamera dan peralatan lighting canggih seperti kanal Youtube terkenal lainnya. Oleh karena itu, materi ini perlu dikuasai demi menghasilkan video berkualias.

  1. Mengatasi Gangguan Selama Perekaman

Dengan memanfaatkan perangkat seadanya, tentunya proses perekaman pun bisa saja mengalami ganggguan selama proses berlangsung. Namun hal ini biasanya diatasi melalui proses editing canggih dan handal.

Namun jika Anda masih belum memiliki kemampuan editing yang handal, maka terdapat materi bagaimana cara mengatasi suara hilang selama perekaman. Bahkan, kursus menjadi Youtuber juga mengajarkan taktik dan trik agar menghindari gangguan tersebut terjadi.

  1. Pengenalan Perangkat

Meskipun sudah mahir menggunakan perangkat seadanya, Anda juga harus bisa menguasai berbagai peralatan dan perlengkapan yang sudah canggih. Materi ini akan mengenalkan beberapa teknologi selama perekaman agar video dapat dihasilkan berkualitas dan menarik.

Nantinya, Anda bisa memilih perangkat yang lebih berkualitas namun terjangkau (jika sudah memiliki kemampuan untuk membelinya). Dengan begitu, profesi menjadi Youtuber pun akan berjalan lancar dan efektif guna meraih pundi-pundi dolar ke depannya.

Materi Membuka dan Menutup Video

Materi selanjutnya sudah membahas lebih dalam mengenai proses pembuatan serta bagaimana meningkatkan jumlah viewers di Youtube. Kemampuan untuk membuka dan menutup video perlu dikuasai bagi seluruh Youtuber. Berikut beberapa bahan ajarnya:

  1. Pembukaan Video dengan Ciri Khas

Jika Anda menyadari, setiap Youtuber memiliki caranya masing-masing dalam membuka sebuah video. Hal ini bisa membuat kanal Youtube mereka lebih terkenal melalui gaya mereka sendiri. Bahkan, tidak sedikit orang yang mengikuti bagaimana kata-kata berbicaranya.

Video opening dalam Youtube bisa menarik penonton untuk tetap betah menontonnya. Tidak bisa dipungkiri jika pembukaan saja sudah membosankan, sudah dapat dipastikan jika mereka akan berpindah video atau kanal lainnya yang dirasa lebih bermutu.

  1. Penutupan Video

Sama halnya dengan pembukaan video, Anda pun juga harus memiliki ciri khas tersendiri saat mengakhirinya. Meskipun berada di bagian akhir, namun hal ini akan memberikan feel tersendiri bagi penontonnya.

Bahkan tidak sedikit dari mereka yang akan mengulangi cara penutupan dari video tersebut (karena memiliki gaya dan ciri khas unik). Oleh karena itu, hal ini harus menjadi kemampuan dasar bagi setiap Youtuber.

  1. Membuat Judul

Baik cerita maupun video, judul masih menjadi hal utama yang akan menarik para audiens. Begitu pun jika Anda ingin mengunggahnya di Youtube, tentunya harus menentukannya terlebih dahulu dengan hati-hati agar bisa menggoda pengguna internet mengunjunginya.

Tentu saja hal ini juga dialami oleh Anda saat sedang bosan dan memilih untuk menghabiskan waktu di Youtube. Pasti video dengan judul menggoda akan dipilih karena berhasil menarik perhatian. Oleh karena itu, kebiasaaan tersebut dijadikan peluang bagi kursus Youtuber agar membagikan materi ini.

Materi Editing Video utuk Kursus Youtuber

kursus youtube online

Jika Anda sedang menyaksikan kanal Youtube dari Youtuber ternama, tentu akan disuguhkan dengan video terlihat berkelas dan berkualitas. Tampilan visual ini didapatkan melalui proses editing handal oleh keahlian tangan editor. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa materinya:

  1. Perkenalan Software

Proses editing video tentu akan membutuhkan banyak penggunaan berbagai software secara bersamaan. Tanpa menggunakan aplikasi tersebut, mengedit pun tidak bisa dilakukan dengan mudah, bahkan hasilnya pun sia-sia.

Beberapa kursus Youtuber akan memperkenalkan software yang digunakan untuk editing kepada para peserta. Biasanya mereka bisa mengawalinya mulai dari kesulitan paling rendah hingga tersulit. Tujuannya agar pemula berpeluang menjadi terkenal dan pro.

  1. Belajar Mengoperasikan Software

Selain memperkenalkan berbagai software editing video, kursus Youtuber juga akan mengajarkan kepada peserta untuk mahir mengoperasikannya. Dengan harapan agar mereka bisa handal dalam mengedit video setelah kegiatan pelatihan selesai dilakukan.

Kursus Youtuber telah menggunakan cara paling efektif terutama bagi Youtuber pemula agar metode penyampaian dapat diterima secara mudah. Dengan begitu, sebagai peserta Anda akan mahir mengedit video dan menjadi editor yang pro.

  1. Membuat Timeline

Selain ahli dalam mengedit video, Anda juga akan diberikan materi untuk menentukan timeline dalam pengunggahan di kanal Youtube menggunakan trik tertentu. Tujuannya, agar penonton setia bisa merasa penasaran sehingga selalu menunggu kapan diunggah lagi.

Tentu Anda sudah sering mengetahui dari Youtuber terkenal yang mengunggah videonya cukup seminggu sekali pada hari tertentu saja. Melalui konten berkualitas, mereka berhasil membuat penonton setianya selalu menantikan postingan terbarunya.

  1. Menentukan Durasi Video

Selain memperhatikan jadwal pengunggahan, Anda juga perlu menguasai berapa menit sebenarnya durasi video yang membuat penonton betah menontonnya hingga selesai. Bahkan, mereka bisa mengulanginya kembali karena kontennya cukup menarik

Tentu hal tersebut ingin Anda alami, bukan? Tenang saja, berbagai kursus Youtuber akan membagikan trik tersebut sehingga penonton di Youtube tidak akan merasa bosan dan mengakhiri video sebelum berakhir.

Materi Optimasi dan Chanel Video

kursus youtuber

Selanjutnya yang akan Anda dapatkan yaitu materi mengenai optimasi dan chanel. Setelah mahir bagaimana membuat video mulai dari proses perekaman sampai pengunggahan, selanjutnya perlu menguasai bagaimana agar kanal Youtube memiliki kualitas yang stabil. Beberapa bahan ajarnya ialah:

  1. Membuat Channel Baru

Jika Anda sudah memiliki banyak subscriber di kanal yang lama, maka kemungkinan bisa memiliki keinginan untuk membuat channel baru dengan konten berbeda dari sebelumnya. Hal ini pun juga akan diajarkan oleh beberapa kursus Youtuber sehingga para peserta bisa menguasainya.

Bahkan memiliki channel lebih dari satu juga menjadi bukti kuat jika Anda memang berprofesi sebagai Youtuber sejati. Dengan begitu, keuntungan akan lebih cepat dan mudah didapatkan hanya melalui mengunggah video berkualitas melalui kanal Youtube saja.

  1. Mengunggah Video

Akan menjadi hal fatal apabila seorang Youtuber tidak mengetahui bagaimana cara mengunggah video ke kanal Youtubenya. Oleh karena itu, materi ini harus disampaikan oleh beberapa kursus Youtuber kepada para peserta agar pelatihan benar-benar membuahkan hasil.

Selain itu, cara ini juga menjadi salah satu kemampuan dasar bagi seluruh Youtuber. Jika Anda mengunggah video pun belum tahu langkah-langkahnya, maka sudah dipastikan bahwa kanal Youtube tidak akan berkembang secara maksimal. Bahkan bisa saja malah berjalan sia-sia.

  1. Mempercantik Channel

Mungkin ini menjadi materi terakhir yang akan dibagikan oleh kursus Youtuber bagi para peserta. Setelah mahir dalam dunia editing dan meningkatkan jumlah viewers, maka selanjutnya adalah harus tahu bagaimana cara dalam mempercantik channel.

Berbagai tampilan menarik dan mengurutkan pengunggahan video perlu dikuasai demi mempercantik dari channel Youtube. Dengan begitu, penonton setia akan betah berlama-lama tanpa harus berpindah ke kanal Youtuber lainnya.

Apa Saja Keuntungan Mengikuti Kursus Youtuber?

Dari penjabaran berbagai materi di atas,, tentu Anda sudah membayangkan bagaimana rumit dan lamanya penyampaian bahan ajarnya. Namun jangan khawatir, dengan mengikuti kursus Youtuber ternyata memiliki banyak keuntungan. Berikut alasannya:

  1. Biaya Murah

Beberapa kursus Youtuber ternyata mematok harga yang cukup murah bagi peserta. Biasanya perbedaan tarif tersebut didasarkan atas lama waktu serta bagaimana cara metode penyampaian. Tentunya belajar secara online dan offline memiliki peralatan berbeda.

Hal tersebut yang membuat beberapa kursus Youtuber memiliki penawaran harga berbeda. Namun nyatanya keuntungan mengikutinya adalah relatif cukup murah dan efisien jika dibandingkan Anda belajar sendiri. Bayangkan jika membeli perlengkapan namun pengetahuan masih seadanya.

  1. Hemat Waktu

Dalam beberapa kali pertemuan kursus, Anda sudah mempunyai keahlian menjadi Youtuber pemula. Akan membutuhkan waktu yang lama apabila harus mempelajarinya seorang diri. Bahkan belum mengetahui sumber dan metode pembelajaran efektif harus dilakukan seperti apa.

Anda akan menghabiskan banyak waktu jika masih dalam masa percobaan atau biasa dikenal dengan istilah trial error. Bukannya efektif untuk mengembangkan channel Youtube, melainkan harus frustrasi karena kegagalan saat mencoba-coba.

  1. Belajar Langsung dari Ahli

Tentu akan menjadi hal yang sangat berbeda jika Anda mempelajari bagaimana cara menjadi Youtuber secara otodidak atau seorang diri. Namun tidak sama seperti kursus Youtube, karena telah dipandu langsung oleh ahlinya dan tenaga profesional masing-masing.

Tidak hanya itu saja, dalam kursus Youtuber tentu akan ditangani oleh berbagai ahli dengan bidang masing-masing. Mulai dari digital marketing, membuka dan menutup video menggunakan cara kreatif, proses editing handal dan lainnya. Tentunya setiap peserta dapat belajar langsung dari profesionalnya.

  1. Memanfaatkan Perangkat Seadanya

Keuntungan lainnya yang tentu akan Anda dapatkan yakni memanfaatkan perangkat seadanya namun berhasil menjadi Youtuber pemula. Kebanyakan orang-orang langsung menyiapkan banyak peralatan canggih, namun belum bisa mengoperasikannya sehingga menjadi sia-sia dan tidak membuahkan hasil.

Jika Anda membaca salah satu materi di atas, kursus Youtuber akan membagikan trik bagaimana memanfaatkan perangkat seadanya namun bisa menghasilkan video berkualitas. Bahkan hal ini dapat dimanfaatkan guna meningkatkan jumlah viewers tanpa menggunakan peralatan canggih dan mahal.

  1. Materi Secara Sistematis

Jika Anda mengamati bagaimana penyampaian materi di atas, kursus Youtuber akan menyampaikannya secara urut dan sistematis. Tentu saja sangat berbeda jika harus dilakukan sendiri. Bahkan belum mengetahui dengan pasti apa saja yang harus dipelajari.

Namun hal tersebut tidak akan Anda alai apabila mengikuti kursus Youtuber. Selain materi disusun secara sistematis, penyampaian kepada peserta pun juga lebih mudah karena menggunakan metode tertentu.

  1. Banyak Metode dan Trik

Jika Anda belajar melalui tutorial gratisan, metode dan triknya pun biasanya kurang begitu efektif untuk dilakukan. Namun hal tersebut tidak akan dialami, apabila mengikuti cara belajar menjadi Youtuber dan mengikuti berbagai kursus dengan materi lengkap di dalamnya.

Melalui keahlian dari pelatih, seluruh peserta akan lebih mudah menyerap metode dan trik yang bisa digunakan di kemudian hari saat menjadi Youtuber. Tentunya para ahli dapat membagikannya secara maksimal untuk Anda.

Banyaknya kursus Youtuber yang kini bermunculan tentu juga dipengaruhi karena platform Youtube semakin digemari oleh banyak orang. Namun, kurus youtube yang terbaik hanyalah di Kontenindo.

10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

10 Langkah Membangun Lembaga Kursus Bahasa Inggris

Istilah menimba ilmu bisa dimana saja memang benar adanya. Tidak hanya di sekolah, namun sekarang bisa juga didapat dari bimbel (kursusan). Hingga hal tersebut jadi banyak dimanfaatkan orang untuk mencari pundi-pundi rupiah dengan cara bisnis kursus bahasa inggris.

Langkah Memulai Bisnis Kursus Bahasa Inggris

Kebanyakan orang masih berpikir, bahwa membuka bimbingan belajar Bahasa Inggris itu suatu hal yang cukup sulit dan pasti membutuhkan biaya lumayan besar. Sebenarnya, tidak begitu juga asalkan Anda mengetahui beberapa kiat-kiatnya seperti di bawah ini:

Memiliki Niat serta Rencana

Dalam membangun sebuah usaha, dibutuhkan sebuah niat kuat untuk memulainya. Karena hal tersebut akan berdampak besar pada segala perencanaan yang telah Anda susun. Sehingga sukses atau tidaknya bisnis, tergantung dari rencana awal ini.

Pikirkanlah dulu bagaimana Anda akan membangun bisnis tersebut, misalnya seperti target pasar. Jenjang mana yang menjadi pelajar di sana juga harus diperhitungkan sedari awal. Apakah SD, SMP, SMA / SMK atau umum dan mahasiswa.

Serta, pikirkan juga bagaimana metode mengajar Anda. Seperti kursus bahasa Inggris Pare yang sudah terbukti mencetak siswa-siswi dengan tingkat kemampuan berbahasa asing cukup baik di Indonesia.

Sediakan Modal Awal

Dalam membangun usaha apapun, modal awal pasti diperlukan. Perhitungkan berapa besar anggaran untuk menyewa tempat, belanja properti, pengajar maupun hal lainnya. Kalau memiliki lokasi sendiri meskipun kecil, bisa mengurangi pengeluaran biaya.

Selain itu, hitung pula berapa banyak biaya yang keluar untuk keperluan lain, seperti pembuatan modul, brosur iklan dan infrastruktur kelas. Apabila tidak bisa ditutup dengan modal sendiri, sekarang banyak peminjaman dana, namun pasti memiliki nominal bunga dengan jumlah tertentu.

Tentukan Lokasi Kursus

Menentukan penempatana lokasi kursus menjadi hal penting yang harus dipikirakan sejak awal. Selain sebagai ajang promosi, juga agar mudah dijangkau berbagai kalangan. Namun, tentukan tempatnya setelah Anda mengetahui target pemasaran.

Untuk gambaran, bisa dibangun dekat dengan area sekolahan maupun universitas apabila targetnya memang anak-anak sekolah hingga mahasiswa di sana. Ataupun di lingkungan masyarakat dan perumahan penduduk jika calon siswa Anda merupakan khalayak umum.

Konsep Lingkungan Belajar Menarik

Semakin menarik suatu tempat kursus, makin banyak pula calon siswa yang berminat belajar di sana. Oleh karena itu, lingkungan belajar harus dikonsep sedari awal dengan beragam property agar mereka lebih nyaman dan tertarik.

Misalnya saja, buatlah konsep seperti suasana di Inggris. Letakkan beberapa property khas London yang begitu melekat pada benak masyarakat. Selain itu, bisa juga dengan memberi pengalaman belajar di ruang terbuka agar peserta tidak merasa bosan.

Konsep unik dan menarik akan lebih banyak diminati oleh calon siswa. Karena mereka membutuhkan suasana berbeda dari sekolah maupun kampus. Selain itu, bisa juga dijadikan tempat untuk refreshing sambil belajar.

Buatlah Brand Menarik

Masyarakat di masa sekarang, lebih banyak mengandalkan kualitas meskipun harga tempat kursus dibandrol mahal. Untuk itu, penting sekali bagi Anda mengenalkan brand yang telah dibangun ini kepada mereka.

Buatlah nama usaha yang cocok dengan tempat kursus Anda dan jangan terlalu muluk-muluk. Di sisi lain sertakan juga informasi terkait fasilitas di dalamnya, kegiatannya belajar mengajar serta metode pengajaran para tutor.

Hal ini juga perlu dibarengi dengan pemilihan tenaga ajar di tempat Anda. Pilihlah yang sekiranya mampu mengajarkan keempat skill dalam bahasa Inggris secara baik, yaitu listening, reading, writing dan speaking. Tidak perlu harus sempurna, setidaknya bisa memenuhi ekspektasi.

Susun Modul Ajar

Sekarang ini, hampir di semua tempat kursus Bahasa Inggris menyediakan modul ajar. Tentu, penyusunan tersebut dilakukan agar calon siswa bisa belajar dengan lebih mudah setelah tutor menyampaikan ilmunya pada bimbingan belajar.

Susunlah semenarik mungkin dan jangan sampai menyerupai buku sekolah. Karena hal semacam itu akan membuat para calon siswa bosan sendiri. Dan jangan lupa, berikan beberapa ilmu yang sekiranya tidak mereka dapatkan dari guru.

Seperti pemberian kosakata yang berbeda antara British Accent, American Accent dan Australian Accent sebagai budaya terbesar di dunia dalam berbahasa Inggris, atau memasukkan beberapa ekspresi informal dalam kehidupan sehari-hari karena jarang dibahas di sekolah.

Kalukulasi Biaya Kursus

Biaya kursus merupakan hal kedua yang akan dilihat masyarakat setelah pemberian terkait fasilitas pada tempat Anda. Di awal pembentukan seperti ini, boleh juga memasang harga lebih rendah dari bimbingan belajar lain.

Selain sebagai ajang promosi, juga agar masyarakat mengenal dan tertarik dengan tempat kursus yang telah Anda bangun. Sesuaikan juga dengan pemberian fasilitas serta paket bila ada, jangan sampai rugi sendiri.

Dengan begini, akan banyak calon siswa tertarik dengan bimbingan belajar Anda. Dari sana pula, tempat kursus bahasa Inggris ini bisa lebih dikenal masyarakat, karena sudah diberikan testimoni tidak langsung dari beberapa peserta didik.

Pasarkan Tempat Kursus

Cara bisnis kursus bahasa inggris selanjutnya yaitu, dengan memasarkan bimbingan belajar yang telah Anda bangun. Susunlah berbagai cara untuk mengenalkan tempat ini kepada khalayak luas secara tepat sasaran.

Bisa dilakukan promosi dengan poster ataupun spanduk pinggir jalan. Bisa juga dengan menggunakan cara terkini yaitu memasang iklan di sosial media. Saat ini, promosi seperti itu dianggap mampu menjangkau anak-ank muda sebagai target tepat dari bisnis kursus bahasa Inggris.

Lengkapi juga dengan bonus-bonus atau fasilitas menarik bagi beberapa pendaftar pertama. Seperti pemberian diskon, pengalaman belajar tambahan, modul, tas ataupun lainnya. Hal tersebut bisa menarik minat calon siswa lebih banyak.

Lakukan Kerjasama dengan Sekolah

Setelah melakukan promosi serta mendapatkan peserta didik, pasti banyak dari mereka mungkin sudah merekomendasikannya ke teman-teman di sekolah maupun kampus. Namun, Anda sendiri juga harus mengambil langkah ini sebagai strategi berikutnya.

Jalin kerjasama dengan pihak sekolah juga dengan mengirim beberapa tutor untuk melakukan promosi di sana. Selain itu, bisa juga dibuka kursus sepulang sekolah dari tempat Anda, agar para siswa bisa langsung belajar Bahasa Inggris tanpa bolak-balik ke rumah.

Tawarkanlah komisi kepada pihak sekolah perihal ini. Namun, sesuaikan dari banyaknya siswa yang masuk ke bimbingan belajar. Dengan begini, para guru akan tertarik memasukkan anak didiknya dan Anda juga bisa mendapatkan pemasukan serta promosi dari sana.

Buka Cabang

Setelah sukses dengan beragam cara di atas, Anda bisa mencoba untuk membuka cabang baru. Tidak perlu terlalu jauh dulu ke luar kota ataupun provinsi. Hal terpenting yakni, tempat bimbingan belajarnya strategis.

Pekerjakan juga tutor-tutor baru yang masuk kriteria dari tempat tersebut ataupun sekitarnya. Di sini, Anda juga bisa memberdayakan masyarakat dan lakukan pula promosi seperti sebelumnya. Dengan begitu, usaha kursus bahasa Inggris ini akan semakin berkembang.

Jika ingin lebih maju, Anda juga bisa bekerja sama dengan masyarakat sekitar yang mau mendirikan usaha kursus bahasa Inggris sendiri di bawah naungan bimbingan belajar Anda. Jadi, hanya tinggal memberikan arahan serta tetap mendapat masukan dana dari sana.

Itu tadi beberapa kiat-kiat untuk cara bisnis kursus Bahasa Inggris. Jangan lupa agar selalu berusaha dengan ulet dan rajin, supaya bimbingan belajar yang telah Anda bangun bisa terus berkembang serta memberi manfaat.

Bagaimana Prospek Kelapa Sawit 10 Tahun Kedepan?

Prospek Kelapa Sawit

Minyak kelapa sawit menjadi minyak nabati yang paling banyak dan ditemukan, terutama separuh dari semua produk kebutuhan rumah tangga. Penggunaannya diperkirakan akan terus meningkat pada tahun berikutnya, sehingga timbul pertanyaan bagaimana prospek kelapa sawit 10 tahun kedepan?

Di sinilah, jasa penulis artikel Jogja kontenindo akan membahasnya.

Kelapa Sawit Sebagai Komoditas Ekspor yang Menguntungkan

Kelapa sawit menjadi salah satu komoditas andalan Indonesia yang dikirim ke luar negri untuk memenuhi kebutuhan industri di beberapa negara. Hampir setiap tahun ekspor sawit ini terus mengalami peningkatkan dan membuat Indonesia menjadi pengekspor kelapa sawit terbesar di dunia.

Semakin bertumbuhnya populasi dunia dan meningkatnya kebutuhan konsumsi akan produk berbahan baku minyak kelapa sawit ini, membuat ekspor barang tersebut menjadi salah satu komoditas yang paling menguntungkan, bahkan dapat diprediksi akan bertahan dalam jangka waktu cukup lama.

Saat ini, industri kelapa sawit di Indonesia terus mengalamai perkembangan pada tingkat yang tidak berkelanjutan. Hal ini dapat beresiko pada kerusakan hutan karena pertumbuhannya semakin tidak terkendali. Sehingga, perlu sikap tegas dari pemerintah agar masalah ini bisa dicegah dan teratasi.

10 Tahun Kedepan, Akankah Kelapa Sawit Masih Memiliki Prospek yang Baik?

Terlepas dari berbagai kontroversi di sektor perkebunan kelapa sawit ini, Industri tersebut tetap memiliki kontribusi besar terhadap pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Mulai dari meningkatnya PDB hingga pembukaan lapangan kerja untuk masyarakat dan petani di sekitarnya.

Bisa dikatakan, jika masa depan sektor kelapa sawit ini masih terlihat sangat cerah bahkan untuk 10 tahun kedepan. Walaupun nantinya, akan banyak tekanan khusus dari dunia internasional dan sektor perkebunan yang terus mengkritisi mengenai pengelolaan di bidang tersebut.

Perlu kerjasama yang solid antara pemerintah sebagai garda pelindung lingkungan Indonesia dan juga masyarakat, ataupun konsultan perkebunan sawit diharapkan bisa terus mengawal perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Ini agar menghasilkan sebuah kolaborasi yang peduli terhadap pembangunan berbasis lingkungan.

Dampak Perkebunan Kelapa Sawit

Meskipun perkebunan kelapa sawit memberikan pengaruh besar terhadap perkembangan ekonomi khususnya disektor pertanian, namun perlu diketahui jika pengelolaannya dilakukan dengan tidak benar, maka banyak sekali dampak negatif yang akan terjadi. Di antara sebagian contohnya seperti:

Dampak Terhadap Ekologi

Dalam pengembangan dan perluasan perkebunan kelapa sawit, di dalamnya terdapat proses alih fungsi yang merubah bentang lahan alam luas. Sehingga, menyebabkan kerusakan terhadap kesehatan lingkungan dan akan berpengaruh pada mahluk hidup serta ekosistem di dalamnya..

Produksi kelapa sawit telah memakan lebih dari 6 juta hektar hutan primer di Indonesia. Hutan hujan merupakan rumah bagi jutaan spesies tanaman, hewan dan serangga di dunia. Sehingga hilangnya hutan pasti membahayakan keanekaragaman hayati tersebut.

Dampak Terhadap Ekonomi

Perkebunan kelapa sawit juga memberikan dampak pada bidang ekonomi yang disebabkan oleh perubahan bentang alam terutama hutan, lahan, aliran air, danau dan sungai. Sehingga, hal tersebut membatasi dan mengurangi kemampuan akses untuk masyarakat adat sekitar.

Selain itu, bentang alam yang berubah juga dapat menutup akses dipedesaan dan dapat mengganggu petani. Terutama dalam meneruskan dan memelihara anugrah alam yang selama ini menjadi alat dan sumber mata pencaharian, pangan dan papan mereka.

Dampak Terhadap Sosial Budaya

Perubahan bentang alam juga akan memberikan pengaruh besar terhadap kondisi dan kehidupan sosial masyarakat di sekitarnya. Ini diakibatkan oleh penguasaan dan persaingan, yang semakin mengurangi dan merubah secara paksa kebiasaan dan kearifan lokal masyarakatnya.

Hal tersebut seperti berkurang atau tertutupnya hak dan akses perjalanannya, mata pencaharian, nilai budaya dan juga agama, mobilisasi tenaga kerja dari luar yang berlebihan. Terlebih ada dukungan dan hadirnya perkebunan ataupun pabrik kelapa sawit di sana..

Terjadinya Konflik Lahan

Konflik lahan dan sumber daya agraria penguasaan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit sering kali menyebabkan ketimpangan dan ketidak-adilan dalam masyarakat. Sehingga, tidak heran jika sering terjadi benturan dan sengketa yang mengorbankan harta benda dan bahkan juga nyawa.

Jika konflik sengketa lahan ini terus terjadi berlarut-larut, akan berdampak buruk pada masyarakat yang terjebak seolah-olah mereka merusak hutan, seperti yang saat ini dituduhkan sejumlah pihak. Untuk mengatasinya, diperlukan gerak tegas pemerintah mengenai masalah sengketa ini.

Penyebab Terjadinya Pencemaran

Perkebunan kelapa sawit sering dinilai sebagai penyebab dari pencemaran air, udara dan tanah. Hal ini dikarenakan aktifitas pembukaan lahan perkebunan, seperti erosi dan sedimentasi, pembakaran lahan hutan serta penggunaan bahan kimia pertanian yang berasal dari bahan berbahaya.

Sehingga, efek dari kegiatan pembukaan lahan tersebut sering dinilai sebagai pemicu berbagai dampak mengerikan dan pencemaran. Selain itu, aktifitas pabrik juga memberi pengaruh pada tercemarnya lingkungan karena terpapar dan menguap dalam air, tanah dan udara sekitarnya.

Cara Menjaga Perkebunan Kelapa Sawit Agar Terus Potensial

Menjadi komoditas yang sangat dibutuhkan oleh industri dunia, kelapa sawit harus terus dijaga perkembangannya agar prospek kelapa sawit 10 tahun kedepan masih potensial dan berkelanjutan. Dalam hal ini, dibutuhkan kerja sama seimbang antara pemerintah, pengusaha dan masyarakat luas lainnya. Seperti:

Pengelolaan Perkebunan Kelapa Sawit Berkelanjutan

Untuk terus menjaga produktivitas kelapa sawit ini, dibutuhkan pengelolaan yang berkelanjutan artinya berbagai pihak berusaha untuk mengembangkan, memproduksi dan menggunakan minyak kelapa sawit ini dengan meminimalisir dampak negatif pada lingkungan dan masyarakat.

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya potensi kerusakan, mengurangi dan mengatasi dampak negatif terhadap lingkungan ataupun sosial dengan terus melakukan penataan, pengembangan, pemeliharaan serta pengawasan, agar pengelolaan kelapa sawit ini dapat terus berkelanjutan.

Penanganan Dampak Negatif dan Pengembangan Terhadap Dampak Positif

Untuk mengurangi terjadinya kerusakan di berbagai sektor, maka penanganan dampak negatif dan pengembangan terhadap dampak positif ini sangat penting untuk dilakukan. Contohnya bisa dengan cara meminimalkan dan mengontrol erosi dan degradasi tanah di area perkebunan.

Selain itu, semua pihak yang terlibat dalam pengelolaan perkebunan kelapa sawit ini harus menjalani pelatihan dalam bidang lingkungan, agar pengelolahan limbah baik di areal perkebunan maupun industri pengolahan bisa dikurangi, didaur ulang, digunakan kembali dan dibuang dengan pertanggungjawaban.

Monitoring dan Evaluasi Perkebunan Kelapa Sawit

Agar sektor perkebunan kelapa sawit ini terus berjalan diarah yang benar, pengelolaan, pemantauan dan evaluasi penting untuk terus dilakukan. Hasil dari proses evaluasi tersebut kemudian akan digunakan sebagai dasar perbaikan untuk proses operasional kedepannya.

Selain itu, pengelola harus memiliki sistem perbaikan dari semua aspek lingkungan yang mana semua aspek tersebut harus terus menerus dimonitori rencana dan berbagai pelaksanaan kegiatannya. Sehingga dampak terhadap lingkungan bisa mudah terdeteksi dan juga segera teratasi.

Untuk mempertahankan prospek kelapa sawit 10 tahun kedepan, pengelolaan yang berkelanjutan harus terus disosialisasikan dan diterapkan oleh semua pihak yang terlibat. Sehingga tidak hanya perusahaan besar yang bisa menikmati hasilnya tetapi juga masarakat dan petani kecil di sekitarnya.

Menjaga Hati Seorang Penulis

menjaga hati seorang penulis

Beberapa minggu terakhir, kami disibukkan menjadi konsultan pemain SEO yang ingin tahu bagaimana cara membangun tim kepenulisan. Hal ini memang wajar mengingat salah satu unsur utama jasa SEO adalah artikel berkualitas.

Meskipun kami dari jasa penulis artikel SEO, kami sangat menganjurkan para pemain jasa SEO untuk membentuk tim kepenulisan sendiri jika ingin hasilnya cepat. Harapannya, dengan membuat tim kepenulisan sendiri, pekerjaan content writer akan semakin fokus dan pekerjaan akan cepat selesai sesuai deadline.

Namun, beberapa pemain SEO mengaku sangat kewalahan membangun tim kepenulisan, terlebih jika deadline sangat dekat. Mau tidak mau yang harus dilakukan adalah memesan jasa penulis artikel SEO yang sudah mapan.

Diantara mereka ada yang mengaku bahwa beberapa anggota dari tim tidak menuntaskan pekerjaannya sebagai content writer, entah karena kesibukan, atau hal-hal lain yang membuat mood tidak baik. Padahal, secara finansial sudah digaji tinggi dibandingkan content writer-content writer lainnya.

Apa Penyebabnya?

Saya pastikan bahwa menulis bukanlah pekerjaan yang mudah. Menulis tidak bisa disamakan dengan pekerjaan membacklink atau pekerjaan lainnya. Menulis membutuhkan tenaga lebih bagaimana ia bisa tenang, nyaman dan “santuy” saat membangun gagasan, konsep dan outline yang ingin ditulis.

Di sisi yang lain, ada pula pemain SEO yang memberikan gaji besar kepada tim content writernya. Saya tegaskan pula bahwa uang juga bukan satu-satunya faktor betahnya seorang penulis. Banyak diantara penulis kami yang mengatakan dulunya digaji besar namun tidak betah lantaran ada hal-hal yang membuat ia tidak nyaman.

Memanusiakan Manusia

Pada dasarnya, nyawa seorang penulis adalah ide. Ide yang segar tentu saja akan meringankan setiap pekerjaan kepenulisannya. Kami tolak tegas jika seorang penulis harus menulis di kantor, bagi kami, biarkan ia menulis di mana pun tempat yang ia sukai. Mau di pantai, sungai, atap genteng atau tempat-tempat favorit menurutnya. Hal terpenting yang perlu ditanamkan adalah ketepatan waktu.

“Kecepatan adalah bagian dari profesionalitas”.

Tentang kecepatan, kami jadi teringat tentang bagaimana mundurnya brand Nokia yang dulu sempat nge-hits di zamannya. Konon, Nokia yang berasal dari negara Finlandia tersebut ketika mengirim produknya membutuhkan waktu 2 bulan. Produk dikirim setelah semuanya jadi.

Berbeda dengan produk China yang notabene adalah modifikasi dari handphone sebelum-sebelumnya. China sadar akan pentingnya kecepatan dalam berbinis. Maka, dalam proses distribusi pengiriman produknya pun sangat cepat. China hanya membutuhkan 1 bulan agar produknya bisa sampai ke pasaran.

China memiliki pemikiran yang brilian, ia membuat kapal besar yang di dalamnya terdapat pabrik sekaligus. Hasilnya, semua karyawan mengerjakan produknya di dalam kapal sembari on the way menuju wilayah target market.

Dengan langkah seperti itu, produk dari China akan datang lebih dulu. Seakan-akan, Chinalah yang memiliki dan meluncurkan kebaruan demi kebaruan. Sudah dipastikan, China memiliki peluang lebih besar sebab produk-produk China akan lebih dulu laris di pasaran.

Yang Halal dan Bersih

Kami menyadari bahwa secuil rizki yang dikonsumsi akan berpengaruh bagi tubuh. Beberapa penulis yang menuturkan mengapa ia tidak betah bekerja di beberapa tempat kerja, salah satunya, ia diminta untuk menulis tema-tema yang melawan norma agama seperti judi, gambling dan lain sebagainya.

Menjaga hati seorang penulis sangatlah penting untuk keberlangsungan bisnis di masa depan. Baik menjaga hati melalui lisan, deadline, sikap, termasuk menjaga perasaan dari hal-hal yang cenderung mengandung unsur ketergesaan.

Ada baiknya, daripada selalu menagih, “kapan jadi, sudah dimulai belum” atau kata-kata lain yang mempengaruhi mood menulis, lebih baik, gunakan untuk memberikan masukan, ide segar sehingga akan menyempurkan setiap hasil tulisan.

 

Siap membentuk tim kepenulisan SEO?

SEO dan Masa Depan Plagiarism

SEO dan Masa Depan Plagiarism Kontenindo.com

Tulisan ini kami tujukan kepada tim kami yang telah berlelah, susah payah membantu para blogger, imers, suhu, mastah dan soultan dalam rangka meng-update ilmu sekaligus menambah sedikit wawasan.

Pada dasarnya, semakin waktu bergulir, setiap orang menginginkan sesuatu hal yang baru. Hal ini pula yang nantinya akan terjadi di dalam dunia SEO. Dalam hal ini, kami fokus membahas tentang peranan artikel di dalamnya.

Dari beberapa perbincangan bersama teman kawan karib sahabat, mereka yang mengaku menggunakan artikel spin, copas maupun model-model plagiat lain benar-benar sangat merasakan betapa susahnya naik di halaman 1. Bukan hanya membuang pikiran saja, namun juga membuang tenaga dan waktu.  Di sisi keberkahannya pula, model semacam itu juga kurang diminati oleh hati.

