Tahapan dan Cara Berbisnis Bangun Aplikasi

Tahapan dan Cara Berbisnis Bangun Aplikasi

Jika Anda memiliki kemampuan yang tidak banyak dikuasai orang lain dalam hal teknologi dan aplikasi, ini bisa menjadi peluang besar untuk memenuhi kebutuhan sebagian kalangan guna memudahkan kegiatan sehari-hari. Namun, harus mengetahui cara berbisnis bangun aplikasi ini dengan baik dan benar. Baik aplikasi berupa pendidikan maupun aplikasi-aplikasi lain seperti aplikasi download video. Lantas, bagaimana cara menjalankannya?

Ciptakan Dahulu Aplikasi Bisnis yang Diinginkan

Bagi pemula, langkah paling tepat jika ingin membuat aplikasi bisnis tanpa pengetahuan koding yaitu dengan menggunakan tool tertentu. Dengan begitu, Anda tetap bisa menyesuaikan keinginan namun memiliki tampilan dengan ciri khas berbeda dengan kompetitor lain.

Sebelum melakukan hal tersebut, ada beberapa langkah yang harus dilakukan seperti:

  1. Tentukan Tujuan dan Konsep Aplikasi Bisnis Anda

Dalam membangun aplikasi bisnis yang akan dijalankan, selain mengerti teknis, juga harus memiliki tujuan. Artinya, jika ingin mendirikan perusahaan dengan baik maka membutuhkan penciptaan daya tarik pelanggan. Salah satunya dengan menciptakan platform simpel dan fleksibel.

Saat menentukan tujuan membuat aplikasi bisnis sesuai keinginan, perlu dibarengi dengan menyertakan konsepnya. Mulai dari desain tampilan aplikasi, fitur-fitur di dalamnya, layanan untuk pelanggan atau lainnya. Buat secara lengkap, sebab ini yang akan menjadi acuan utama.

  1. Pilih Tool yang Sesuai dan Gunakan Parallel Space

Dalam pembuat aplikasi bisnis, tersedia banyak tool yang bisa digunakan tanpa memerlukan koding. Pilih tool terbaik dan mudah digunakan agar pengguna cepat mengerti dan nyaman dengan aplikasi.

Cara membuat aplikasi menggunakan parallel space, yaitu dengan memodifikasi atau merubah tampilan dari aplikasi yang sudah diinstall di sana. Pastikan juga sudah menginstallnya di Android, kemudian unduh juga tema menarik agar tampilan aplikasi Anda tidak membosankan.

Langkah selanjutnya, yaitu membuat cloning aplikasi, kemudian pilih tema yang akan digunakan dan klik aktifkan. Jika sudah, Anda perlu memastikan lagi apakah tampilan aplikasi sudah berubah. Setelahnya, aplikasi bisnis sudah dapat dijalankan.

  1. Upload Aplikasi di Platform Resmi

Setelah aplikasi bisnis jadi, Anda perlu mempublish atau upload ke Play Store. Namun, pastikan terlebih dahulu bahwa aplikasi sudah dibuat secara sempurna. Kemudian pilih default language dan tuliskan judul menarik dengan kalimat yang singkat dan mudah diingat.

Klik tombol upload Apk kemudian tunggu hingga prosesnya selesai. Lalu masuk ke listing agar bisa melihat informasi lengkap berkaitan dengan aplikasi. Anda juga dapat mengaturnya jika ingin dibuat gratis atau berbayar. Namun, pengaturan ini berlaku selamanya dan tidak dapat diubah kembali.

Kenalkan Aplikasi Anda pada Kalangan Umum

Dengan membuat aplikasi sendiri, belum tentu langsung dikenal banyak orang. Namun, ada cara-cara khusus yang harus dilakukan agar membuatnya lebih familiar. Untuk lebih jelasnya, perhatikan beberapa langkah di bawah ini:

  1. Pakai Terlebih Dahulu dan Beritahu Beberapa Orang

Untuk mengajak orang lain memiliki aplikasi buatan Anda, pemilik harus terlebih dahulu menggunakan agar bisa menjelaskan kelebihan dan keuntungan saat pemakaian berlangsung.

Cara promosi pertama yaitu dari mulut ke mulut, Anda bisa mengajak mulai orang-orang terdekat terlebih dahulu untuk bergabung dan menggunakan aplikasi bisnis itu. Kemudian, minta mereka untuk mengirimkan testimoni penggunaan aplikasi dan ikut menyebarluaskan ke khalayak.

  1. Launching di Depan Umum

Cara ini memang membutuhkan modal tidak sedikit, tetapi efek atau hasilnya akan lebih terlihat yaitu pengguna aplikasi dapat meningkat drastis. Acara launching ini dapat disiasati dengan mengundang banyak orang berdasar target sasaran.

Dengan meresmikan aplikasi dan mempresentasikannya di depan tamu yang hadir, Anda bisa mengajak mereka untuk mengunduh aplikasi tersebut. Langkah berikutnya, ajar dan pandu secara langsung terkait cara mengoperasikannya.

  1. Gunakan Jasa Endorse

Cara kekinian yang banyak dilakukan bagi pebisnis biasanya membayar seorang influencer terkenal. Baik itu melalui youtuber atau selebgram ( julukan bagi pengguna instagram dan youtube terkenal ), dapat efektif meningkatkan pengguna aplikasi melalui followers mereka.

Mulai Lakukan Merekrut Tim

Untuk menjalankan binis lebih optimal, Anda pasti bisa melakukannya dengan bantuan tim yang kuat. Paling sedikit, ajak saja 2 hingga 3 orang untuk bergabung dan pastikan mereka memiliki visi-misi sama, yaitu mengembangkan aplikasi bisnis tersebut.

Selain itu, proyek aplikasi yang dibuat akan lebih cepat selesai bila dikerjakan bersama-sama. Dengan adanya tim, Anda dapat membagi tugas kepada mereka mulai dari pemrograman aplikasi, pemasaran, hingga mengatur keuangan yang masuk.

Dapatkan Keuntungan Melalui Aplikasi Bisnis

Bisnis dengan membangun aplikasi terbilang menjanjikan untuk saat ini, sebab kemajuan teknologi membuat daya minat masyarakat semakin meningkat. Lantas, cara apa saja yang bisa mendapatkan keuntungan dari bisnis ini?

  1. Menjual Aplikasi ke Client

Layaknya marketing, Anda perlu mencari perusahaan yang membutuhkan aplikasi rancangan untuk mendukung proses usaha mereka. Walaupun Anda mendapatkan bayaran setimpal, namun hak milik aplikasi akan sepenuhnya atas nama perusahaan yang membeli.

Cara ini bisa dilakukan apabila Anda dan tim memang bertujuan untuk membuat banyak aplikasi kemudian menjual ke pihak-pihak tertentu. Namun, kreatifitas tinggi dibutuhkan karena setiap pihak pemesan memiliki kriteria masing-masing.

  1. Menjual Aplikasi ke User

Cara kedua ini diperuntukkan bagi Anda yang ingin menjadikan aplikasi sebagai milik pribadi, untuk mendapatkan keuntungan lebih bisa dilakukan dengan membandrolnya dengan harga tertentu. Misalnya, setiap penguduhan dikenakan tarif sebesar Rp.1.000,-.

Dengan begitu, keuntungan akan terus mengalir sesuai jumlah pengunduh aplikasi tersebut. Salah satu poin yang perlu diperhatikan yaitu, platform buatan Anda harus dibuat semenarik mungkin dan tepat sasaran. Karena jika biasa saja, banyak komentar negatif yang berterbangan di kolom komentar.

  1. Menerapkan Biaya Langganan

Berikutnya, Anda dapat membuat aplikasi dilengkapi sistem langganan. Sehingga, para pengguna harus melakukan pembayaran untuk memperpanjang masa aktifnya. Bisa tiap bulan, 3 bulan sekali atau durasi tertentu.

Agar pelanggan lebih tertarik, selipkan fasilitas kenyamanan tanpa iklan yang menggangu. Ini karena, kebanyakan pengguna rela mebayar mahal hanya untuk menikmati aplikasi tanpa gangguan iklan yang muncul.

  1. In-App Purchase

Bila jenis aplikasi yang Anda buat berjenis game atau permainan, bisa ditambahkan beberapa item berbayar seperti karakter super di dalam permainan yang memiliki kekuatan lebih. Atau cara ini juga bisa diterapkan untuk jenis aplikasi belajar online.

  1. Pasang Iklan

Jika aplikasi Anda sudah cukup diminati masyarakat serta tidak menerapkan biaya langganan, maka sediakan layanan pasang iklan. Sebab banyak pihak sponsor yang rela membayar mahal hanya untuk mengiklankan produk miliknya.

Untuk menerapkan cara ini, aplikasi buatan Anda harus memiliki marketing yang luar biasa agar bisa dikenal oleh seluruh penjuru dunia. Karena perusahaan yang ingin menaruh sponsor pasti memilih platform yang terkenal agar efektif dalam mempromosikan iklannya.

Sekarang peluang bisnis semakin luas, Anda dapat mempelajari cara berbisnis bangun aplikasi dengan mudah dan bisa mendatangkan passive income setiap waktu bila berhasil menarik banyak pengguna. Selengkapnya tentang aplikasi bisa dideres di web epressreleases.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu