Harga Sedot WC Per Kubik di Indonesia

Harga Sedot WC Per Kubik

Seiring pesatnya pertambahan penduduk, keberadaan air bersih semakin berkurang. Hal ini merupakan akibat dari pencemaran lingkungan yang berasal dari limbah rumah tangga pada daerah pemukiman padat penduduk. Minimnya kesadaran masyarakat pentingnya menguras  septictank dan kekhawatiran masyarakat akan tingginya harga sedot wc per kubik masyarakat kian enggan untuk melakukan pengurasan.

Sementara fakta di lapangan, pada pemukiman yang padat penduduknya kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan jauh lebih besar. Terlebih apabila masyarakat kurang peduli akan pemeliharaan sanitasi.

Di era digitalisasi ini, segala macam kemudahan dapat kita temukan. Termasuk pemesanan layanan sedot WC yang juga telah dapat dilakukan via online. Namun, meski telah banyak penyedia jasa di luar sana, jarangnya pengguna jasa tersebut menyebabkan tarif sedot WC  yang ditawarkan cukup memberatkan pelanggan.

Beruntung pemerintah setempat dan dinas terkait ambil bagian dalam menyiasati hal ini. Tiap-tiap daerah diberikan range harga sesuai kondisi lapangan dengan tetap memperhatikan keuntungan penyedia jasa.

Harga Sedot WC Per Kubik di Jakarta dan Jawa Barat

Pada tahun 2019 Dinas Kebersihan Pemprov DKI Jakarta membandrol layanan sedot WC per 5 meter kubik di kisaran harga 450 ribu. Untuk pemakaian dibawah 5 meter kubik ditetapkan harga sama karena menjadi batas minimal. Kebijakan ini ,tentu memberatkan masyarakat menengah ke bawah yang notabene kesadaran untuk membersihkan sanitasi secara berkala masih sangat rendah.

Ketika dinas terkait menawarkan harga selangit, penyedia jasa swasta memberi angin segar dengan memberi harga negosiasi untuk harga sedot wc per kubik. Umumnya harga berkisar 75 ribu sampai 100 ribu per meter kubik. Namun, tidak jarang juga penyedia jasa yang memasang harga 300 ribu per satu mobil.

Menilik melalui iklan penawaran jasa sedot WC pada situs jual beli online, pada tahun 2020 ini biaya jasa sedot WC Jakarta, serta daerah lain di Jawa Barat seperti Depok, Bekasi serta Tangerang kisaran harga berada di angka 350 ribuan. Namun, tidak sedikit layanan yang membandrol jasa sedot WC sebesar 400 ribu-600 ribuan.

Sebuah fenomena yang cukup mencengangkan, karena di kota-kota tersebut potensi produktifitas jasa sedot WC tentu lebih tinggi. Hal ini tidak lepas dari padatnya penduduk dan minimnya lahan untuk membangun bak penampungan kotoran atau septictank dengan nukuran ideal. Maka, jasa sedot WC tentu amat diperlukan. Sayangnya kisaran harga yang ditawarkan cukup mahal bagi sebagian pelanggan.

Harga sedot WC Per Meter Kubik di Jawa Timur

Beralih ke Jawa Timur, perkembangan jasa layanan sedot WC di provinsi ini cukup signifikan dibanding beberapa tahun ke belakang. Bagi beberapa kota besar di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang dan Kediri, layanan pembersihan sanitasi ini sudah menjadi kebutuhan berkala bagi sebagian lapisan masyarakatnya.

Mengenai harga, di Surabaya jasa sedot wc menerapkan 2 jenis tarif yaitu per strip dan per kubik. Hal ini sempat menjadi polemik, karena adanya oknum nakal yang berbuat curang dengan layanan hitungan per strip.

Ketidak tahuan masyarakat dimanfaatkan dengan iming-iming harga murah melalui tarif per strip. Sementara indikasi kecurangan jauh lebih besar pada metode ini. Hingga akhirnya, harga per kubik dan per mobil yang diberikan batas harga minimal. Untuk daerah Surabaya, kisaran harga sedot WC Surabaya per kubik antara 400-600 ribu, sementara per mobil 500-700 ribu.

Selain Surabaya, Kota Malang dan Kediri yang juga termasuk kota besar di wilayah Jawa Timur ini memiliki kesepakatan batas minimal harga yang berbeda. Di dua kota ini, tarif jasa sedot wc per meter kubik mulai 110 ribu sampai 400 ribu tergantung kondisi kotoran yang dikuras serta jarak lokasi pengurasan.

Sementara untuk tarif per tanki, para penyedia jasa kompak memasang harga pada kisaran 350-850 ribu per tanki/per mobil/per rit. Kapasitas tanki sedot WC sendiri bervariasi, yakni 2 meter kubik, 4 meter kubik dan 6 meter kubik. Jadi, silahkan Anda kalkulasi sendiri mana yang lebih hemat dan terjangkau perhitungan harganya.

Harga Sedot WC Per Kubik, Metode Perhitungan Tarif Terbaik

Pada dasarnya penyedia jasa dan pelanggan sedang bersimbiosis mutualisme, sama-sama saling menguntungkan. Oleh sebab itu, alangkah baiknya jika para penyedia jasa dapat memberi transparansi harga kepada pelanggan sebelum memulai pengerjaan. Bagi para pelanggan juga harus aktif mengkomunikasikan segala hal yang berkaitan dengan kebutuhan dan kemampuan Anda ketika menyewa jasa sedot WC.

Kembali pada perhitungan harga sedot wc per kubik  hal ini dinilai sebagai metode terbaik dalam menentukan tarif layanan. Sebab dengan metode kubikasi semua dapat diperkirakan dan dihitung dengan tepat. Hal yang sama pada hitungan biaya sedot WC 1 tanki, sebab volume tanki sudah tertera dan tidak dapat dimanipulasi.

Berbeda dengan hitungan per strip. Tidak semua mobil tanki sedot WC dilengkapi strip (tanda garis ketinggian) di bagian belakang mobil. Hal ini tentu dapat merugikan pelanggan jika strip yang dibuat manual jaraknya terlalu dekat. Anggaran yang dikeluarkan akan membengkak, imbasnya tentu enggan menggunakan jasa sedot wc meski berbeda.

Pastikan sebelum menggunakan jasa sedot WC, Anda berkonsultasi dengan penyedia layanan. Komunikasikan biaya secara detil agar tidak ada pembengkakan pengeluaran. Gunakan layanan dengan  harga sedot WC per kubik atau per tanki agar lebih murah. Jangan jadikan harga atau tarif sebagai alasan menunda pengurasan sanitasi, sebab jika terjadi infeksi atau pencemaran, akan semakin banyak biaya yang Anda keluarkan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

Open chat
1
Jasa Penulis Artikel SEO Siap Membantu