Mau tak mau, mereka yang memiliki masalah seperti di atas harus memesan artikel SEO, dan dalam hal ini, tanggung jawab kami untuk memproduksi artikel yang benar-benar berkualitas meskipun dari segi harga sangat bisa bersaing.

Dari adanya permintaan yang semakin banyak, kami menyadari bahwa beberapa diantara kami memang terlalu terburu-buru sehingga mengabaikan kualitas. Padahal, kualitas di manapun nomor 1; tidak bisa ditawar!

Demi menjaga, mempertahankan sekaligus melestarikan sifat bernama “kualitas”, di bawah ini kami akan uraikan tingkatan-tingkatan plagiarism. Harapannya sederhana—agar kami para penulis tahu di mana posisi sebuah artikel yang bisa dikatakan berkualitas maupun un-quality.

Tingkatan-tingkatan Plagiarism

1. Copas

Tingkatan pertama ini adalah tingkatan yang paling parah dari sisi hasil maupun moral. Meskipun terkadang menguntungkan bagi para pelakunya, namun lama-kelamaan bisa berdampak pada turunnya reputasi sebuah website bersangkutan. Bahkan bisa “ditendang” dari arena mesin pencarian.

2. Spin

Model artikel seperti spin adalah model artikel yang cara kerjanya memanfaatkan sinonim alias persamaan kata. Artikel seperti ini sangat mudah ditandai, terutama bila artikel tersebut memiliki sebuah kata kunci yang sifatnya umum. Misalnya ada kata kunci “jual jeruk di Jakarta”, seorang penulis bisa saja hanya dengan mengganti wilayahnya, misal diganti Bandung, Jawa Barat dan lain sebagainya. Sekali lagi, model artikel seperti ini juga sangat berbahaya bagi kesehatan sebuah website.

Bagi umat muslim, membaca Al-Qur’an {adalah|ialah|merupakan|yaitu|yakni} sesuatu hal yang {dapat|bisa} mendatangkan pahala {sedangkan|padahal|meskipun|walaupun|meski} {kamu|kau} {tidak|tak} memahami makna yang ada dalam bacaan {tersebut|hal yang demikian}. Dengan membaca Al-Qur’an, {kamu|kau} {dapat|bisa} {mengukur|menilai|mengevaluasi} seberapa besar kecintaan seorang muslim atau hamba {terhadap|kepada} Rabbnya.

Seperti yang {dikenal|diketahui} umat muslim, bahwa ada {sebagian|beberapa} surat dalam Al-Qur’an yang {memiliki|mempunyai} keistimewaan bagi orang-orang yang mengistiqamahkannya, seperti surat Yasin. Surat Yasin {adalah|ialah|merupakan|yaitu|yakni} salah satu surat yang paling banyak dibaca oleh umat muslim dan {biasanya|lazimnya|umumnya} dibaca {saat|ketika|dikala} memperingati hari kematian seseorang {biasanya|lazimnya|umumnya} {anggota|member} keluarga, tasyakuran, majlis taklim, ziarah kuburan, dan yang lainnya.

3. Plagiarism Konsep

Metode artikel seperti ini cukup banyak digunakan. Cara kerja dari artikel model ini adalah mengintip artikel-artikel yang sudah ada di halaman Google. Jika dilihat dari tingkat ke-unique-kannya, artikel semacam ini memang unique, namun di mata reviewer tetap dianggap plagiat karena konsepnya sama.

Salah satu contoh yang paling mudah ditemui misalnya tentang artikel 10 Hp Terbaru 2019. Biasanya, kalimat awal, poin-poin artikel hingga penutupnya hampir sama maknanya, hanya diganti dengan bahasa sendiri. Dalam hal ini sah-sah saja, namun tetap termasuk plagiat.

Tips Artikel SEO 2020

Di tahun 2020, tentunya persaingan akan semakin ketat, baik backlink maupun kualitas kontennya. Oleh sebab itu, ada baiknya melatih habbit sedari sekarang agar tidak kalah dari segi kualitasnya. Berikut ini tips artikel SEO untuk tahun 2020.

1. Tulis Artikel SEO Senatural Mungkin

Orang yang menulis natural untuk di-SEO-kan tentu saja hasilnya akan lebih baik daripada orang yang menulis SEO untuk dinaturalkan. Yup, orang yang menulis dengan pikiran bahwa dia harus menempatkan kata kunci di sana-sini membuat artikel tidak renyah. Oleh sebab itu, utamakan “ngalirnya” dulu baru edit sesuai kebutuhan SEO; dalam hal ini adalah kerapatan kata kunci.

2. Sertakan Pengalaman

Hari ini, kiranya kepercayaan diri perlahan-lahan mulai terkikis. Padahal, bagi pembaca yang tepat, pengalaman diri masing-masing bisa menjadi sebuah mutiara yang berharga. Begitupula dalam hal menulis artikel SEO, apapun niche-nya, sertakan pengalaman pribadi, perasaan dan apa saja yang pernah dialami. Kami jamin, pengalaman adalah tulisan paling unik di seantero tools cek plagiarism.

3. Kerangka Artikel SEO yang Elegan

Kerangka artikel kiranya menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Lambat laun, users sudah sangat peka, satu hal saja yang membuat tulisan Anda terkesan tidak ditulis dengan tulus, bisa jadi users akan langsung menutup website Anda. Misalnya model-model berikut ini:

Model-model artikel SEO yang kurang tepat

Cetak Map Raport! Apakah kalian tahu jika map raport memiliki beberapa fungsi yang sangat penting sekali. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyimpan dokumen-dokumen penting sekolah kita. Bagi kalian yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan pada suatu sekolah, tentunya akan memperoleh ijazah.

Keyword di atas tidak ada kaitannya sama sekali dengan kalimat selanjutnya, tau-tau ada model seperti kalimat perintah. Model semacam ini tidak baik untuk website, terlebih untuk users yang semakin hari semakin peka.

