Pengicau.Net; Alternatif Mengatasi segala Permasalahan tentang Burung

Saat ini, banyak masyarakat di Indonesia yang menjadi pecinta burung. Bukan hanya kenimatan untuk memandang keindahan bulu atau indahnya suara burung, namun pemelihara burung juga tertarik akan bisnis yang cukup menjanjikan ini.

Atas semua ketertarikan itu, orang akan mencari informasi mengenai burung. pengicau.net adalah salah satu portal penyedia sumber informasi yang inspiratif mengenai berbagai permasalahan tentang burung.

Pengicau.Net Sebagai Sumber Informasi Pecinta Burung

Memelihara burung bukanlah hal sulit. Ada banyak media yang menyediakan informasi mengenai cara-cara pemeliharaan burung, jenis dan karakter burung dan berbagai tips kesehatan burung lainnya.

Tidak hanya itu, sebagai sumber informasi, laman web ini cukup komperhensif menjelaskan berbagai strategi dan karakteristik burung yang sangat beragam. Bagi pecinta burung, informasi tentang burung sangat penting.

Misalnya saja yang disajikan dan web ini adalah permasalahan untuk membedakan burung Pleci jantan dan betina yang akurat. Tentu ini sangat diperlukan untuk proses pengembangbiakkan burung. Ada lagi terkait jenis-jenis makanan burung yang harus secara teliti dibedakan.

Tidak hanya itu, bagi Anda yang bukan pemelihara burung, namun hanya penikmat suara burung, juga dapat mengambil manfaat. Yakni adanya laman khusus untuk download suara burung. Suara burung yang dipercaya memberikan efek rileks akan memberikan semangat tersendiri dalam aktivitas harian Anda.

Masalah Kesehatan Burung yang Sering Terjadi Menurut Pengicau.Net

Karena fokus utama website ini adalah seputar permasalahan burung, sangat banyak tips-tips kesehatan burung di dalamnya. Dari berbagai varian burung yang ada di Indonesia, ada beberapa keluhan penyakit yang sering terjadi. Penyakit burung tersebut di antaranya adalah:

1. Mabung

Istilah mabung ini digunakan untuk menjelaskan kondisi bulu tua burung yang rontok. Bisa saja masalah kesehatan ini juga diakibatkan karena rusaknya partikel rambut burung. Jika proses mabung secara alami, biasanya akan terjadi selama 1 hingga dua kali dalam setahun.

Tanda-tanda burung yang sedang mabung adalah lemas. Burung juga terlihat tidak bergairah dengan warna bulu yang kusam. Untuk burung-burung dengan kicauan aktif, lebih terlihat mereka tidak mau mengeluarkan kicauannya. Semua bulu perlahan rontok dan mata burung yang sayu.

2. Hidung Burung Berlendir

Baik burung kicau maupun burung peliharaan biasa, adakalanya mengeluarkan lendir di bagian hidung mereka. Tentu lendir mereka hanya sedikit di bagian paruh atas. Pelu diwaspadai jika burung terus mengeluarkan lendir selama berminggu-minggu dan tidak sembuh. Juga ketika lendir berubah lebih pekat.

3. Cacar

Salah satu penyakit kulit yang menyerang burung adalah cacar. Biasanya disebut pox atau cacar burung. Burung yang rentan mendapatkan penyakit ini adalah jenis Kenari dan Merpati. Gejala yang muncul adalah ada daging tumbuh atau kutil. Biasanya di kaki dan mulut burung.

Perlu diwaspadai jika kutil yang berupa benjolan daging ini tumbuh disaluran pernafasan. Jika gejala ini terjadi, biasanya disebut sebagai dipteri, yakni gangguan pernafasan burung karena tersumbatnya saluran pernafasan.

Gejala yang terakhir ini sangat berbahaya. Burung dapat saja terancam resiko kematian jika tidak segera dilakukan perawatan khusus.

4. Gangguan saluran pencernaan

Gangguan saluran pencernaan pada burung biasanya ditandai dengan infeksi pada mulut bahkan hingga dubur. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus Candida Albicans. Virus ini berupa jamur yang bisa tumbuh di berbagai area saluran pencernaan.

5. Kelumpuhan Burung

Tidak jarang, beberapa burung tiba-tiba saja lumpuh tidak bisa bergerak. Hal seperti ini disebabkan oleh kurangnya asupan material dalam tubuh burung.

6. Stress Burung

Penyakit ini seringkali terjadi pada burung karena aktivitas yang terlalu padat. Biasanya karena perjalanan transportasi yang panjang. Kadangkala juga terjadi karena lingkungan yang tidak mendukung. Perlu berwaspada untuk burung tarung yang rentan mendapatkan gangguan kesehatan ini.

Tampilan Website Menarik Pengicau.Net

Pengicau.net sebagai salah satu penyedia informasi seputar burung sangat mudah dijangkau. Kemudahan mencari sumber informasi ini tentunya didukung oleh tampilan website yang menarik, yakni:

1. Rubrik

Web yang mudah diakses adalah web yang memberikan kemudahan pengunjungnya. Sebagaimana laman web ini telah menyediakan berbagai rubrik yang memudahkan. Pasalnya, terkadang seseorang yang ingin mencari tema tertentu harus membaca secara jeli untuk menemukan topik yang dibutuhkan.

Adapun rubrik yang dimiliki oleh pengicau.net adalah Home, Suara Burung, Tips Burung, Ternak Burung, dan Harga Burung. Rubrik-rubrik ini dapat membantu Anda mencari bagian informasi yang diperlukan. Pengunjung web dengan mudah akan menge-klik bagian topik yang digemari atau dibutuhkan.

2. Menu Pencarian

Sebagaimana tampilan web lainnya, laman ini dilengkapi dengan mesin pencarian khusus. Bagi pengunjung yang tidak ingin mencari secara manual atau melalui topik-topik yang disajikan pada rubrik, dapat menggunakan fasilitas ini.

Caranya sangat mudah, pengunjung hanya tinggal mengetikkan keyword. Semisal kata “tips merawat burung” atau “cara menyembuhkan mata burung” pada bagian kolom search. Maka dengan menekan ‘enter’ atau klik, muncullah berbagai artikel dengan topik yang diperlukan.

3. Sumber Artikel yang Berkaitan

Tampilan di web ini juga menyediakan beberapa artikel yang berkaitan. Biasanya akan muncul judul artikel dengan tema sama. Hanya dengan menge-klik judul tersebut, maka semua informasi yang dibutuhkan akan tersedia.

Kemudahan Apa Saja yang Bisa Didapat?

 1. Download Suara Burung

Tentu bagi penggemar, mendengarkan suara burung adalah hal yang menenangkan. Saat ini, bagi penggemar burung dimudahkan dengan adanya layanan download suara burung. Di web ini menyediakan suara burung dengan jenis beragam, ada 12 suara burung yang dapat Anda download.

Dengan adanya layanan ini, pecinta burung dapat menikmati suara burung melalui ponsel atau alat Mp3 lainnya. Sangat bermanfaat ketika berpergian ke luar kota atau dinikmati ketika mengendarai mobil. Menariknya lagi, layanan ini gratis tidak dipungut biaya.

2. Mengecek Harga Terkini Burung

Bagi yang hendak membeli burung tentu mengetahui harga burung adalah hal yang harus dipersiapkan. Hal ini dilakukan juga untuk mempersiapkan budget yang Anda miliki. Karena sudah umum diketahui, bahwa harga burung hias seringkali mencapai ratusan hingga jutaan rupiah.

Dengan mengetahui harga burung, maka seorang pebisnis burung juga mendapatkan info penting. Yakni informasi mengenai harga burung yang beredar di pasaran. Tentu hal ini diperlukan untuk mematok berapa harga burung yang akan dijual atau yang akan dibeli.

Lebih penting lagi, informasi tersebut juga dapat menyajikan jenis burung apa yang banyak diminati.

3. Mengetahui cara ternak burung

Rubrik ini khusus yang disediakan mengenai Ternak Burung. Dengan membaca informasi yang ada di dalamnya, akan memudahkan Anda memulai bisnis ternak burung. Prinsip-prinsip ternak burung yang dapat berbeda-beda menyesuaikan jenis burung semakin mudah dengan informasi pengicau.net.

Pengicau.net adalah alternatif terbaik untuk mengatasi segala permasalahan tentang Burung. Tentu web ini dapat Anda andalkan untuk aktivitas pecinta burung. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by