Google Partner Indonesia

Jasa Adwords Google Partner Indonesia merupakan sebuah sertifikasi yang diberikan kepada perusahaan yang memenuhi kriteria menjadi mitra Google. Perusahaan yang diakui sebagai partner yang sudah menunjukkan keahliannya dalam mengelola iklan Adwords.

Google partner memang diperuntukkan kepada para pengusaha yang menekuni bisnis jasa iklan dan memasarkan iklan Adwords. Hal ini merupakan pengakuan yang diberikan Google kepada seseorang atau perusahaan yang telah menguasai salah satu atau beberapa jenis iklan Adwords.

Tentu saja pemberian pengakuan badge atau pin dari Google ini memang tidak mudah dan harus melalui tahap ujian tertulis secara online. Ada beberapa jenis ujian yang harus diikuti yaitu ujian fundamental dan ujian mengenai pengetahuan serta skill tentang program periklanan Adwords.

Ujian akan dilakukan secara online dan bisa dilakukan dimana saja tanpa ada pengawas ujian sehingga harus jujur terhadap diri sendiri. Materi ujian terdiri dari 90 pertanyaan yang harus dijawab selama 2 jam dan metode ujian menggunakan jawaban multiple choice atau pilihan.

Jika lulus ujian tersebut, maka akan diberikan sertifikat sebagai partner Google dan berhak mendapatkan badge atau pin tanda lulus sesuai dengan keahlian. Salah satu keahlian Adwords seperti iklan mesin pencari, iklan display, iklan seluler, iklan video dan iklan Google shopping.

Persyaratan Mendapatkan Sertifikat Google Partner Indonesia

1. Profil Perusahaan

Memberikan informasi biodata perusahaan secara lengkap agar Google mengetahui kebenaran perusahaan tersebut memang nyata. Selanjutnya memberikan data afiliasi iklan dan semua akun yang telah terdaftar sebagai pemasang iklan pada Adwords agar bisa diidentifikasi Google.

2. Sertifikasi

Agar bisa mendapatkan sertifikasi sebagai partner atau mitra Google, dengan mengikuti ujian yang diberikan dan harus lulus. Untuk pin mitra Google biasa, perusahaan perlu mengirimkan satu wakil, sedangkan untuk Google partner Indonesia premium perlu mengirimkan 2 wakil.

3. Pembelanjaan

Perusahaan yang ingin mendapatkan pin tentunya sudah melakukan pembelanjaan iklan pada Adwords sebesar $10.000 dalam waktu 3 bulan. Hal ini merupakan sebuah persyaratan dari Google sebagai indikasi bahwa perusahaan tersebut memang sedang tumbuh dan berkembang.

4. Performa Perusahaan

Google akan melakukan penelitian kepada perusahaan tersebut selama 18 bulan mengenai pertumbuhan pendapatan klien, jumlah pengiklan. Selain itu juga akan memantau pertumbuhan  perusahaan secara keseluruhan apakah perusahaan tersebut memenuhi persyaratan atau tidak.

Manfaat Google Partner Indonesia

1. Jasa iklan Adwords Terverifikasi Google

Dengan adanya pin Google partner sebagai tanda bahwa perusahaan tersebut memang sudah diakui Google sebagai ahli dalam bidang periklanan Adwords. Hal ini akan mengangkat nilai dan pamor biro iklan tersebut sebagai perusahaan yang pantas untuk dijadikan sebagai mitra bisnis.

Dalam pin partner Google yang diberikan bisa diketahui spesialisasi iklan yang dikuasai dari perusahaan yang mendapatkannya. Spesialisasi iklan tersebut bisa dilihat pada logo pin yang terletak disebelah kanan atas seperti spesialisasi iklan mesin pencari atau ahli dalam iklan video.

2. Klien Meningkat

Tentu saja para klien pemasang iklan lebih mantap dan tidak akan ragu kepada jasa iklan yang memiliki pin google partner sebagai pihak yang ahli dibidangnya. Hasilnya akan membuat biro iklan tersebut akan mendapatkan klien lebih banyak dan tentunya perusahaan akan berkembang.

Pin partner Google sebagai salah satu ukuran atau pertimbangan bagi para klien yang ingin menyewa jasa perusahaan untuk memasang iklan Adwords. Para klien pemasang iklan tentu saja akan lebih memilih pada  jasa iklan Google yang telah memiliki pin Google partner Indonesia.

3. Pelayanan Spesial Google

Google akan memberikan banyak kemudahan dan layanan khusus kepada semua perusahaan biro iklan yang telah mendapatkan sertifikat. Bentuk layanan dari Google seperti pelatihan produk dan pelatihan  penjualan serta informasi produk baru yang diluncurkan oleh perusahaan Google.

Selain itu diberikan kemudahan berupa konsultasi bisnis kepada Google melalui chatting, telepon dan email untuk mendapatkan strategi periklanan. Dukungan lainnya seperti undangan ke acara Google tentang ilmu bisnis dan periklanan serta bonus tahunan dan berbagai promosi lainnya.

4. Pengelolaan Akun Khusus

Akan mendapatkan kemudahan untuk mengelola akun secara khusus dari Google yang disebut MCC atau My Client Center. Dengan akun khusus ini maka biro iklan bisa mengelola semua iklan yang ada pada Adwords dengan satu akun saja dan tidak memerlukan banyak alamat email.

Dengan akun MCC ini maka semua iklan yang dipasang melalui Adwords bisa dikelola dengan mudah dan terhindar dari lupa password atau masalah lainnya. Semua iklan Adwords bisa terorganisir dengan mudah dan tidak perlu keluar masuk atau login pada halaman Adwords.

Cara Mengikuti Ujian Google Partner Indonesia

Sebelum mengikuti ujian, kita harus mendaftar dahulu di situs google.com/partner agar bisa memiliki akun mitra Google. Tentu saja ujian hanya bisa dilakukan dengan cara login di situs mitra Google dan materi ujian terdapat pada dashboard sebelah kiri menu certification/sertifikasi.

Ada 3 materi ujian diantaranya :

  1. Ujian Fundamental atau ujian dasar
  2. Ujian penelusuran lanjutan
  3. Ujian tampilan iklan

Untuk mendapatkan sertifikat Google partner Indonesia harus lulus ujian fundamental dan harus lulus ujian salah satu ujian penelusuran dan ujian tampilan iklan tersebut. Selain itu ada juga ujian iklan video dan sertifikat akan diberikan secara terpisah untuk mitra Google.

Tips agar Lulus Ujian Google Partner Indonesia

1. Bahasa Indonesia

Agar bisa memahami pertanyaan-pertanyaan ujian dan menjawabnya dengan mudah, sebaiknya menggunakan bahasa Indonesia. Cara merubahnya, menuju halaman ujian bagian paling bawah disebelah privacy & terms, jika masih berbahasa English bisa dirubah ke bahasa Indonesia.

2. Ujian Fundamental

Sebaiknya mengambil ujian fundamental terlebih dahulu, karena itu adalah ujian dasar sehingga materinya berupa dasar-dasar tentang Adwords. Jika kita lulus pada ujian fundamental ini, maka akan lebih mudah untuk melanjutkan pada ujian berikutnya karena sudah memiliki dasar-dasar.

3. Belajar Dahulu Materi Ujian

Jika ingin lebih menguasai materi-materi ujian, maka perlu belajar agar memiliki semua pengetahuan tentang Adwords. Google menyediakan semua materi ujian yang bisa kita pelajari pada situs support.google.com/partners/topic/3204437?hl=id&ref_topic=3111012 (B.Indonesia).

4. Ujian Teori dan Studi Kasus

Materi ujian yang terdiri dari pertanyaan teori 50% dan 50% studi kasus yang bisa dipelajari pada halaman panduan Google. Pertanyaan ujian memang terlihat mudah, namun banyak sekali pertanyaan-pertanyaan jebakan sehingga kita harus teliti sebelum memilih jawaban pertanyaan.

5. Materi Pertanyaan

Ada beberapa pertanyaan tentang rumus, angka dan perhitungan tentang seputar pengetahuan iklan, namun jumlahnya sedikit. Jawaban pertanyaan ini bisa dilihat pada panduan tentang jenis iklan CTR, PPC, CPM karena banyak pertanyaan yang berkutat seputar iklan Google Adwords.

6. Manfaatkan Waktu 2 Jam dengan Baik

Waktu yang diberikan untuk menyelesaikan ujian dan menjawab semua pertanyaan memang agak lama yaitu selama 2 jam. Kita harus memanfaatkannya dengan baik karena jawaban tidak bisa diulang dan tidak terburu-buru agar lulus dan mendapatkan pin Google partner Indonesia.

7. Mengulang Ujian

Apabila gagal atau tidak lulus dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan ujian tersebut, maka bisa mengulangi ujian lagi setelah 7 hari dengan akun yang sama. Sedangkan untuk mengikuti ujian iklan video, waktu yang diberikan Google yaitu selama 90 menit untuk menyelesaikan ujian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu