Rukun Puasa Ramadhan - JASA PENULIS ARTIKEL JOGJA

Rukun Puasa Ramadhan

Rukun Puasa Ramadhan

Tidak terasa bulan suci Ramadhan tinggal hitungan hari. Sudah siap belum untuk berpuasa sebulan lamanya? Pada artikel ini kami akan membahas tuntas apa saja rukun puasa Ramadhan. Apakah Anda sudah tahu? MAri, kita bahas bersama sama!

Pengertian Rukun Puasa Ramadhan

Rukun menurut pandangan Islam adalah hal-hal yang harus ada dalam suatu ibadah. Apabila seseorang sengaja meninggalkan rukun tersebut maka ibadah tersebut akan batal.

Sedangkan puasa Ramadhan adalah puasa yang hanya dilakukan pada bulan Ramadhan saja. Puasa ini adalah puasa wajib yang termasuk dalam rukun Islam. Di dalam rukun Islam, puasa ramadhan menempati urutan keempat setelah syahadat, sholat, dan zakat.

dalil

Jadi, dengan kata lain, rukun puasa Ramadhan adalah hal hal yang wajib ada saat kita hendak melaksanakan ibadah puasa di bulan suci Ramadhan. Lalu, apa saja rukun puasa Ramadhan itu?

Rukun Puasa Ramadhan

Tidak terlalu bayak seperti pada ibadah sholat, rukun ibadah puasa hanya 4 saja, yakni:

1.      Niat

Niat merupakan ketetapan hati seseorang untuk melakukan suatu ibadah baik diucapkan dalam hati maupun lisan.

Fungsi niat sangat penting dalam beribadah karena niatlah yang membedakan suatu ibadah dengan yang lainnya.

Niat dalam puasa Ramadhan dapat dibaca setelah waktu maghrib sampai sebelum fajar. Takut lupa? tenang saja, biasanya imam jamaah sholat tarawih masjid akan membacakannya selepas jamaah sholat tarawih kok!

2.      Menahan Diri dari Hawa Nafsu

Rukun ini merupakan inti dari puasa. Dalam berpuasa, seorang muslim wajib menahan diri dari hawa nafsu mulai dari terbitnya fajar hingga waktu maghrib tiba.

3.      Berbuka Puasa

Nah, rukun puasa Ramadhan yang terakhir adalah berbuka puasa. Dalam hal ini, kita harus menyegerakannya, lho. Jangan karena kita masih merasa kuat menahan lapar lalu kita menunda-nunda untuk berbuka ya, berikut adalah dalilnya:

Namun sebelum berbuka, jangan lupa untuk membaca doa berbuka puasa terlebih dulu, ya! Sekian ulasan singkat mengenai rukun puasa Ramadhan. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *