Manfaat Mendengarkan Bacaan Surat Pendek Untuk Para Imers

Manfaat Mendengarkan Bacaan Surat Pendek

Al-Quran adalah sumber utama pedoman bagi umat Islam, sebuah kitab yang berisi pengetahuan ilahi dan instruksi-instruksinya lengkap di dalam alquran. Kitab suci ini berisi bimbingan dan pendampingan umat Islam. Ada banyak manfaat yang kita dapatkan dengan mendengarkan ayat alquran ataupun bacaan surat pendek.

Karena itu, bagi seorang Muslim tidak ada kitab yang lebih suci dari Quran dan peraturan yang berdiri di atas dan di depan semua peraturan lain dalam buku-buku duniawi. Apa sajakah manfaat yang akan didapatkan dengan sering-sering mendegarkan bacaan ayat-ayat alquran?

Manfaat Mendengarkan Bacaan Surat Pendek

Selain fakta bahwa Quran kaya akan pengetahuan, Quran juga membawa manfaat dan ganjaran yang besar bagi seorang Muslim. Ganjaran ini tidak terhitung jumlahnya, baik mendengarkan maupun membaca Al-Quran memberikan ganjaran dan manfaat bagi seorang Muslim.

Oleh karena itu, merupakan praktik alami bagi umat Muslim untuk membaca dan mendengarkan bacaan Al-Quran setiap hari. Di bawah ini akan membahas manfaat utama yang diterima seorang Muslim dengan mendengarkan pembacaan Al-Qur’an atau hanya bacaan surat-surat pendek.

Sebagai rahmat

“Dan Kami turunkan Al-Quran yang merupakan penyembuhan dan rahmat bagi orang-orang yang beriman, dan alquran akan meningkatkan kerugian bagi orang-orang yang zalim” (Al-Isra’ ayat 82)

Dari ayat ini jelaslah bahwa manfaat dan ganjaran dari Quran tergantung pada orang yang membaca atau membacanya. Mereka yang percaya, Quran adalah penyembuhan dan rahmat, sedangkan bagi mereka yang tidak percaya pada pesan ayat-ayat alquran tidak lain adalah kerugian. Karena itu, setiap kali berurusan dengan Quran, sangat penting bahwa seorang Muslim memiliki niat yang paling murni.

Menjadi Pengingat

Manfaat pertama dan terpenting dari Quran bagi seseorang yang mendengarkannya adalah bahwa hal itu berfungsi sebagai pengingat. Pengingat untuk segala sesuatu yang harus diingatkan dan disampaikan kepada seorang Muslim sehubungan dengan tujuannya dalam kehidupan dan cara itu perlu dilakukan. Dalam Al Qur’an, Allah berfirman:

“Sesungguhnya ada pengingat dalam hal ini bagi siapa pun yang memiliki hati, atau yang mendengarkan dengan penuh perhatian dengan kehadiran pikiran.” (Surat Qaaf ayat 37)

Dari ayat ini jelas bahwa Quran adalah pengingat yang terbuka dan jelas bagi mereka yang mendengarkannya dengan penuh perhatian. Ketika seseorang mendengarkan ayat-ayatnya dengan penuh perhatian, hanya ayat-ayat itu meninggalkan kesan di benak dan di bawah kesan itu seorang Muslim mengembangkan rasa takut, cinta, rasa hormat, dan rasa kepatuhan dan ketundukan kepada Allah SWT.

Selain itu, mendengarkan Al-Quran akan mengingatkan seorang Muslim akan sifat sementara di dunia ini dan bagaimana akan ada kehidupan di akhirat yang harus dipersiapkan seorang Muslim. Oleh karena itu, mendengarkan bacaan surat pendek sekalipun setiap hari berfungsi sebagai pengingat bagi seorang Muslim.

Mendapatkan Berkah dari Allah

Manfaat utama dari mendengarkan bacaan ayat-ayat alquran adalah mendapatkan rahmat dan berkah dari Allah SWT. Dalam Al Qur’an, Allah Yang Mahabesar berkata:

“Ketika Al-Qur’an dibaca, dengarkan dengan penuh perhatian, dan diamlah, sehingga Anda dapat diberkati dengan rahmat.” (Al-A’raf ayat 204)

Dari ayat Al-Quran ini jelas bahwa orang-orang yang mendengarkan Al-Quran dengan perhatian dan dengan mengamati keheningan adalah mereka yang menerima berkah dan rahmat dari Allah SWT.

Oleh karena itu, setiap kali seorang Muslim menemukan bacaan surat pendek alquran, ia harus tetap diam dan mencoba mendengarkannya dengan penuh perhatian sehingga ayat tersebut bisa memberikan payung berkah dari Yang Mahakuasa.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu
Powered by