Cetak Map Raport — Apakah kalian tahu jika map raport memiliki beberapa fungsi yang sangat penting sekali. Salah satu fungsi utamanya adalah untuk menyimpan dokumen-dokumen penting sekolah kita. Bagi kalian yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan pada suatu sekolah, tentunya akan memperoleh ijazah.

Cetak Map Raport

Awal kata di atas juga tidak tepat. Itu model artikel “jadul”. Tidak ada kaitannya dengan kalimat selanjutnya. Bagi sebagian users, tentu model kepenulisan ini dianggap sebagai tulisan yang mengada-ada alias tidak ada ketulusan untuk berbagi pengetahuan.

Selanjutnya, perhatikan juga hal-hal yang tidak perlu seperti underline, huruf italic pada keyword, warna pada huruf atau kalimat dan lain sebagainya. Andaikan di awal artikel dari jasa penulis artikel ada tanda seperti itu, warna tersebut sebenarnya hanya ingin menunjukkan keberadaan density keyword saja.

Seorang pemesan artikel ataupun penulis juga harus paham mengenai keyword. Jangan sampai kata kunci yang diulang merupakan judul artikelnya. Keyword dengan judul sangat berbeda jauh, jika dipaksakan hanya akan membuat artikel menjadi kaku dan tidak renyah dibaca.

4. Sertakan Data

Di dalam kepenulisan SEO, sesekali penulis perlu menyertakan data. Misalnya, ada artikel SEO yang membahas tentang banyaknya model handphone yang menyerbu Indonesia. Jika pembahasan di atas tidak disertakan data, tulisan tersebut tak ubahnya seperti omong kosong sekaligus isapan jempol semata.

Oleh sebab itu, di dalam peulisan artikel penting kiranya diperhatikan bagaimana membuat artikel yang kuat dari sisi isinya. Janga sampai, artikel yang dibuat hanya sebatas informasi mengambang sekaligus setengah-tengah. Adakalanya dibahas permukaannya saja, ada waktunya pula dibahas secara lebih mendalam melalui data-data.

5. Gambar Non Watermark

Siapapun tak bisa menyangkal bahwa gambar merupakan penarik visitor paling sederhana, mudah dan menjanjikan, Dari satu teori ini saja, sudah banyak bermunculan permainan baru seperti teknik wallpaper, Adsense to Pinterest dan lain sebagainya.

Begitupula di dalam penulisan artikel SEO, usahakan saat menyertakan gambar, pilih gambar yang non watermark. Edit sedikit melaui aplikasi edit gambar yang simpel baik kecerahan, warna dan lain sebagainya. Anda bisa mengkreasikan hal ini dengan lebih menarik dengan explore karakteristik website Anda.

 

7 Cara Survive Belajar IM bagi Newbie

Belajar IM

Belajar IM (Internet Marketing) itu tidak mudah. Terlebih jika kita minim finansial. Ada banyak trial eror yang harus kita lalui. Bahkan, tak jarang pula keluar biaya tak sedikit, baik biaya berupa uang, pengorbanan waktu atau pengorbanan tenaga karena harus sambil nguli. Tak sedikit mereka yang menyerah, namun juga tak sedikit mereka yang mampu bertahan.

7 Cara Survive Belajar IM

Newbie Belajar IM

Oleh sebab banyak yang mengalami nasib sama, penulis hadirkan cara-cara survive yang bisa dipertimbangkan berikut ini:

1. Kuasai teknik jurnalistik terlebih dahulu, sebab nalar SEO hampir sama dengan nalar jurnalistik. Tulisan juga salah satu nyawa SEO, jadi kuasai betul sebelum ke yang lain. Coba perhatikan, siapa suhu, mastah, master dan Soultan yang tidak bisa menulis? Hampir semua bisa dan punya karya buku lho.

Menulis juga sangat penting untuk berkontribusi dalam memperkuat struktur website. Dengan lihai menulis, Anda bisa membentuk sebuah struktur website yang kuat melalui internal link-nya dahulu. Jika Anda bisa mempraktekkan ini secara serius, tentu dalam hal posisi di Google aka nada beberapa keyword yang ada di halaman 1.

2. Cari peluang pendapatan harian. Ini berfungsi untuk ketentraman hidup Anda. Paling tidak, jika Anda mau makan, Anda tidak bingung hari ini mau bayar menggunakan uang siapa. Misalnya, Anda bisa buka jasa penulis artikel dengan bekal skill yang diberikan oleh guru Anda. Atau, Anda bisa buka jasa rekber (rekening bersama), jasa tukar dan pembayaran uang melalui paypal, jual adsense, jual blog dan masih banyak lainnya.

3. Cari peluang pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan. Yang ini Anda bisa usaha sendiri dengan produk atau jasa lainnya. Saran kami, untuk pendapatan mingguan, bulanan hingga tahunan, Anda bisa membuat semacam peta bisnis Anda. Dengan demikian, Anda sudah mengerti mana bisnis yang bisa menghasilkan uang atau perputaran uangnya sesuai perputaran waktu di atas.

4. Dengan hasil dari poin ketiga dan keempat, sisihkan pendapatan untuk ikut workshop, privat atau pelatihan-pelatihan IM. Dekati guru-guru IM di mana dan siapapun dia. Minta tolong kepadanya agar turut merekomendasikan bisnis Anda ke orang lain.

5. Belajar harus sabar, sedikit-dikit saja, tentu dengan guru-guru yang berbeda. Walaupun hari ini kita tidak merasakan manfaatnya, tapi yakinlah bahwa suatu saat ilmu tersebut akan sangat berharga. Kita hanya butuh berpikir sebentar untuk meng-integrasi-interkoneksikan keilmuan yang sudah kita pelajari sampai saat ini.

6. Jangan berhenti menuntut ilmu. Hari ini profit memang baik-baik saja, namun kita tidak tahu 6 bulan, 1 tahun atau 5 tahun berikutnya. Semakin banyak dan beratkah kompetitor, algoritma berubah dll. Jika terlena, bisa-bisa langsung KO.

7. Jangan lupakan ilmu yang dipelajari

*Lagi ngoreksi tulisan Artikel SEO milik sahabat.

 

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu