Universitas Swasta di Jogja, Mana Pilihan yang Terbaik?

Universitas Swasta di Jogja, Mana Pilihan yang Terbaik?

Universitas Swasta di Jogja

Sebagai daerah yang memiliki julukan kota pelajar tentu terdapat banyak universitas swasta di Jogja dengan kualitas baik, bahkan lulusannya berkontribusi memajukan masyarakat. Pada tahun 2020 Kemendikbud merilis klasterisasi kampus berdasarkan indikator input, proses, output dan outcome.

Rekomendasi Universitas Swasta di Jogja

Saat ini, pendidikan menjadi batu loncatan untuk merubah masyarakat menjadi lebih maju. Untuk itu, adanya berbagai PTS termasuk Universitas Telkom di Bandung bisa membentuk SDM berkualitas.

Selain memiliki banyak universitas ternama dan mendapat julukan kota pelajar, Jogja sendiri memiliki banyak kuliner khas yang enak dengan harga mura. Hal ini tentu menguntungkan terutama untuk mahasiswa agar bisa berhemat. Beriku beberapa rekomendasinya:

  1. Universitas Islam Indonesia

Universitas Islam Indonesia atau UII menjadi perguruan tinggi swasta tertua yang berdiri di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Pada awal pendirian bernama STI (Sekolah Tinggi Islam), kemudian pada tahun 1947 resmi berubah nama.

Secara nasional UII mendapatkan peringkat ke-31 sedangkan secara global yaitu 3.125. Universitas ini setidaknya memiliki 8 fakultas, bahkan ada banyak program studi yang sudah terakreditasi A, meski bagus namun biaya pendidikannya cukup ekonomis dengan beberapa rincian khusus

  1. Universitas Sanata Dharma

Terdapat sekitar 8 fakultas dengan 25 program sarjana yang terletak di Kabupaten Sleman, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Masyarakat sendir mengenalnya dengan sebutan USD hal ini membuatnya mudah diingat. Setidaknya  terdapat 5 kampus yang terbagi pada beberapa wilayah.

Yogyakarta terkenal dengan budaya serta kulinernya yang ekonomis dan beragam. Letak Universitas Sanata Dharma sangat strategis sehingga akses menuju kampus lebih mudah. Selain itu tersedia banyak kos maupun asrama dengan jarak dekat bahkan bisa menempuhnya dengan jalan kaki.

  1. Universitas Kristen Duta Wacana

Dahulunya Universitas Kristen Duta Wacana merupakan sebuah sekolah tinggi yang saat ini berubah menjadi universitas karena memiliki progres cukup baik. Sebagai PTS (Perguruan Tinggi Swasta), pelaksanaan pembukaannya cukup lama yaitu pada 31 Oktober 1985 bertempat di Yogyakarta.

Seiring perkembangan dunia pendidikan universitas tersebut sudah memiliki sekitar 7 fakultas dengan jurusan favorit seperti arsitektur, desain produk, teologi, biologi, manajemen, informatika, akutansi, informatika dan kedokteran. Hal ini menyesuaikan dengan kebutuhan industri 4.0.

  1. Universitas Ahmad Dahlan

UAD (Universitas Ahmad Dahlan) merupakan pengembangan dari Institut Keguruan serta Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Yogyakarta. Pembangunan dilaksanakan pada 19 Desember 1994 dengan berbekal SK dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Fakultas yang berada di bawah naungannya cukup banyak mulai dari teknologi industri, hukum, farmasi, kesehatan masyarakat, keguruan dan Ilmu pendidikan. Jenjang pendidikannya sendiri bukan hanya S1, melainkan pasca sarjana dengan penunjang berupa program profesi.

  1. Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Universitas Atma Jaya memiliki kampus yang tersebar di beberapa wilayah Indonesia, hal ini bertujuan meratakan pendidikan baik kalangan menengah atas maupun bawah. Terdapat berbagai jurusan mulai dari manajemen, akuntansi, teknik industri informatika, biologi dan arsitektur.

Berdirinya pada 27 September 1963  di bawah yayasan Slamet Rijadi dengan lokasi yang berdekatan UII yaitu pada Sleman Yogyakarta. Bagi calon mahasiswa tidak perlu khawatir karena akreditasinya sudah A, di samping itu letaknya cukup strategis sehingga mudah untuk mencari fasilitas pendukung.

  1. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Universitas Muhammadiyah Yogyakarta menawarkan beberapa jurusan, mulai dari akuntansi, manajemen, syariah economic, teknik elektro, pendidikan Agama Islam dan penyiaran Islam. Selain itu terdapat program studi bahasa asing salah satunya adalah Jepang.

Pendiriannya sejak 1 Maret 1981 dan terus memiliki progres yang baik sampai akhirnya pada 2020 berhasil meraih peringkat ke-7 PTS terbaik versi webometrics. Saat ini UMY sendiri sudah mendapatkan akreditasi A resmi dari BAN PT, yaitu memiliki kewenangan menilai pendidikan.

  1. Universitas Amikom

Perguruan tinggi ini berdiri pada 29 Desember 1992 di bawah naungan AMIKOM Yogyakarta dengan 2 program diploma, 13 sarjana dan 1 untuk pascasarjana. Pada awal perkembangannya berupa Akademi Manajemen Informatika dan komputer, kemudian berubah agar bisa mencapai visinya.

Pencapaiannya akademik maupun non akademiknya sudah cukup banyak salah satunya percontohan dunia model Private Entrepreneur oleh UNESCO pada 2009. Selain itu juga sudah meraih 20 penghargaan internasional dan lebih dari 50 nasional serta memiliki lulusan terbaik.

  1. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

Sebagai usaha untuk terlaksananya visi dan misi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa terus mengalami perkembangan dari waktu ke waktu dalam berbagai bidang. Saat ini sudah memiliki setidaknya 6 fakultas seperti teknik, psikologi, pertanian, pendidikan, ekonomi dan pascasarjana.

Pembangunan universitas ini berlangsung pada 1955 tepatnya di Yogyakarta. Dahulunya pendidikan yang berada di bawah naungannya berupa TK, SD, SMP, SPG (taman Guru), SMK dan SMA. Selang tiga tahun kemudian Ki Hajar Dewantara mendirikan perguruan Taman Siswa.

  1. Universitas Janabadra

Proses pendirian universitas tersebut memiliki sejarah panjang yang berkaitan dengan kembalinya kemerdekaan Indonesia. Salah satu tujuannya yaitu untuk mencerdaskan masyarakat sebagaimana yang tercantum pada pembukaan UUD 19945, sehingga nantinya bisa melahirkan SDM bermutu.

Pimpinan berupa para akademis memiliki keahlian pada bidangnya masing-masing. Tersedianya berbagai fasilitas penunjang dengan kualitas bagus dan mumpuni menempatkannya sebagai pusat pendidikan yang menggabungkan antara ilmu pengetahuan, teknologi serta wawasan kebangsaan.

Demikian penjelasan singkat terkait dengan universitas swasta di Jogja dan beberapa fakultasnya. Semoga bisa memberi wawasan penting lainnya. Namun jika di Kota Gudeg ini masih kurang, Anda bisa beralih ke Bandung dengan memilih Telkom University. Anda pasti penasaran ketika mendengar nama universitas tersebut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *