Macam-macam Standar Internasional - JASA PENULIS ARTIKEL JOGJA

Macam-macam Standar Internasional

Macam-macam Standar Internasional

Berbicara mengenai standar internasional, biasanya berkaitan dengan bagaimana manajemen perusahaan, kualitas dan kinerja yang ada di dalamnya. Dapat kita pastikan semua perusahaan, terutama perusahaan besar mengiginkan standar internasional demi mengembangkan bisnisnya. Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai macam-macam standar internasional yang sering digunakan oleh perusahaan di Indonesia.

Beberapa Jenis Standar Internasional

Berikut ini adalah jenis standar internasional berdasarkan kegunaanya. Dan termasuk yang banyak perusahaan gunakan:

Standar Internasional 9001

Jenis standar ini bisa Anda gunakan untuk perusahaan yang tidak mempunyai sistem yang baik. Bagi perusahaan yang sedang mencari petunjuk pengeloaan operasional, Anda dapat menggunakan standar 9001.

Salah satu syarat internasional 9001 yaitu mengharuskan adanya management review. Maksudnya, bagaimana perusahaan bisa mereview pencapaikan kerja yang bisa  dilakukan pada meeting rutin.

Standar Internasional 14001

Standar jenis kedua yaitu 14001. Sistem ini lebih memfokuskan pada sistem manajemen lingkungan supaya perusahaan bisa mengatur resiko yang mungkin akan terjadi.

Salah satu kegunaan standar internasional 14001 yaitu dapat mengurangi pengeluaran. Karena standar ini berkomitmen melakukan perbaikan secara terus menerus, maka pengunaan bahan menjadi lebih efisien. Budget yang harus perusahaan keluarkan menjadi berkurang.

Manfaat lain jenis standar internasional 144001 yaitu adanya pengurangan pencemaran lingkungan, peningkatan kinerja karyawan, dan penjualan.

Standar Internasional 22000

Macam-macam standar internasional selanjutnya adalah 2200. Standar ini membahas mengenai sistem keamanan pangan. Sistem ini mempunyai banyak keuntungan bagi perusahaan terutama yang berhubungan dengan rantai makananan, seperti peternakan atau pertanian.

Manfaat standar internasional 22000 yang lain yaitu bisa menjamin keamanan produk, meningkatkan produktivitas, bisa menjamin kepercayaan konsumen,  meningkatkan sumber daya manusia dan bisa meningkatkan komunikasi atau hubungan antara berbagai pihak menjadi lebih baik.

ISP/IEC 27001

Standar internasional selanjutnya yaitu ISP/IEC 27001. Sistem ini fokus pada keamanan informasi. Cocok Anda terapkan pada perusahaan yang menggunakan informasi sebagai aset penting dalam perusahaan. Berikut ini adalah kelebihan ISP/IEC 27001:

  • Dapat mengurangi terjadinya pelanggaran keamanan sistem IT. Sistem ini memberikan penyediaan berupa penerapan, penetapan, pemantauan, pengkajian, pemeliharaan informasi dan semua sistem sarana atau prasarana yang ada kaitannya dengan penyimpanan data.
  • Berkomitmen dalam menyimpan kerahasiaan data.
  • Meminimalisir resiko biaya yang harus perusahaan keluarkan akibat adanya ancaman atau bencana.
  • Dengan adanya sertifikat ini. Berarti perusahaan sudah dapat menunjukkan penataan yang baik dalam penanganan informasi. Dan juga perusahaan sudah sesuai dengan ketentuan peraturan undang-undang dan juga hukum yang berlaku di negara kita.
  • Pelaksanaan dalam bekerja menjadi lebih mudah, karena mempunyai kontrol keamanan terhadap lingkungan dan proses bisnis perusahaan.

Sistem Manajemen Energi ISO 50001

Standar internasional 50001 merupakan salah satu sistem yang berguna dalam pengelolaan energi. ISO 50001 bertujuan membantu suatu organisasi atau perusahaan dalam pengurangan energi, sehingga energi yang mereka keluarkan bisa lebih hemat.

Keunggulan ISO 50001 lain yaitu:

  • Dapat membantu perusahaan dalam menggunakan asset energinya.
  • Mengevaluasi dan juga memprioritaskan penggunaan tekhnologi yang hemat energi.
  • Memperkuat daya saing perusahaan dan mengurangi fluktuasi harga dan ketersediaan energi.
  • Mendukung rencana kebijakan energi bagi kontribusi sekitar sehingga mencapai target yang diinginkan.
  • Adanya peningkatan energi yang signifikan.

Itulah macam-macam standar internasional yang perusahaan butuhkan. Selain standar di atas, sebenarnya masih ada lagi standar laboratorium yang sering digunakan, sepertihalnya ISO 17025:2017 dan standar-standar lainnya. Dengan menerapkan standar tersebut, maka perusahaan bisa mendapatkan banyak manfaat baik secara langsung ataupun tidak.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *